Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Unika Soegijapranata Lepas 221 Mahasiswa untuk Pengabdian, Dampingi UMKM hingga PKK

Unika Soegijapranata melepas 221 mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU) dan Kuliah Kerja Sinergi (KKS) dengan mengusung tema “Pendampingan Mitra dengan Sukacita” sejak 27 Oktober hingga 19 Desember.

“Mahasiswa akan bersama mitra untuk melaksanakan program kerjanya. Kemudian, setelah selesai pendampingan akan dilaksanakan kegiatan expo dan workshop di kampus, yaitu memamerkan hasil pendampingan yang telah ditempuh,” ujar Ketua Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Unika Soegijapranata, Rudi Elyadi, Kamis (27/10/2022).

Rudi menyampaikan sebelum penerjunan, mahasiswa peserta KKU dan KKS telah melakukan observasi dan diskusi dengan mitra dampingan mengenai program kerja dan telah mempresentasikan program yang nantinya akan dilaksanakan.

Ia menjelaskan melalui kegiatan KKU nantinya mahasiswa akan berdampingan dengan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan jumlah mitra 72 pelaku UMKM. Sedangkan, untuk Kuliah Kerja Sinergi (KKS) mahasiswa akan berdampingan dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Rukun Warga (RW) dengan wilayah mitra per delapan kecamatan.

“Adanya KKU dan KKS mahasiswa akan mendapatkan pengalaman yang nyata, baik secara teori maupun praktik. Tentunya menciptakan pula simbiosis mutualisme antara mahasiswa dan masyarakat dengan sama-sama mempunyai tujuan untuk maju bersama,” ujarnya

Sementara itu, Wakil Rektor Inovasi, Riset, dan Publikasi Unika Soegijapranata, Robertus Setiawan Aji N berpesan kepada mahasiswa untuk membawa suasana suka cita, semangat, dan harapan kepada mitra dampingannya.

“Beri keyakinan mereka (pelaku UMKM) untuk percaya diri dalam menghadapi berbagai rintangan. Yang ketiga, mempelajari bagaimana hidup di tengah masyarakat, bagaimana sulitnya mitra berjuang, bagaimana suksesnya mitra, sebab ilmu-ilmu itu tidak diajarkan di kampus,” pesannya.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unika Soegijapranata, Y. Trihoni Nalesti Dewi, berharap kegiatan ini dapat menjadi kesempatan yang besar bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu-ilmu yang sudah didapatkan di kampus.

“Ini menjadi kesempatan besar mahasiswa untuk mengasah hard skill. Kemudian kesempatan besar juga untuk mengambil soft skill dari masyarakat. Tentunya ini bisa menjadi bekal untuk para mahasiswa kedepannya,” harapnya

#https://beritabaru.co/unika-soegijapranata-lepas-221-mahasiswa-untuk-pengabdian-dampingi-umkm-hingga-pkk/

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message