logopt

Misa Pemberkatan Korona Adven di Kapel St. Ignatius Unika Soegijapranata

Pemberkatan Korona Adven (1)

Tak terasa kita sudah memasuki masa Adven di tahun 2022 ini. Adven merupakan masa persiapan menantikan kedatangan Kristus. Biasanya dalam masa Adven selalu identik dengan menyalakan lilin adven yang berjumlah 4 buah. Tahukah kamu makna lilin adven tersebut?

Korona Adven

Lilin Adven adalah empat batang lilin yang diletakkan di lingkaran Adven (korona Adven), yang terdiri dari tiga lilin berwarna ungu dan satu lilin berwarna merah muda. Keempat lilin ini melambangkan keempat minggu dalam masa Adven. Lilin ungu, melambangkan pertobatan, dinyalakan di minggu Adven pertama, kedua, dan keempat. Sedangkan, Lilin merah muda, yang melambangkan suka cita pada hari Natal yang hampir tiba, dinyalakan pada Minggu Adven ketiga. Minggu ini disebut Minggu Gaudete (bahasa Latin) yang berarti bersukacitalah karena Natal hampir tiba.

1. Minggu Adven Pertama: Merupakan masa penantian kedatangan Kristus yang kedua, yakni kedatangan Tuhan pada akhir zaman. Ditandai dengan menyalakan lilin ungu
yang pertama.
2. Minggu Adven Kedua: Pada minggu ini lilin ungu kedua dinyalakan untuk mengingatkan umatnya setia mempersiapkan jalan kedatangan Tuhan dan pertobatan.
3. Minggu Adven Ketiga: Minggu ini juga dikenal sebagai minggu Gaudete, yang menggambarkan suka cita menyambut kelahiran Yesus Kristus. Pada minggu ini lilin ketiga yang berwarna merah muda dinyalakan.
4. Minggu Adven Keempat: Mencerminkan peristiwa yang melibatkan Maria melahirkan Yesus. Pada minggu ini, lilin ungu terakhir dinyalakan bersamaan dengan 3 batang lilin sebelumnya.

Civitas akademika Unika Soegijapranata juga turut menyambut masa Adven. Jumat (25/11), dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Unika Soegijapranata atau kini dikenal dengan Soegijapranata Catholic University (SCU) mengikuti misa Pemberkatan Korona Adven. Misa dipimpin oleh Romo Benny, SVD di Kapel St. Ignatius Unika Soegijapranata.

Pemberkatan Korona Adven (7)

Unika Soegijapranata sebagai universitas katolik senantiasa menghidupi ajaran Gereja dalam berbagai hal. Salah satunya dengan mengadakan pertemuan Adven di tiap-tiap gedung yang ada di Unika Soegijapranata, baik yang ada di Kampus-1, Bendan Dhuwur maupun yang berada di Kampus-2, BSB City. Setiap gedung mempunyai Korona Adven yang juga diberkati pada Jumat, 25 November yang lalu.

“Berjalan Bersama: Semakin Katolik, Semakin Apostolik” menjadi pedoman bagi Keuskupan Agung Semarang dalam menghidupi masa Adven 2022 ini.

Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang mengajak semua umat Katolik Keuskupan Agung Semarang mengisi Adventus (masa penantian) ini dengan merefleksikan sinodalitas dalam menghayati iman di masa pemulihan ini. Umat diajak melihat kembali renungan masa Adven dalam sudut pandang Sinode yang menunjuk pada Gereja yang berkumpul untuk “berjalan bersama” semakin mewartakan iman. Gereja adalah semua umat Allah yang berkumpul bersama karena rahmat untuk menjadi tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang (bdk. Lumen Gentium, 9). Gereja adalah umat yang berziarah menuju ‘langit yang baru dan bumi yang baru’ (Wahyu 21:1).

Foto Bersama dengan Perwakilan Tiap Gedung

Selamat memasuki masa Adven!

Sumber : https://kas.or.id/2022/11/panduan-adven-2022/

[Humas Unika Soegijapranata/Cis]

VIDEO