Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Pelayanan Perpustakaan Dituntut Berubah saat Pandemi

image

Keberadaan perpustakaan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini. Terutama, berkaitan dengan perkembangan revolusi industri 4.0. Hal itu juga ditambah dengan adanya pandemi covid-19, maka tantangan perpustakaan untuk segera mencari langkah-langkah solutif agar perannya sebagai pengolah informasi pustaka dapat tetap maksimal, tampak semakin nyata.

Menjawab berbagai tantangan tersebut, Jaringan Perpustakaan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK) menyelenggarakan webinar dengan tema Library is a Lifestyle, Selasa (29/9) melalui Zoom dan Youtube.
Hadir sebagai pembicara, Rektor Unika Soegijapranata sekaligus Ketua Jaringan Pembelajaran APTIK, Prof Dr F Ridwan Sanjaya dan Pakar Perpustakaan dan Penasehat Jaringan Perpustakaan APTIK, Prof Sulistyo Basuki.
Prof Ridwan Sanjaya menyampaikan berbagai realitas persoalan yang muncul dan dihadapi oleh perpustakaan maupun pustakawan saat ini. Munculnya pandemi covid-19 secara tiba-tiba dan tidak diketahui kapan akan berakhirnya, telah menimbulkan dampak yang cukup besar pada perpustakaan.

"Karena pelayanan perpustakaan jadi berubah karena adanya pembatasan protokol kesehatan akibat pandemi Covid-19,” ungkap Prof Ridwan.

Di samping itu, lanjut dia, karena perpustakaan berada di dalam lingkungan kampus ketika proses pembelajaran dilakukan secara daring, maka perpustakaan yang berada di dalam kampus juga tidak bisa memberikan pelayananan secara fisik atau offline seperti biasanya.

Dia menuturkan, keterbatasan repository perpustakaan juga menjadi persoalan yang harus dipikirkan jalan keluarnya, karena saat ini repository masih terbatas dan kurang up to date, tidak selengkap apabila para pemustaka datang langsung ke perpustakaan.

"Ini menjadi suatu dilema tersendiri yang disebabkan koleksi kita yang terbatas," tuturnya.
Namun demikian ada nilai positif juga dengan adanya pandemi covid-19. Menurutnya, bagi yang sudah mempersiapkan secara digital sebelum pandemi, antara lain yaitu fungsi pustakawan tetap bisa berjalan melalui jalur digital, seperti: literasi informasi, mutu penulisan ilmiah, akses VPN (Virtual Privat Network) yang diberikan kepada pemustaka.

"Sehingga mereka bisa masuk dari rumah melalui IP address perpustakaan kampus dan sebagainya. Selain itu juga bisa memfasilitasi lahirnya berbagai konten digital lokal, antara lain: dokumentasi perkuliahan, dokumentasi kegiatan kampus, virtual tour, kursus daring, seminar daring dan lain-lain," ungkapnya.

https://jateng.tribunnews.com/2020/09/30/pelayanan-perpustakaan-dituntut-berubah-saat-pandemi.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
“Gemati lan Ngajeni”, apa sih maknanya? Nah, begini ceritanya… 😊 Pemeran: @cvr_abimanyu (Dosen Fakultas Psikologi)Produksi©️Marcomm SCUDaftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Hari Lahir Pancasila (1 Juni 2024)✨#Pancasila#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulLearning#JoyfulCampus
SMALL TALK part 2Gimana sih cara buat mengenal passion dan bakat dalam diri kita, agar gak salah pilih jurusan bahkan dibidang lainnya? Ini jawabannya…Daftar onlinepmb.unika.ac.id#SMALLTALK#PASSION#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
This is final match SCU vs UBL. Seru bangett! Bikin spot jantungDaftar onlinepmb.unika.ac.id#SBL#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Raya Waisak 2568 BE#Waisak#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
SMALL TALK #1 Apakah kamu sedang mengalami kebingungan menentukan pilihan jurusan kuliah, karir ke depan, bahkan mungkin udah terlanjur mengambil keputusan yang salah? Ini dia pencerahan dari Pak Ferdi seorang Rektor & Dosen Psikologi SCU, dijamin ngakak 🤭Daftar onlinepmb.unika.ac.id#SmallTalk#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus #JoyfulLearning
Final @sbl_unika kemarin bikin spot jantungg friends…Daftar onlinepmb.unika.ac.id#SBL#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message