logopt

Program Doktor Ilmu Lingkungan

Menghasilkan Doktor Ilmu Lingkungan yang kompeten

Program Doktor Ilmu Lingkungan

Menghasilkan Doktor Ilmu Lingkungan yang kompeten

Sejarah Singkat

Pada 2017, melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 620/KPT/1/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Lingkungan Program Doktor pada Universitas Katolik Soegijapranata di Semarang yang diselenggarakan oleh Yayasan Sanjojo, Pemerintah telah memberi ijin operasional kepada Universitas Katolik Soegijapranata (selanjutnya disingkat Unika Soegijapranata) untuk menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL).

PDIL Unika Soegijapranata didesain khusus sebagai program doktor berbasis pendekatan interdisiplin (interdiciplinary approach) dan transdisiplin (transdiciplinary approach). Yaitu, pendekatan yang mengintegrasikan dan menyinkronkan berbagai disiplin ilmu dengan ilmu lingkungan untuk menghasilkan suatu  disiplin ilmu pengetahuan baru. Disiplin ilmu baru yang dihasilkan tersebut adalah Ilmu Lingkungan (Environmental Science) dengan fokus kajian pada Kepemimpinan Lingkungan (Environmental Leadership).

Mengapa harus Ilmu Lingkungan dengan konsentrasi pada Kepemimpinan Lingkungan? Jawabnya, karena secara konseptual, Ilmu Lingkungan merupakan kelompok ilmu-ilmu (a group of sciences) yang mempelajari hubungan antara sistem manusia dan sistem lingkungan dengan titik perhatian pada keberlanjutan kehidupan di bumi serta alternatif pemecahan masalah kerusakan dan pencemaran lingkungan oleh kegiatan manusia (Colin, 2014; Galang, 2009; Botkin & Keller, 2010).

Sementara konsentrasi studi pada Kepemimpinan Lingkungan didasarkan pada asumsi teoritis dan empiris bahwa kualitas dan integritas kepemimpinan dari para pemimpin organisasi (organization leaders) dan masyarakat memiliki peran sangat penting dan strategis dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Penyebab terjadinya permasalahan lingkungan selama ini sangat kompleks. Penyebabnya tidak hanya berkaitan erat dengan isu-isu teknis dan fisik lingkungan, tetapi juga berkaitan erat dengan isu-isu sosial, ekonomi, politik, kepemimpinan, teknologi dan lainnya. Karena itu, salah satu solusi terbaik mengatasi permasalahan lingkungan dan juga permasalahan sosial dan ekonomi yang menyertainya  adalah perguruan tinggi perlu mengembangkan studi untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kepemimpinan lingkungan yang interdisipliner (Mino & Hanaki, 2013). Ketiga permasalahan tersebut, yaitu permasalahan lingkungan, sosial dan ekonomi, sesungguhnya saling terkait atau beririsan satu sama lain (Elkington, 2001; Lako, 2015) dan terkait erat dengan model Pembangunan Berkelanjutan.

Berkenaan dengan hal tersebut dan juga sesuai dengan motto  Unika Soegijapranata yaitu “Talenta Pro Patria et Humanitate” yaitu Unika Soegijapranata harus senantiasa berperan aktif dalam upaya bersama pemerintah dan masyarakat luas mengatasi permasalahan-permasalahan Tanah Air dan kemanusiaan, maka mulai Tahun Akademik 2017/2018 Unika Soegijapranata telah membuka dan menyelenggarakan Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) dengan konsentrasi pada Kepemimpinan Lingkungan. Program ini dirancang khusus untuk menghasilkan para Doktor Ilmu Lingkungan yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam kepemimpinan lingkungan.

Sebagai hasil dari kerja keras dan pengelolaan yang baik, melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 4977/SK/BAN-PT/Ak-PKP/D/IX/2020, pada 1 September 2020 BANPT memberikan Peringkat Akreditasi Baik kepada Program Doktor Ilmu Lingkungan Uniika Soegijapranata. Dengan peringkat tersebut, maka PDIL sudah dapat meluluskan mahasiswa sebagai Doktor Ilmu Lingkungan.

Pendekatan Studi dan Bidang Kajian

Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata merupakan program doktor berbasis riset (by research) dengan pendekatan inter-transdisiplin ilmu. Pendekatan inter-transdisiplin Ilmu memungkinkan para calon mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu dapat menjadi mahasiswa PDIL Unika Soegijapranata. Perkuliahan secara regular hanya dilakukan pada semester pertama, sementara pada semester kedua dilakukan penulisan proposal disertasi dan ujian kelayakan proposal disertasi. Untuk semester ketiga dan selanjutnya dilakukan penelitian serta penulisan disertasi dan karya ilmiah di jurnal ilmiah bereputasi nasional dan internasional.

Karena PDIL adalah program doktor berbasis riset dengan pendekatan inter-transdisiplin ilmu maka dalam perkuliahan dan pelaksanaan riset, para mahasiswa yang memiliki latar keilmuan atau disiplin ilmu yang beragam akan diwajibkan untuk mempelajari Ilmu Lingkungan dan Kepemimpinan Lingkungan, serta ilmu-ilmu lain yang relevan dengan ilmu lingkungan seperti Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian Multipradigma.

Dalam pemilihan topik riset disertasi, mahasiswa diminta mengintegrasikan latar keilmuan atau kompetensinya dengan bidang-bidang kajian dalam Ilmu Lingkungan. Misalnya, mahasiswa yang memiliki latar pendidikan dan profesi dari Ilmu Hukum, maka disertasinya akan berkaitan dengan isu Hukum Lingkungan. Atau mahasiswa yang memiliki latar pendidikan dan profesi Psikologi maka disertasinya akan berkaitan dengan Psikologi Lingkungan. Begitu pula mahasiswa yang memiliki latar belakang pendidikan dari Ilmu Teknik maka disertasinya akan berkaitan dengan Teknik Lingkungan.

Konsentrasi Keahlian dari PDIL Unika Soegijapranata adalah Kepemimpinan Lingkungan (Environmental Leadership).

Ada empat bidang kajian utama yang menjadi basis dalam pendidikan dan penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Empat Bidang tersebut adalah:

  1. Kajian pemecahan masalah lingkungan. Kajian ini difokuskan pada isu-isu krusial dan strategis lingkungan baik pada aras global, nasional maupun regional. Kajiannya dapat mencakup mencakup teologi, etika, sistem manajemen, tatakelola korporasi, eko-literasi, perilaku lingkungan, psikologi, pendidikan, hukum, komunikasi, politik, ekonomi, bisnis, lingkungan, gaya hidup ekologis, teknik dan lainnya.
  2. Kajian relasi manusia, bisnis dan lingkungan. Kajian ini menelaah isu-isu berkenaan dengan relasi antara manusia, bisnis dan lingkungan. Kajian ini dapat meliputi tanggung jawab sosial dan lingkungan korporasi, tatakelola korporasi, ekonomi hijau, sustainabilitas, bisnis hijau, manajemen lingkungan, keuangan keberlanjutan, akuntansi keberlanjutan, perpajakan lingkungan, pembangunan berlanjutan, kepemimpinan lingkungan, psikologi lingkungan, etika bisnis dan lingkungan, hukum lingkungan, dan lainnya.
  3. Kajian pencemaran dan kerusakan lingkungan atau Kajian Lingkungan. Bidang kajian ini menelaah isu-isu berkaitan dengan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Bidang kajiannya dapat meliputi teknologi, geologi, ekologi, inovasi dan teknologi hijau, energi hijau, bangunan hijau, hidrologi, sustainable design, sustainable agro-food supply chain, kimia, kedokteran dan lainnya.
  4. Kajian Valuasi Lingkungan. Bidang kajian menalaah isu-isu berkenaan dengan valuasi dan pengukuran nilai-nilai lingkungan dalam konteks yang luas. Bidang ini dapat mencakup ekonomi lingkungan, audit lingkungan, keuangan lingkungan, akuntansi lingkungan, hukum lingkungan, manajemen lingkungan, teknologi lingkungan, teknologi lingkungan, tanggung jawab sosial dan lingkungan korporasi, geologi, kelautan dan lainnya.

Visi

Visi PDIL Unika Soegijapranata adalah Menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas dalam bidang lingkungan dan kepemimpinan lingkungan berlandaskan nilai-nilai Kristianitas (cinta kasih, jujur, bertanggung jawab, dan adil).

Tujuan

Sasaran

Menghasilkan Doktor Ilmu Lingkungan (DIL) yang memiliki kapabilitas kepemimpinan lingkungan, yaitu seorang pemimpin yang memiliki komitmen, keahlian dan kemampuan kepemimpinan yang strategis terhadap isu-isu lingkungan

Tata Nilai

Sebagai pemimpin, doktor lulusan PDIL Unika Soegijapranata diharapkan menjadi pemimpin yang memiliki visi dan kapabilitas kepemimpinan lingkungan yang kuat dalam membantu organisasi, dunia usaha, masyarakat dan pemerintah mengatasi permasalahan  lingkungan. Kapabilitas tersebut dibentuk melalui proses interaksi dalam perkuliahan, proses pembimbingan riset dan publikasi karya-karya ilmiah pada jurnal-jurnal bereputasi, dan penerbitan buku karya disertasi.

Secara khusus, karakteristik Kepemimpinan Lingkungan yang ingin diwujudkan PDIL Unika Soegijapranata adalah kepemimpinan yang berciri holistik, sistemik, dan etis. Kepemimpinan Lingkungan mensyaratkan sudut pandang jangka panjang dalam mencermati tren masa depan, yaitu kapasitas lingkungan sangat terbatas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan industry, serta laba korporasi dan rumah tangga. Kepemimpinan Lingkungan berbasiskan pada cara berpikir secara sistem, bukan sepenggal-sepenggal.

Adapun nilai-nilai utama dalam Kepemimpinan Lingkungan adalah spiritualitas, keutuhan, keterkaitan, keadilan masyarakat, saling ketergantungan, dan kelestarian.

Profil Lulusan

Sasaran dari PDIL Unika Soegijapranata adalah menghasilkan Doktor Ilmu Lingkungan yang memiliki  kapabilitas kepemimpinan lingkungan, yaitu seorang Doktor Lingkungan yang memiliki komitmen, keahlian dan kemampuan kepemimpinan yang strategis (strategic leadership) terhadap isu-isu lingkungan dan solusi untuk mengatasinya. Seorang Doktor Lingkungan yang memiliki kapabilitas kepemimpinan lingkungan yang strategis memiliki karakteristik visioner, direktif, inkubatif dan kolaboratif atau partisipatif. 

Perumusan sasaran tersebut didasarkan pada dua pertimbangan berikut. Pertama, dari faktor eksternal, bumi yang didiami manusia dalam beberapa dekade terakhir sedang mengalami degradasi dan krisis sosial dan lingkungan yang serius dan mencermaskan. Krisis tersebuat antara lain pemanasan global, perubahan iklim, kerusakan lingkungan dan ekosistem, pencemaran lingkungan, kelangkaan sumberdaya, kemiskinan dan lainnya. Penyebab krisis tersebut adalah karena sifat dan perilaku serakah dan eksploitatif dari negara, pelaku ekonomi, rumah tangga dan para individu untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi, laba dan kesejahteraan ekonomi. Selama tiga dekade terakhir, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menggalang aksi global untuk mengatasi krisis tersebut melalui model Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development), gerakan Go Green dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs), namun hasilnya belum efektif mengurangi krisis sosial dan lingkungan. Kedua, sebagai universitas Katolik yang berbasiskan pada nilai-nilai Kristianitas atau kasih kepada sesama dan lingkungan, Unika Soegijapranata juga memiliki Pola Ilmiah Pokok (PIP) yaitu Eco-Settlement yaitu pemukiman yang berwawasan ekologis.  Selain itu, sejak tahun 2010 Unika Soegijapranata juga merumuskan tagline yaitu Talenta Pro Patria et Humanitate yaitu Talenta untuk Tanah Air dan Kemanusiaan. Tagline ini yaitu talenta dan kemampuan civitas akademika jangan disembunyikan tapi harus dipersembahkan untuk Tanah Air dan kemanusiaan.

Berdasarkan dua pertimbangan tersebut, maka misi kehadiran PDIL Unika Soegijapranata dimaksudkan untuk ikut serta membantu PBB, pemerintah dan para pihak dalam upaya mengatasi krisis sosial dan lingkungan, serta meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan lingkungan.

Sistem Pendidikan

Struktur Kurikulum

Sesuai ketentuan Permen Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan terdiri dari 42 SKS, meliputi 15 SKS perkuliahan, 2 SKS Workshop Telaah Literartur dan Penulisan Proposal Disertasi, 1 SKS Ujian Kelayakan Proposal Disertasi, 8 SKS Penelitian dan Penulisan Disertasi, 4 SKS Penulisan Jurnal, 4 SKS Publikasi Jurnal, 1 SKS Seminar Kelayakan Disertasi, 2 SKS Penulisan Draft Buku Disertasi, 2 SKS Penerbitan Buku Disertasi ber-ISBN, 1 SKS Ujian Tertutup dan 1 SKS Ujian Terbuka. Pengaturan SKS mata kuliah dalam program studi tersebut juga sudah sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Belmawa No. 444/B/SE/2016 tentang Implementasi SN Dikti Pada Program Magister, Doktor dan Doktor Terapan dan Surat Edaran Dirjen Pembelajaran Kemahasiswa (Belmawa) No. 0255/B/SE/VIII/2016 tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Karena itu, kurikulum dan Sistem Pendidikan PDIL Unika Soegijapranata dapat dilihat pada Tabel berikut ini:

Semester

Mata Kuliah

SKS

Jumlah SKS

I

1.   Filsafat Ilmu

3

15

2.   Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran

3

3.   Teori Ilmu Lingkungan dan Kepemimpinan

3

4.   Mata Kuliah Konsentrasi Kepemimpinan Lingkungan

3

5.   Strategi  Penyusunan Proposal dan Penulisan Disertasi

3

II

1.  Telaah Literatur dan Penulisan Proposal Disertasi

2

3

2. Ujian Kualifikasi/Kelayakan Proposal Disertasi

1

III

1.  Penelitian dan Penulisan Disertasi -1

2

4

2.  Penulisan Karya Ilmiah di Jurnal Bereputasi -1

2

IV

1.  Penelitian dan Penulisan Disertasi -2

2

4

2.  Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Bereputasi – 1

2

V

1.  Penelitian dan Penulisan Disertasi -3

2

4

2.  Penulisan Karya Ilmiah di Jurnal Bereputasi -2

2

VI

1.  Penelitian dan Penulisan Disertasi-4

2

5

2.  Seminar Kelayakan Disertasi

1

3.  Publikasi Karya Ilmiah di Jurnal Bereputasi – 2

2

VII

1.  Penulisan Draft Buku Disertasi

2

3

2.  Ujian Tertutup Disertasi

1

VIII

1.  Penulisan dan Penerbitan Buku Disertasi ber-ISBN

2

3

2.  Ujian Terbuka Promosi Doktor

1

TOTAL

 

 

42

Pelaksanaan Perkuliahan

  1. Kuliah Penyegaran dan penjelasan akademik dilaksanakan pada minggu terakhir bulan Agustus
  2. Kuliah perdana dilaksanakan mulai minggu pertama bulan September
  3. Perkuliahan dilaksanakan pada:
  • Hari Senin-Kamis: Mahasiswa diminta melakukan independent study, telaah literatur, penulisan atau menyelesaikan penugasan perkuliahan;
  • Hari Jumat dan Sabtu:   Mahasiswa melakukan perkuliahan tata muka dalam kelas dan proses bimbingan disertasi dengan dosen pembimbing (promotor dan ko-promotor).

Matrikulasi

Karena PDIL ini merupakan program studi yang bersifat interdisiplin dan transdisiplin ilmu, maka  mahasiswa program studi ini wajib mengikuti matrikulasi mata kuliah di bawah ini:

  1. Dasar-dasar Kepemimpinan Lingkungan (The Basics of Environmental Leadership)
  2. Ekologi dan Permasalahan Lingkungan (Ecology and Environmental Issues)
  3. Etika Lingkungan (Environmental Ethics)


Rancangan matrikulasi ini bertujuan untuk memberikan dasar pada para mahasiswa yang berasal dari berbagai disiplin ilmu agar mereka lebih mudah mengikuti proses perkuliahan dan penelitian. PDIL Unika Soegijapranata menitikberatkan pada konsentrasi Kepemimpinan Lingkungan sehingga mata kuliah seperti Dasar-dasar Kepemimpinan penting untuk dikuasai. Demikian juga mata kuliah yang menekankan pada teori dasar Ekologi dan Permasalahan Lingkungan juga di berikan pada saat matrikulasi sehingga mahasiswa mengetahui isu-isu terkini di bidang lingkungan. Mata kuliah Etika Lingkungan diberikan pula saat matrikulasi dengan tujuan agar mahasiswa memahami hubungan antara manusia dan lingkungannya.

Pengajar dan Pembimbing

No.

Dosen

Bidang Keahlian

Internal

1

Prof. Dr. Andreas Lako, M.Si.

Corporate Leadership, Green Economy, Green Business & CSR

2

Prof. Dr. Ir. Y.Budi Widianarko, M.Sc.

Environmental Toxicology, Food Ecology & Safety

3

Prof. Dr. F.Ridwan Sanjaya, MS.IEC.

Information System and Disruptive Innovation

4

Prof. Dr-Ing. LMF. Purwanto, M.T.

Tropical Architecture

5

Prof. Dr. Slamet Riyadi, M.T.

Green Energy and Power Electronics

6

Dr. Theresia Dwi Hastuti,SE.,M.Si.,Akt., CPA.

Environmental Audit and Corporate Governance

7

Dr. J. Wiyanto Hadipuro, M.T.

Water Management and Policy

8

Dr. Angelina Ika Rahutami,SE.,M.Si

Environmental Economics and Public Policy

9

Dr. Octavianus Digdo Hartomo,SE.,M.Si.

Corporate Governance and Corruption Accounting

10

Dr. V. Kristina Ananingsih, S.T., M.Sc.

Food Technology

11

Dr. Kristiana Haryanti, M.Si.

Industrial Psychology Organization

12

Dr. Margaretha Sih Setija Utami, M.Kes.

Health Psychology

13

Dr. Cecilia Titiek Murniati, M.A., Ph.D.

Educational Policy

14

Dr. Ir. Djoko Suwarno H.S., M.Si.

Environmental Sanitation and Coastal Pollution

15

Dr. Ir. V.G. Sri Rejeki, M.T.

Architecture and Design

16

Dr. Ir. A. Rudyanto Susilo, MSA.

Philosophy of Science and Building

17

Dr. Y. Trihoni Nalesti Dewi, SH, M. Hum.

Law and Conflict Reconciliation

18

Dr. Y. Budi Sarwo, S.H., M.H.

Company Law and Intellectual Property

19

G.M. Adhyanggono, S.S., M.A., PhD.

Socio-cultural Documentary

Eksternal

20

Prof. Dr. Nico M. van Straalen

(Vrije Universiteit Amsterdam, the Netherlands)

Ecology

21

Dr. Ansje Löhr

(Open University, the Netherlands)

Environmental Science

22

Prof. Dr. Chal Materro

(University of San Carlos, Cebu City, the Philipines)

Environmental Accounting & Corporate Governance

23

Prof.Dr. Sudarto P.Hadi

(Universitas Diponegoro, Semarang)

Environmental Management & Philosophy of Science

24

Prof. Dr. Saratri Wilonoyudho

(Universitas Negeri Semarang)

Demography, Population, Urban Studies

25

Prof. Dr. Hasan Fauzi, CSRS, CA.

(Universitas Sebelas Maret, Solo)

Social & Environmental Accounting, Business Environmental & Strategy

26

Prof. Dr.  FX. Soegiyanto, M.S.

(Universitas Diponegoro, Semarang)

Macro Economics, Environmental Economics & Public Policy

28

Dr. Agus Suryono

Environmental Governance and Social-Business Enterprises

28

Dr Timotius Dharmawan Harsono

Policy Study

Unit Pendukung

Kegiatan perkuliahan dan riset mandiri bagi para mahasiswa PDIL berlangsung di Gedung Thomas Aquinas lantai 2. Ruang-ruang pelayanan di PDIL meliputi: 2 ruang perkuliahan, 1 ruang rapat/diskusi, 1 ruang bersama dosen, 1 ruang pengelola PDIL, dan 1 ruang pelayanan administrasi. Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata tepat berada dalam satu gedung dengan PDIL yang memungkinkan mahasiswa doktoral untuk melakukan riset dan studi mandiri diberbagai ruang studi yang tersedia dengan fasilitas akses internet yang cepat, serta lingkungan yang mendukung.

Biaya Kuliah dan Sistem Pembayaran

Sesuai ketentuan Permen Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan terdiri dari 42 SKS.

  • Biaya Uang Kuliah Tunggal             = Rp 13.500.000 / Semester*
  • Pendaftaran dan wawancara        = Rp 1.500.000


Berikut ini adalah jumlah pembayaran UKT( Uang Kuliah Tunggal) pada setiap semester selama 4 tahun:

Tahun

Semester 1

Semester 2

Jumlah

I

Rp 13.500.000

Rp 13.500.000

Rp 27.000.000

II

Rp 13.500.000

Rp 13.500.000

Rp 27.000.000

III

Rp 13.500.000

Rp 13.500.000

Rp 27.000.000

IV

Rp 13.500.000

Rp 13.500.000

Rp 27.000.000

Total investasi pendidikan selama masa studi normal  4 tahun

Rp 108.000.000

* Biaya per SKS sudah memperhitungkan uang pokok pembangunan (UPP) dan uang kuliah pokok (UKP) serta biaya SKS pada setiap semester.

* Pembayaran dilakukan melalui: Bank Mandiri (Virtual Account)

Penerimaan Mahasiswa Baru

Pendaftaran terbuka untuk masyarakat luas yang telah lulus pendidikan S2 dari perguruan tinggi negeri maupun perguran tinggi swasta baik dari dalam maupun luar negeri. Karena itu, para akademisi, pimpinan organisasi pemerintahan dan masyarakat, para eksekutif organisasi dan praktisi bisnis, aktivitas LSM, politisi dan lainnya dapat mendaftar menjadi mahasiswa PDIL Unika Soegijapranata.

Ketentuan Penerimaan

Secara khusus, mahasiswa yang diterima di PDIL Unika Soegijapranata adalah mahasiswa yang sudah:

  1. Lulus S2 dari semua program studi dengan IP Kumulatif di atas 3.00 yang dibuktikan dengan ijasah dan transkrip akademik yang dilegalisir oleh pejabat perguruan tinggi yang berwenang (Pembantu/Wakil Rektor I atau Dekan/Wakil Dekan I).
  2. Lulus tes Potensi Akademik dari Pusat Psikologi Terapan Unika Soegijapranata dengan skor minimal 550. Materi Tes Potensi Akademik yang diujikan meliputi: pengetahuan umum, logika berpikir, kemampuan analisa-sintesa, kemampuan berpikir abstrak dan daya tangkap. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui perkiraan tingkat keberhasilan calon mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan dan penelitian-penulisan disertasi.
  3. Lulus tes Bahasa Inggris (nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6) dari CLT (Center for Language Training) Unika SOEGIJAPRANATA. Materi Tes TOEFL atau IELTS yang diujikan meliputi: reading, writing, listening, dan speaking. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris calon mahasiswa, mengingat bahwa literatur dan jurnal rujukan berbahasa Inggris.
  4. Lulus tes wawancara.

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Pendaftaran dilakukan secara online melalui: https://pmb.unika.ac.id/

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi langsung Ibu Ayu:

Tempat

Ruang Pasca Sarjana

Gd. Thomas Aquinas Lt. 2

Unika Soegijapranata

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1

Bendan Dhuwur Semarang

Telepon

024-8441555 ext. 1360 (Bu Ayu)

Hotline PDIL

0819 0338 5580

HP

085329541151 (Bu Ayu)

E-mail

s3pdil@unika.ac.id

Test dan wawancara

Pelaksanaan tes TOEFL, TPA dan wawancara dilaksanakan pada:

  1. Ujian TPA (Tes Potensi Akademik) dilaksanakan oleh Pusat Psikologi Terapan (PPT) Unika Soegijapranata. Jadwal wawancara akan diberitahukan PDIL kepada calon mahasiswa. Tempat Gedung PPT Unika Soegijapranata Jl. Pawiyatan Luhur IV/1, Bendan Dhuwur Semarang
  2. Ujian TOEFL dilaksanakan oleh Centre for Language Training (CLT) Unika Soegijapranata. Jadwal wawancara akan diberitahukan PDIL kepada calon mahasiswa. Tempat: Jl. Menteri Sumpeno No 35, Semarang.
  3. Wawancara peminatan riset dilaksanakan oleh Pengelola Program Doktor Ilmu Lingkungan dan dilaksanakan setelah calon mahasiswa baru melakukan tes TPA dan TOEFL. Jadwal wawancara akan diberitahukan PDIL kepada calon mahasiswa. Tempat wawancara: Ruang kuliah Program Doktor Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata Gedung Thomas Aquinas Lt II. Setiap peserta menyiapkan rancangan draft proposal disertasi dan dipresentasikan pada saat wawancara.
  4. Pengumuman penerimaan mahasiswa akan disampaikan langsung oleh PDIL kepada calon mahasiswa.