Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Meningkatkan Semangat Kerja Selama WFH Saat Pandemi

Meningkatkan Semangat Kerja Selama WFH Saat Pandemi

Oleh Faradiah Melva Ghoniyah, Mahasiswa Magister Profesi Psikologi Unika Semarang

PANDEMI Covid-19 menimpa hampir seluruh negara di dunia tanpa kecuali. Dampak pandemi memengaruhi banyak sektor kehidupan, termasuk ekonomi, pendidikan, gaya hidup, dan lain-lain.

WHO (2010) menyatakan bahwa pandemi adalah epidemi skala besar yang menimpa jutaan orang di berbagai negara, kadang-kadang menyebar ke seluruh dunia (Fahrudin et al., 2020).

Untungnya, Indonesia termasuk negara yang tangguh menghadapi pandemi dan kini cenderung berhasil mengendalikannya.

Buktinya belakangan ini angka kasus pasien positif di rumah sakit terus menurun. Bahkan sejumlah rumah sakit sudah zero pasien Covid-19.

Meski begitu, pemerintah terus mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu taat protokol kesehatan.

Negara-negara di dunia menerapkan berbagai kebijakan dan tindakan dengan nama berbeda seperti karantina, lockdown, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), PPKM dan serupanya.

Pada dasarnya punya arti sama yaitu membatasi pergerakan orang, kurangi mobilitas dan cegah kerumunan.

Sehingga terjadi beberapa perubahan, seperti belajar dari rumah, bekerja dari rumah (WFH), dan mengubah berbagai gaya baru atau new normal.

Salah satu dampak langsung pandemi terlihat pada karyawan karena kesulitan menerapkan sistem WFH. Terdapat beberapa alasan untuk hal ini baik yang terkait dengan pekerjaan maupun individu karyawan.

Misalnya, beberapa bentuk pekerjaan masih mengandalkan file fisik dan peralatan kantor sehingga karyawan perlu datang ke kantor untuk menyelesaikan tugasnya, namun tidak mungkin dilakukan jika karyawan harus bekerja dari rumah.

Kondisi ini mengakibatkan karyawan tidak bisa berkonsentrasi pada pekerjaan selama WFH.

Merasa bosan

Hilangnya semangat kerja sangat mungkin dialami oleh sebagian karyawan. Maka jangan heran jika pekerja sering merasa lelah dan tidak bisa bekerja secara maksimal, sehingga pada akhirnya, motivasi kerja berkurang dan abaikan tanggung jawab.

Lambat laun akan memengaruhi kualitas kerja. Jika gejala ini sudah tampak, maka jangan dibiarkan begitu saja. Karyawan perlu dimotivasi untuk meningkatkan semangat kerja agar terhindar dari risiko negatif dengan adanya kebosanan.

Semangat kerja karyawan merupakan sikap mental individu dan kelompok yang menunjukkan kesungguhan dalam melakukan pekerjaan guna memberikan penghargaan atas kinerja yang lebih baik (Bulgis et al., 2021).

Nitisemito (2002) mendefinisikan semangat kerja adalah kondisi seseorang yang menunjang dirinya untuk melakukan pekerjaan lebih cepat dan lebih baik di dalam sebuah perusahaan.

Purwanto (2005) mengemukakan bahwa semangat kerja merupakan sesuatu yang membuat orang-orang senang mengabdi kepada pekerjaannya, dimana kepuasaan bekerja dan hubungan-hubungan kekeluargaan yang menyenangkan menjadi bagian dari padanya.

Karyawan yang menjalani kerja WFH dimungkinkan merasa kurang bersemangat dalam menuntaskan tugas-tugasnya. Punya anggapan rumah sebagai tempat istirahat.

Saat bekerja dari rumah (WFH) merasa kehilangan semangat kerja selama bersama keluarga.

Penurunan semangat kerja karyawan disebabkan beberapa faktor karena adanya aktivitas yang biasa dilakukan sebelum menjalani WFH.

Antara lain berkomunikasi melalui jejaring sosial, interaksi sosial dengan rekan kerja tanpa membicarakan pekerjaan, dan menikmati pilihan hiburan yang tersedia seperti menonton film, karaoke dan bermain dengan teman secara langsung. Jika hal-hal itu ditiadakan maka karyawan bisa mengalami putus ada. (Mustajab et al., 2020).

Kurang interaksi

Hilangnya interaksi dengan rekan kerja dicatat sebagai aspek negatif utama bekerja dari rumah (WFH), terutama di kalangan wanita tanpa anak (Chung, H., Seo, H., Forbes, S., & Birkett, 2020).

Kelompok ini lebih tegang dan stress selama lockdown daripada kelompok laki-laki.

Mereka merasakan adanya perbedaan dari aspek psikologis yang selalu berinteraksi di lingkungan kerja sebelum merebaknya virus Covid-19, mereka berinteraksi secara langsung di kantor sehingga mereka dapat melihat wajah dan tanggapan orang lain.

Untuk meningkatkan semangat kerja selama WFH ada alternatif sebagai berikut. Pertama, memaksimalkan keragaman ruangan di rumah. Hal ini untuk menghindari kebosanan dalam bekerja.

Supaya tambah ceria bisa pindah ke ruangan lain, seperti ruang makan atau ruang tamu sehingga tidak bosan.

Mempercantik ruangan

Bila perlu sesekali dengarkan musik yang disukai. Musik memberi pengaruh besar pada suasana hati. Mendekorasi tempat kerja dan membeli barang-barang lucu untuk menambah keseruan ruang kerja. Pilihlah musik yang beraura positif serta meningkatkan semangat.

Kedua, buat jadwal dan lakukanlah. Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang prioritas untuk dilakukan. Jadwal kerja yang dibuat untuk pekerjaan, sesuaikan juga dengan jadwal kegiatan sehari-hari di rumah.

Ketiga, hilangkan gangguan yang tidak perlu. Buat batasan dengan keluarga dan teman. Saat bekerja, godaan untuk memeriksa gadget terutama medsos sangat besar.

Maka matikan telepon atau gadget jika hal itu membuat konsentrasi dan produktivitas maksimal. Beritahu kepada keluarga dan teman tentang jadwal kerja untuk menghindari konflik dan ketidaknyamanan lainnya.

►https://jateng.tribunnews.com/2021/11/25/opini-meningkatkan-semangat-kerja-selama-wfh-saat-pandemi?page=all.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message