Merdeka Belajar

Kampus Merdeka

Merdeka Belajar

Kampus Merdeka

Program Outbound Internal

Program Outbound Internal merupakan mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata yang ingin mengambil mata kuliah di program studi lain di Universitas Katolik Soegijapranata.

Program Outbound Eksternal

Program Outbound External merupakan mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata yang ingin mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain.

Kampus Merdeka APTIK

Pandemi Covid-19 telah memberikan tantangan baru bagi dunia pendidikan tinggi, tak terkecuali Perguruan Tinggi APTIK (PT APTIK). Ada banyak keputusan penting yang perlu diambil di waktu yang sangat singkat untuk menavigasi perguruan tinggi dalam beradaptasi dengan situasi pandemi dan kebijakan pemerintah. Keputusan tersebut harus diambil karena PT APTIK mengemban amanat untuk tetap melaksanakan misi penyelenggaraan pendidikan di tengah situasi sulit dewasa ini.

Salah satu keputusan dan komitmen bersama PT APTIK adalah melakukan kolaborasi pembelajaran daring lintas PT APTIK sebagai bagian dari Program Kampus Merdeka APTIK yang sudah dimulai sejak semester ganjil 2020/2021. Dengan kolaborasi ini, PT APTIK ingin membangun sebuah ekosistem pembelajaran yang luas di mana setiap mahasiswa PT APTIK bisa mendapatkan kesempatan dan pengalaman pembelajaran dari PT APTIK di mana pun. Kolaborasi ini diharapkan juga mengembangkan pengalaman mengajar dari para dosen dan tentunya juga membuka kolaborasi yang lebih luas di antara PT APTIK.

Kolaborasi pembelajaran daring dalam Program Kampus Merdeka APTIK ini terbuka untuk semua mahasiswa PT APTIK. Dalam laman ini setiap mahasiswa bisa melihat mata kuliah yang ditawarkan dari setiap PT APTIK dan bisa mendaftar, tentu setelah berkonsultasi dengan perguruan tingginya masing-masing.

Kampus Merdeka NUNI

Program Merdeka Belajar NUNI (PMBN) merupakan inisiasi NUNI melalui anggotanya untuk mengikuti arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim mengenai Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Empat belas (14) universitas anggota NUNI dari total 21 anggotanya turut berpartisipasi dalam program ini. Diharapkan program ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dari berbagai universitas negeri dan swasta terkemuka di berbagai daerah untuk dapat mengenyam pendidikan di universitas mitra. Dalam berbagai kesempatan tentunya selain mendapatkan pengalaman akademis yang baru, mahasiswa juga bisa mengalami interaksi dengan mahasiswa lainnya dari universitas-universitas di dalam konsorsium NUNI ini. Melalui PMBN, keunggulan program studi dan semangat kebersamaan menjadi sangat penting untuk dapat menujukkan esensi dari program ini. Terlebih lagi untuk memberikan nilai yang berharga bagi generasi muda Indonesia dalam mengembangkan wawasan, nasionalisme serta calon – calon pemimpin yang unggul di masa depan.

Program Pertukaran Mahasiswa

Teknologi Pangan

*Khusus untuk mahasiswa Teknologi Pangan

Kampus Merdeka Kemdikbud

Program Kampus Merdeka Kemdikbud dapat diakses melalui

Wisuda Unika Soegijapranata Semarang

Pendaftaran MKBM