Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Hendi Ajak Dosen Unika Soegijapranata Aktif Penelitian

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengajak para dosen Unika Soegijapranata Semarang untuk aktif melakukan penelitian ilmiah. Tujuannya agar bermanfaaat dan mencerdaskan semua warga.

Hal tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Hendi ini saat dirinya membuka acara Festival Talenta Unika Soegijapranata untuk Indonesia, di Hotel Santika Premire Semarang, Selasa (28/12) pagi.

Hendi meyakini sebuah wilayah bakal berkembang pesat jika mengedepankan prinsip riset dan penelitian, termasuk Kota Semarang. Ia juga meyakini banyak lembaga di Semarang termasuk Unika aktif melakukan riset.

Ia pun lantas mengajak para dosen Unika untuk aktif melakukan penelitian di Semarang. Sebab menurutnya di Semarang banyak hal yang bisa diteliti.

“Kalau mau penelitian, telitilah dulu Kota Semarang sebelum ke wilayah lain. Semarang boleh jadi bahan penelitian. Kalau hasilnya bagus, boleh kita jadikan untuk kepentingan masyarakat,” kata Hendi.

Menurutnya, penting menjadikan Semarang sebagai Laboratorium penelitian. Sebab, meski universitas ini bertaraf internasional, universitas ini berdomisili di Semarang dan sudah selayaknya menyumbangkan hal yang positif untuk kota tercinta.

“Dengan teknologi dan ilmu ilmu yang ada, buatlah kemajuan kemajuan untuk kota Semarang. Misalnya sekarang lagi ada covid-19, telitilah bagaimana tangani covid-19, kemudian penelitian bagaimana membuat UMKM menjadi lebih baik. Itu monggo dilakukan,” terangnya.

Ia pun lantas mengapresiasi para dosen Unika yang jauh jauh hari sebelumnya telah melakukan penelitian dan membuat festival.

“Ini penting sekali sebagai sebuah semangat agar dosen dosen aktif penelitian,” jelas dia.

Hendi berharap, melalui penelitian, dosen tak hanya mendapat nilai untuk meraih gelar tertentu. Yang terpenting kata dia, adalah masyarskat bisa merasakan kemanfaatannya.

Ia melanjutkan, berdasar data dari Global Inovation Index tahun 2019, Indonesia memliki skor 29,24  ada di urutan 85 dunia terkait penelitian. Sementara posisi di Asean, Indonesia masih jauh dibawah. Hal ini menunjukkan inovasi masyarakat Indonesia masih kurang.

“Banyak hal yang masih harus kita capai. Negara butuh panjenengan semua. Hari ini kita berada pada posisi ekonomi yang makin hari makin baik. Bawalah negara ini jadi negara yang cukup diperhitungkan negara lain. Maka tanamkanlah nilai nilai kebanggaan dengan terus lakukan penelitian dan riset untuk Indonesia yang Maju, Jawa Tengah dan Semarang yang hebat,” tegas dia

Rektor Unika Soegijapranata Ferdinandus Hindiarto menuturkan penelitian yang telah dilakukan para dosennya merupakan hal yang selaras dengan tugas nomor dua perguruan tinggi. Tugas tersebut yakni mengembangkan ilmu pengetahuan dan menyebarluaskannya demi semakin baiknya kehidupan manusia.

“Mengembangkan ilmu pengetahuan, tentunya salah satunya dengan cara penelitian. Tapi jujur belum tentu semua hasil penelitian dapat dirasakan masyarakat,” kata Ferdi.

Ia menegaskan hasil penelitian dosen harus disebarluaskan untuk semua masyarakat baik masyarakat Indonesia maupun Internasional.

“ini tujuannya tentu untuk lebih baiknya kehidupan manusia,” jelasnya.

# https://kuasakata.com/read/berita/44628-hendi-ajak-dosen-unika-soegijapranata-aktif-penelitian

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message