Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Mengenal dunia Pendidikan Profesi Insinyur Melalui Unika Soegijapranata Semarang

Unika Soegijapranata Semarang memiliki program khusus yaitu Program Profesi Insinyur.  Unika Soegijapranata diberikan kepercayaan oleh pihak Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk menyelenggarakan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) dengan Peraturan Menteri Ristekdikti No 35 Tahun 2016.

Program Profesi Insinyur yang ada di Unika Soegijapranata sendiri terdiri dari 6 jurusan teknik seperti, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknologi Pertanian, Teknik Elektro, Teknologi Informatika, dan Teknologi Lingkungan. Mahasiswa yang mengikuti Program Profesi Insinyur (PPI) memiliki beberapa syarat untuk mendapatkan gelar Profesi Insinyurnya, salah satunya yaitu memaparkan hasil karya tulis mereka atau dilakukan pengujian yang dipaparkan kepada masyarakat umum dengan dilakukannya webinar.

Ir. Widija Suseno WIdjaja, MT IP ASEAN Eng. Selaku Ketua Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) mengadakan Webinar Pendidikan Profesi Insinyur yang dibantu oleh teman-teman HMPS Teknik Sipil. Webinar “Pendidikan Profesi Insinyur” ini diadakan pada tanggal 25 Juli 2022 pukul 13.00 WIB secara online. Webinar ini mengundang dua pembicara dan dua moderator yang terdiri dari.

Berikut dua Pembicara:

  1. Agus Setianto, ST MT. (Team Leader Technical Management Consultant Package 4, Jateng-DIY). Dengan judul karya tulis: Pemahaman tentang Program Penataan Permukiman Kumuh Skala Kawasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Suyanto, SST, MSi MT. (Kepala Seksi Operasional Pemeliharaan Drainase, Bidang Drainase, Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangerang Selatan). Dengan judul karya tulis: Profesionalisme Teknisi dalam Menangani Pekerjaan Jalan dan Jembatan.

Berikut dua Moderator:

  1. Ir. David Widianto, MT IPM
  2. Ir. Widija Suseno Widjaja, MT IPU ASEAN Eng.

“Jadi webinar ini membahas mengenai karya tulis yang dibuat oleh masing-masing mahasiswa PPI. Mereka membuat karya tulis mengenai keinsinyuran. Ketika sudah di acc sama dosen karya tulis itu di-webinarkan dan mengundang orang-orang terkait dengan dunia keinsinyuran misalnya, PUPR, kontraktor, konsultan, dosen, mahasiswa dan alumni teknik. Mahasiswa PPI ini diuji dengan dibukanya sesi tanya jawab sehingga melihat apakah mahasiswa ini mampu atau tidak.” Terang Pak Ir. Widija Suseno Widjaja, MT IPU ASEAN Eng. Selaku ketua PSPPI.

Agus Setianto, ST MT  membahas mengenai kawasan kumuh pada skala kawasan provinsi Jawa Tengah. Kawasan kumuh pasalnya ingin dibenahi oleh pemerintah untuk diperbaiki sehingga kondisi wilayah yang awalnya kumuh dengan adanya karya tulis ini, Agus Setianto melakukan beberapa metode dan pelaksanaan, sehingga wilayah yang kumuh tadi dapat menjadi lebih baik dan dibenahi serta menjadi masukan atau bahan bagi pemerintah setempat mengenai penataan kawasan kumuh.

Kemudian, narasumber kedua Suyanto, SST MSi MT yang membahas mengenai profesionalisme seorang laboran dalam menangani jalan dan jembatan. Bagaimana kualitas jalan dan jembatan diuji dan dituangkan dalam karya tulis. Suyanto ini juga menjadi kepala seksi kebinamargaan yang terkait mengenai jalan dan jembatan.

Unika Soegijapranata mempunyai Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur dengan jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). RPL sendiri merupakan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja yang dilakukan oleh teman-teman mahasiswa PPI. Syarat untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) yaitu dengan berkuliah di Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) dan setelah lulus boleh menyandang gelar Insinyur dan boleh mengajukan sertifikat kompetensi. Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Unika Soegijapranata memiliki 24 SKS yang hanya berjalan dalam 1 semester.

“Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) mengakui semua pengalaman-pengalaman mahasiswa selama bekerja di dunia keInsinyuran. Sehingga dari pengalaman-pengalaman mahasiswa disusun untuk menggantikan kelulusan mata kuliah yang ada di PSSI,  sehingga dari pengalaman-pengalaman itu tanpa kuliah mereka sudah mendapatkan nilai-nilainya, jadi tidak perlu kuliah tidak apa-apa.” ucap pak Widija

Menurut Widija Suseno Widjaja, Kuliah di Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) materi-materi mata kuliahnya meliputi etika, kode etik keinsinyuran, profesionalisme, keselamatan kerja, keamanan kerja dan kebersihan kerja. hal-hal yang terkait mengenai dunia keinsinyuran, terutama tata perilaku sebagai seorang insinyur profesional.

Harapannya semua orang yang sudah bekerja di dunia keinsinyuran memenuhi undang-undang yang sudah diterapkan oleh pemerintah seperti kepemilikan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI). Dimana semua orang yang bekerja di dunia keinsinyuran harus memiliki STRI. Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) sendiri telah tercatat pada UU No. 11 Tahun 2014. Pemerintah sudah memutuskan undang-undang tersebut dan akan segera dijalankan, dan ada sanksi jika seseorang bekerja di dunia keinsinyuran dan tidak memiliki STRI akan dikenakan sanksi. (Kris)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message