Dalam bahasa Spanyol, Siega artinya harvesting atau panen. Dalam komunitas SIEGA atau Sistem Informasi, Ecommerce, GameTech, dan Akuntansi-SI di Unika Soegijapranata, kami mempercayai bahwa penguasaan teknologi informasi adalah keniscayaan. Jika penerapannya sesuai, maka kita akan memanen kehidupan manusia yang lebih baik.
Dalam bahasa Spanyol, Siega artinya harvesting atau panen. Dalam komunitas SIEGA atau Sistem Informasi, Ecommerce, GameTech, dan Akuntansi-SI di Unika Soegijapranata, kami mempercayai bahwa penguasaan teknologi informasi adalah keniscayaan. Jika penerapannya sesuai, maka kita akan memanen kehidupan manusia yang lebih baik.
To become an academic community that excels in education, research and service based on Christian values: love, justice and honesty.
“Where Information Technology meets Business”
Follow us on Instagram @aksigte_unika
Perkembangan Teknologi Informasi (TI) mengakibatkan perubahan yang signifikan di banyak aspek kehidupan, terutama dalam bidang bisnis. Pekerjaan menjadi lebih cepat serta mempunyai nilai tambah yang berpengaruh besar pada perusahaan karena adanya dukungan Teknologi Informasi. Seiring dengan peningkatan kepercayaan terhadap teknologi informasi tersebut, kebutuhan terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli di bidangnya juga bertambah. SDM yang diharapkan bukan hanya menguasai Teknologi Informasi semata, tetapi juga menguasai Business Logic yang digunakan dalam organisasi bisnis.
Mereka diharapkan dapat menerjemahkan kebutuhan organisasi ke dalam wujud sistem yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi. Program Studi Sistem Informasi (S1) Unika Soegijapranata meramu solusi bisnis dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi. Lulusan yang dihasilkan bukan hanya mampu menguasai pembuatan perangkat lunak atau memanfaatkan aplikasi bisnis, tetapi juga dapat mensinergikan business process sehingga menghasilkan solusi bagi perusahaan.
Menjadi komunitas akademik di bidang Sistem Informasi yang transformatif dan inspiratif dalam aktivitas dan karya akademik unggulan secara konsisten di tingkat global pada tahun 2020 dengan dilandasi nilai-nilai Kristiani: cinta kasih, keadilan dan kejujuran.
Mewujudkan program studi Sistem Informasi yang unggul di tingkat global melalui kegiatan pembelajaran, program-program penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan mengutamakan pengembangan pribadi yang kritis, jujur, bertanggung jawab, tangguh, inspiratif dan transformatif dalam menghasilkan tenaga profesional dan wirausaha di bidang Sistem Informasi yang memiliki kemampuan kepemimpinan, komunikasi dan kerjasama.
Kurikulum
Kurikulum Sistem Informasi berfokus pada kompetensi sebagai ahli dalam pengolahan data digital, konsultan profesional yang terampil menjembatani kebutuhan bisnis dengan Teknologi Informasi, serta bertumbuh menjadi entrepreneur di bidang Teknologi Informasi. Mahasiswa dapat menyelesaikan studi setelah menempuh 144 SKS dalam waktu 7 semester (3,5 tahun).
Entrepreneur Cells
Merupakan kelompok-kelompok mahasiswa yang dibentuk di dalam program studi Sistem Informasi untuk pengembangan talenta entrepreneurship atau kewirausahaan sejak masih kuliah, agar dapat memanfaatkan peluang bisnis yang terkait dengan Teknologi Informasi, maupun menghasilkan tulisan-tulisan dalam bentuk artikel dan buku yang dapat menginspirasi masyarakat dalam memaksimalkan TI dalam bisnisnya.
Prospek Kerja
Beasiswa
Yayasan Sanjojo, PT. Djarum, Astra, Van de Venter (VDMS), Supersemar, Yayasan Salim, Miserior (APTIK), P&K Pemda Jateng, Peningkatan Prestasi Akademik, Bantuan Belajar Mahasiswa, Beasiswa Unggulan Kemendikbud.
Kerjasama
Kerjasama dilakukan dengan lebih dari 50 perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri dalam hal pertukaran pelajar dan penelitian bersama. Mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas dalam bidang pengembangan Game secara nasional maupun internasional.
Tenaga Pengajar
Semua dosen mempunyai kualifikasi pendidikan minimal Doktor dan Master.
Mahasiswa selama studi mendapat manfaat:
Entrepreneur Cells
Merupakan kelompok-kelompok mahasiswa yang dibentuk di dalam program studi Sistem Informasi untuk pengembangan talenta entrepreneurship atau kewirausahaan sejak masih kuliah, agar dapat memanfaatkan peluang bisnis yang terkait dengan Teknologi Informasi, maupun menghasilkan tulisan-tulisan dalam bentuk artikel dan buku yang dapat menginspirasi masyarakat dalam memaksimalkan TI dalam bisnisnya.
Kurikulum S1 Sistem Informasi berfokus pada kompetensi pengembangan Sistem Informasi dan Entrepreneur di bidang Teknologi Informasi. Mahasiswa dapat menyelesaikan studi setelah menempuh 144 SKS dengan mata kuliah konsentrasi antara lain :
1. Dasar Pembuatan Aplikasi Bergerak (3 SKS)
2. Sistem Informasi Manajemen (3 SKS)
3. E-Bisnis (3 SKS)
4. Pengantar Akuntansi (3 SKS)
5. Manajemen Hubungan Pelanggan (3 SKS)
6. Sistem Informasi Perusahaan (3 SKS)
7. Pemrograman Perangkat Bergerak (4 SKS)
8. Komputerisasi Akuntansi (4 SKS)
9. Kecerdasan Bisnis (4 SKS)
10. Teknologi Baru dan Inovasi Sistem Informasi (4 SKS)
11. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi (4 SKS)
12. Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (4 SKS)
13. Audit Sistem Informasi (3 SKS)