Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

SCU Tanamkan Pendidikan Karakter Mahasiswa Melalui ATGW

Mahasiswa baru Soegijapranata Catholic University (SCU) bersama-sama mengikuti acara Advancing Talent and Goal Wonderfully (ATGW) 2023. Mereka berkumpul di Gedung Justinus, Kampus 1 SCU Bendan pada Kamis, 1 Februari 2024. ATGW sendiri dilaksanakan hingga Maret 2024. Bersama dosen beserta kakak tingkatnya, mereka juga akan berdinamika selama 1 semester kedepan.

Kegiatan ini pun menjadi agenda tahunan SCU sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005. ATGW pertama kali diinisiasi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan SCU kala itu, Dr. Ferdinandus Hindiarto yang saat ini menjabat sebagai Rektor SCU. “Pada dasarnya ATGW diselenggarakan supaya mahasiswa memiliki visi dalam hidupnya untuk mempersiapkan dan meraih masa depan sesuai dengan apa yang mereka harapkan,” ujar Dr. Ferdinand.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa diajak untuk mengenali kelemahan serta kelebihannya. Di sisi lain, mereka juga diminta untuk mendesain goal setting selama menempuh pendidikan di kampus ungu. “Mahasiswa menyadari bakat dan talenta apa yang mereka miliki. Bagaimana kelebihan tersebut mendukung goal yang ingin mereka capai,” ujar Daniswara Agusta Wijaya, MPsi, Psikolog, Kepala Pusat Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (PPKM) SCU.

Melalui ATGW, SCU mengajak mahasiswa menyusun berbagai upaya serta langkah yang harus ditempuh untuk mengejar impiannya. Daniswara melihat awal perjalanan menempuh gelar sarjana merupakan momen yang pas bagi mereka dibekali hal tersebut. “Menyusun targetnya seperti apa per semester. Pastinya kita follow up selama satu semester kedepan apa-apa saja yang sudah maupun belum diraih. Kenapa begitu dan kita dampingi,” ujar dosen Fakultas Psikologi SCU tersebut. Ia juga menyebut pihaknya bekerja sama dengan para dosen wali untuk ikut memantau perkembangan capaian mahasiswa.

Program ini mencoba menanamkan nilai yang telah lama dipegang SCU, yaitu KKPVT yang merupakan singkatan dari Kritis, Kreatif Peduli, Visioner dan Tangguh. Melalui kegiatan Action Plan, mahasiswa juga dilatih mengembangkan nilai KKPVT dengan menggagas solusi permasalahan terkini. Nilai ini juga diharapkan dapat diimplementasikan mahasiswa selama menempuh pendidikan di kampus ungu.

Sejalan dengan semangat Hoi Aristoi, ATGW menjadi upaya SCU dalam mendidik mahasiswa bukan hanya akademik, melainkan juga berkarakter. Selain ATGW, SCU juga banyak menghadirkan program pengembangan kepribadian mahasiswa. Salah satunya dengan ditanamkan dalam metode pembelajaran khas SCU, Soegijapranata Learning Model (SLM). Adanya Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) dan Latihan Kepemimpinan Tingkat Lanjut (LKTL) juga menjadi upaya SCU dalam mengembangkan kepribadian mahasiswanya. [Humas SCU]

Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Kamis Putih #KamisPutih#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. #PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO