Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Tujuh Perusahaan Bergabung dalam Internship Fair Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata

Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata Semarang menggelar Internship 2022 Fair, pada 2-3 Juni 2022. Ada tujuh perusahaan yang bergabung dalam program ini.

Koordinator Acara Hironimus Leong SKom MKom menuturkan Acara ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Internship (magang) ini bertujuan agar mahasiswa bisa mempraktekkan ilmu yang telah didapat dari kampus ke dunia kerja.

“Internship Fair ini bertujuan untuk menjadi wadah buat mahasiswa dalam mencari tempat magang dan wadah perusahaan dalam mencari mahasiswa magang. Melalui Internship, mahasiswa akan tahu ilmu apa saja yang terpakai. Kemudian mahasiswa akan tahu ternyata di dunia kerja ada juga hal hal di luar teori kampus,” kata Leong, di Gedung Henricus Constant Unika, Lantai 8, Kamis (2/6/2022).

Dari magang ini kata dia, mahasiswa akan mendapat pelajaran berharga seperti pentingnya komunikasi, kekompakan dalam bekerja dan lain lain.

Intership fair 2022 kali ini diikuti tujuh perusahaan ternama di Jawa tengah dan Jakarta yaitu, PURA BARUTAMA, CBN, SemIs, Rect Media, Buana Online, Bina Busana, dan Mitra Kasih Perkasa (MKP mobile). Tujuh perusahaan ini telah bermitra lama dengan Unika.

Perusahaan yang digandeng ini lanjutnya, sesuai dengan konsentrasi Bidang Teknologi dan informatika.

Acara diselenggarakan dalam 2 hari yaitu 2-3 Juni 2022. Pada hari pertama perusahaan akan melakukan presentasi. Sedangkan untuk hari kedua perusahaan akan mengadakan proses rekruitmen.

“Model rekruitmen disesuaikan seperti model rekrutimen tenaga kerja. Di Fakultas Ilmu Komputer Unika, Program Magang dilakukan selama 6 bulan atau bahkan bisa diperpanjang sampai 1 tahun,” ujarnya.

Ia menjelaskan Internship atau Magang  merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh mahasiswa sebelum mahasiswa tersebut lulus. Mahasiswa yang mengikuti acara ini dari Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika angkatan 2019 dan 2020.

Dia berpesan kepada mahasiswa peserta Internship agar benar benar bisa mendapatkan pengalaman nyata bekerja di dunia. Jangan sampai hanya terkesan “ngerecoki” Perusahaan.

Koordinator Acara Kedua, Erdhy Widyarto Nugroho ST MT menuturkan mahasiswa dapat magang selama 6 bulan hingga 1 tahun. Hal ini untuk mengamalkan konsep Merdeka Belajar.

“Dengan durasi waktu ini kami yakin mahasiswa ada wawasan untuk masuk dunia kerja,” kata Erdhy.

Hasil dari magang ini kata dia, bisa dijadikan bahan skripsi.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unika Bernardinus Harnadi ST MT PhD mengatakan magang ini telah menjadi budaya di Fakultas Ilmu Komputer. Ia menyebut budaya magang sudah ada jauh sebelum konsep Merdeka Belajar.

“Sejak Fakultas Ilmu Komputer berdiri, ada mata kuliah Magang dan ada bobot SKSnya,” Kata Harnadi.

Ia menegaskan waktu untuk magang ini bersifat flexibel. Mahasiswa bisa magang sekaligus tetap ada waktu untuk mengikuti perkuliahan di kampus.

“Kita sudah konsultasi dengan pihak industri terkait hal ini. Ada industri yang flexibel terkait waktu magang dan kuliah,” ucapnya.

Manager Rekruitmen PT Pura Barutama, Burhan menjelaskan pihaknya menyediakan posisi programmer untuk mahasiswa magang. “Posisi yang kami buka sangat besar,” kata Burhan.

Ia berharap para mahasiswa magang bisa benar benar memperoleh Ilmu dunia kerja. Sehingga ke depan ketika bekerja, mereka tidak “gagap”.

“Kami tentu berharap jangan sampai mahasiswa lulus dapat kerja malah kaget. Dunia kerja tidak hanya membutuhkan knowledge dari kampus. Tapi mereka juga harus tahu budaya dan atmosfer dunia kerja,” ungkapnya.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Unika, Kenny Gavriel Susanto menyambut baik adanya Internship ini.

“Lumayan ini ada Internship fair jadi kita gak kaget ketika masuk dunia kerja. Kita juga merasa terfasilitasi oleh kampus untuk mencari tempat kerja,” kata Gavriel.

Ia mengaku tertarik magang di PT Pura Barutama dan Buana Online.

#https://kuasakata.com/read/berita/53503-tujuh-perusahaan-bergabung-dalam-internship-fair-fakultas-ilmu-komputer-unika-soegijapranata

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message