Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Seminar Dian Fenata 2022 “Thrive in The Digital World”

Seminar Dian Fenata 2022 “Thrive in The Digital World”
Penyerahan Plakat kepada Guest Star

 

Foto Bersama

Seminar Dian Fenata, merupakan suatu proker yang sudah selama 4 tahun terakhir selalu dilaksanakan oleh UKM FEB “Dian Fenata”. Seminar Dian Fenata di tahun ini mengusung tema “Thrive in The Digital World” dan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2022, proker ini dikelola/diusung oleh divisi Redaksi Dian Fenata. Tujuan diadakannya seminar ini adalah kami ingin memperluas pengetahuan banyak orang terutama pada generasi muda tentang dunia fotografi ataupun videografi. Kita melihat bahwa banyak anak muda zaman sekarang sering sekali menggunakan media digital sebagai sarana dalam berkarya, dan banyak para generasi muda bingung bagaimana cara agar dapat menghasilkan suatu karya yang bagus di dunia digital terutama dalam lingkup sosial media. Maka dari itu kami UKM Dian Fenata ingin menuntun para generasi muda diluar sana untuk bisa terus mengenal bagaimana cara berkarya dan dapat menghasilkan karya yang baik dan juga keren.

Proker Seminar Dian Fenata ini memiliki anggota panitia sebanyak 25 orang yang terdiri dari Penanggung Jawab Proker, Ketua Pelaksana Proker, 2 Sekretaris, 2 Bendahara, 5 panitia di Divisi Acara, 4 panitia di Divisi LO, 4 panitia di Divisi P&R Tech, 4 panitia di Divisi Danus, dan 2 panitia di Divisi Perkap.

Di bulan Desember 2021 kami para panitia, khususnya dari tim acara telah merencanakan kegiatan ini, karena ini merupakan proker tahunan dari Dian Fenata. Divisi acara memilih tema yang ditawarkan; be a famous creative film creatory and stay local, be an innovative millennial from home, dan thrive in the digital world. Untuk ini seluruh panitia setuju untuk menggunakan “Thrive In The Digital World” sebagai tema seminar, tema ini berfokus pada perkembangan dunia digital yang sangat pesat dan disini kami berfokus pada perkembangan seni fotografi dan juga videografi.

Tim acara berkoordinasi dengan tim LO untuk memilih Guest Star/Pemateri yang akan hadir seminar ini, disini yang memutuskan dalam pemilihan pemateri ialah divisi LO, untuk memutuskan memanggil/mengundang 2 content creator dari beberapa platform media sosial seperti Tiktok, Youtube, serta Instagram. 2 content creator tersebut ialah Hamzah Jamalullail (Marshallproxx) dan Bani Adil.

Dalam pengadaan seminar ini diperlukan dana yang bisa dibilang tidak sedikit, seluruh divisi melakukan perencanaan anggaran masing-masing, dan rencana anggaran tersebut disusun oleh Bendahara. Setelah rencana anggaran itu tersusun maka anggaran yang ditargetkan di handle oleh danus agar target dana yang direncanakan dapat terpenuhi. Disini divisi danus melakukan 2 kegiatan dana usaha yaitu melakukan Open Paid Promote serta Open Pre-order/ berjualan. Untuk keperluan promosi paid promote dan Open Pre-Order/berjualan Divisi Danus dibantu oleh Divisi P&R Tech dalam membuat poster promosinya, sehingga divisi danus selalu berkoordinasi dengan divisi P&R Tech dalam pembuatan Poster promosi.

Setelah semuanya ditentukan divisi acara berkoordinasi bersama divisi P&R Tech dalam memilih tema untuk pembuatan Poster, Virtual Background, Backdrop, Video Teaser, serta Video Trailer. Untuk poster dalam media promosi kami menggunakan 2 poster yaitu poster coming soon yang dimana hanya berisi siluet dari para pemateri, hal ini bertujuan agar dapat menarik perhatian orang dengan memberikan kesan penasaran tentang siapa pengisi materi dari seminar ini, lalu setelahnya adalah poster full/poster pendaftaran.

Divisi acara menentukan Timeline pelaksanaan yaitu di tanggal 22 Juni – 21 Juli 2022 dengan dibukanya pendaftaran, dan 23 Juli 2022 merupakan tanggal Play Acara seminar. Pada awalnya acara seminar berencana dilaksanakan pukul 10.00 WIB tanggal 23 Juli 2022, akan tetapi ada salah satu pemateri yang berhalangan hadir jika dilaksanakan pada jam tersebut, maka dari itu kami panitia sepakat untuk merombak jadwal, yang awalnya dimulai jam 10.00 WIB diganti menjadi jam 14.00 WIB. Agar seminar ini bisa diketahui banyak orang, divisi LO bertugas untuk mencari media partner agar bisa di upload ke beberapa laman instagram yang menaungi banyak event disana, kami juga melakukan promosi di instagram para panitia dengan mengupload poster di feeds dan story instagram. Untuk hal pendaftaran sekretaris bertugas untuk membuat formulir pendaftaran yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan LO agar para pendaftar bisa masuk ke dalam grup Line yang telah tersedia.

Pada hari acara berlangsung para panitia yang memiliki peran kuat pada saat play acara seperti divisi Acara, LO, P&R Tech, dan Perkap, berkumpul pada satu tempat yang sama di meeting room pada hotel Ha-Ka Semarang. Hal ini dilakukan agar kami dapat dengan mudah saling berkomunikasi satu sama lain dan dapat mempersiapkan nya secara bersama-sama.

Acara seminar dimulai dengan sesuai jadwal yaitu pukul 14.00 WIB dengan total presensi kehadiran peserta sebanyak 102. Pada saat acara dimulai, seminar dibuka oleh 2 MC yaitu David Sebastian Putaya dan Fransiska Natalia. Para MC melakukan tegur sapa kepada para peserta dan membuka dengan doa, lalu sambutan dari Ibu Agnes Arie Mientarry C., SE., M.Si, Akt, BKP, CA selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan juga sambutan dari ketua panitia seminar Michael Widiandra.

Hingga pada saatnya masuk pada sesi presentasi, yang dipimpin oleh moderator Arrin Insani Putri. Disini sang moderator bertugas untuk bertanggung jawab dalam memperkenalkan pemateri, mempersilahkan pemateri memaparkan materinya, menjaga ketenangan seminar, serta membuka sesi pertanyaan.

Untuk yang pertama melakukan pemaparan materi ialah Hamzah Jamalullail yang memaparkan tentang teknik dalam fotografi dan videografi dan memberikan tips and trick dalam berkarya melalui sosial media. Salah satu trik yang disampikan detail bagaimana cara penempatan angle kamera dalam melakukan pemotretan dan juga bagaimana agar suatu karya seseorang dapat dilihat atau dikenal oleh banyak orang.

Setelah kak Hamzah selesai dalam memaparkan materi, kegiatan dilanjutkan dengan memasuki sesi tanya jawab bersama peserta kepada kak Hamzah, kegiatan tanya jawab ini masih dipimpin oleh moderator.

Setelah sesi tanya jawab selesai dengan Kak Hamzah, moderator melanjutkan untuk mempersilahkan pemateri kedua yaitu Kak Bani Adil untuk memaparkan materinya, disini kak Bani Adil memaparkan materi tentang beberapa trick dalam berkarya terutama dalam berkarya di dunia videografi, kak Bani Adil memberikan tips agar dapat terus berkarya berdasarkan passion yang dimiliki, sebagai contoh jika kita menyukai untuk bermain game, maka bukan tidak mungkin kita membuat suatu konten dari game yang kita mainkan, dengan mempertontonkan pengalaman kita dalam bermain game, sehingga kita dapat terus berkarya dengan apa yang kita sukai. Sama seperti sebelumnya setelah pemateri memaparkan materinya moderator mempersilahkan para peserta untuk bertanya kepada Kak Bani Adil. Sesi tanya jawab selesai pemateri dipersilahkan untuk berfoto dengan mengangkat plakat yang sebelumnya sudah diberikan dari pihak panitia kepada para pemateri, dan juga melakukan foto bersama dengan pemateri dan juga peserta.

Ada sesi doorprize dengan bagi-bagi hadiah kepada peserta yang beruntung. Kami mengundi hadiah tersebut dengan menggunakan roulette spin wheel berisikan nama peserta yang sebelumnya telah bertanya kepada para pemateri, dan roulette ini dipilih sebanyak 6 kali dan total ada 6 peserta yang mendapat doorprize masing-masing pemenang mendapatkan Rp 50.000.

Selain doorprize kami juga mengadakan giveaway kepada para peserta dengan ketentuan membuat story ketika mengikuti kegiatan Seminar Dian Fenata. Untuk giveaway dipilih 3 peserta yang mengupload story di Instagram dan masing-masing mendapatkan Rp 25.000. Setelah sesi Doorprize dan Giveaway selesai acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh MC.

Setelah acara selesai panitia melakukan evaluasi terhadap kegiatan seminar yang telah dilaksanakan, masing-masing divisi menyampaikan keluh kesahnya selama berdinamika bersama dalam kegiatan seminar ini, serta saling memberi saran agar dapat terus maju untuk kedepannya. (#Michael Widiandra PPA)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message