Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

UGM Juara Nasional Kompetisi Peradilan, Unika Gelar Kompetisi Hukum

JTP 6_12_2016 UGM Juara Nasional Kompetisi Peradilan
JUARA PERTAMA : Dekan FH Unika Benny Setianto menyerahkan piala dan penghargaan kepada tim mahasiswa FH UGM di gedung Thomas Aquinas.

Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Gajah Mada (UGM) meraih juara di “Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional” atau Moot Court Competition antar perguruan tinggi negeri dan swasta. Ajang untuk melatih bakat simulasi sidang yang dilakukan mahasiswa ini diadakan Komite Internasional Palang Merah dan FH Unika selama tiga hari.
Dekan FH Unika, Benny Setianto mengatakan, lomba ini digelar tiap tahun yang diadakan International Commitee of The Red Cross (ICRC) atau Palang Merah Internasional untuk mencari SDM ahli hukum yang nantinya maju tingkat internasional di Hongkong.
“Ajang ini menarik, diikuti 22 universitas dan mahasiswa Fakultas Hukum dilombakan seakan-akan menjalankan sidang. Di dalamnya ada jaksa, pengacara, peneliti dan pembimbing,” jelasnya.
Menurutnya, mereka berdebat argumentasi bersama hakim yang kebetulan mengundang Dosen Senior FH UGM Jaka Triyana. Mereka dinilai oleh 25 dewan juri  dari para ahli hukum di antaranya ada dari Australia, Singapura, Amerika. Newzealand dan ICRC.
“Kasus yang mereka debatkan soal hukum internasional,” urainya. Dosen FH UGM, Jaka Triyana mengapreasiasi para mahasiswa fakultas hukum di Indonesia meski masih semester baru sudah banyak yang bisa berargumentasi kuat dalam menangani kasus.
“Saya berperan sebagai hakim sempat kuwalahan menghadapi ini. Namun ini simulasi sidang, lomba harus tetap profesional dan harus tegas dan tidak memandang mereka siapa,” kesannya.
Rina Rusman, Pimpinan Palang Merah Internasional atau ICRC menambahkan, untuk juara pertama UGM, juara kedua FH Universitas Indonesia (UI), juara tiga Universitas Pelita Harapan dan juara 4 Universitas Udayana. ( http://jatengpos.co.id , Jateng Pos 6 Desember 2016, hal. 4)
jtp-6_12_2016-ugm-juara-nasional-kompetisi-peradilan-unika

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message