Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Perlunya Dialog Dalam Program CSR

TRB 27_08_15 Perlunya dialog dalam program CSR
TRIBUNJATENG. COM, SEMARANG – Dialog bahasa Inggris terdengar dari restoran Grand Candi Hotel, Rabu (26/8/2015). Mereka adalah peserta Seminar Internasional Strengthening Inclusive Business And Sustainability Through Research And Practice dari seluruh Indonesia dan beberapa dari luar negeri.
Para pemerhati ekonomi dari Unika Soegijpranata pun turut serta seperti pengamat moneter dan perdagangan internasional Dr Angelina Ika juga ambil bagian. Tema yang diusung adalah bisnis yang berkelanjutan atau kaitannya dengan corporate social responsibility.
“CSR yang dilakukan perusahaan pada lingkungan sekitar selama ini hanya filantropi saja atau tidak ada dialog dengan masyarakat,” kata Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Ranto P Sihombing.
Ia mengatakan mayoritas perusahaan hanya mengemas CSR dalam bentuk uang atau hal yang tidak dibutuhkan masyarakat. Warga yang sadar terkena dampak perusahaan bahkan ada yang menolak csr seperti itu.
Ketua panitia seminar itu menjelaskan,CSR seharusnya melalui dialog dengan masyarakat berdampak pada perusahaan. Dengan begitu, penggunaan CSR akan lebih tepat sasaran.
“Ada warga yang bahkan marah-marah ketika prosesi penyerahan CSR. Mereka merasa dijadikan objek saja oleh perusahaan,” jelasnya.
Peserta seminar tersebut berasal dari seluruh Indonesia. Bahkan, peserta dari Filipina pun hadir. Sebenarnya ada peserta dari slovenia tapi terhambat penerbangan. Sehingga hanya menyerahkan papernya.
Seminar itu merupakan pembahasan CSR dari lintas bidang mulai dari aspek ilmu akuntansi, teks dan manajemen. Masing masing peserta mempresentasikan karyanya tentang bagaimana seharusnya CSR.
“Beberapa perusahaan di Indonesia sudah melakukan CSR dengan bagus. Mereka berdialog dengan masyarakat, sepertj United Traktor dan sebagainya,” jelasnya.
Cara lainnya adalah menggandeng pemerintahan setempat untuk menyalurkan CSR. Pihak perusahaan bisa tahu kebutuhan masyarakat lewat program pemerintah daerah. (*)
sumber : jateng.tribunnews.com

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 🇮🇩#KebangkitanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message