Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Hari Ini, Kampus Dua Unika Soegijapranata di BSB City Semarang Mulai Beroperasi

Unika Soegijapranata resmi mengoperasikan kampus kedua di BSB City, Mijen, Semarang, Mulai Senin (4/4/2022).

Rektor Unika Soegijapranata Ferdinandus Hindiarto didampingi Kepala Humas Franciscus Yuwono Agus mengajak langsung para wartawan mitra Unika untuk keliling fasilitas kampus (room tour). Ferdi mengajak wartawan keliling gedung lima lantai itu. 

Gedung tersebut memiliki fasilitas seperti kafe, aula, sejumlah ruang kelas, laboratorium teknologi pertanian, ruang Fakultas Kedokteran, working space, perpusatakaan, rooftop dan lain lain.

Ferdi menjelaskan kampus kedua itu digunakan untuk Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). Gedung itu dinamai dengan Gedung Fransiskus Asisi yang merupakan orang suci dalam gereja katolik.

“Hari ini secara resmi kampus kedua mulai digunakan. Ada dua fakultas yang menggunakan gedung ini yaitu FK dan FTP. Memang dua fakultas ini diarahkan menggunakan gedung ini sejak pertama kali dibangunnya gedung baru ini,” kata Ferdi kepada para awak media.

Ia menyebut pihak rektorat dan Yayasan Sandjojo sejak 2015 sengaja memilih kawasan BSB untuk pengembangan kampus.

“Di Bendan Duwur itu sudah tidak mungkin untuk pengembangan insfrastruktur. Lahan sudah habis. Sebenarnya ada sisa tapi tanah bergerak. Sehingga kita pilih di BSB,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa hanya ada dua fakultas yang berada di BSB karena keduanya membutuhkan lahan yang luas untuk praktikum selama kuliah.

“Secara keilmuan, cara belajarnya, akan lebih banyak praktikumnya. Karena praktikum, butuh lahan luas. Sehingga diputuskanlah dua fakultas ini yang berada di BSB,” terang dia.

Menurutnya, kampus di Bendan Duwur sudah tidak bisa dikembangkan untuk pembangunan Laboratorium praktikum.

“Sebenarnya bisa tapi vertikal. Saya itu pernah membayangkan kalau lapangan Futsal dan gedung Albertus saya bongkar dan saya jadikan gedung 20 Lantai. Ternyata itu tidak bagus untuk sebuah kampus. Kalau 20 lantai cocoknya untuk apartemen atau hotel,” tegasnya.

Secara bertahap kata dia, pada Juli 2022 kampus dua di BSB akan dilengkapi dengan gedung khusus Fakultas Kedokteran dan Laboratoriumnya. Ia mengakui tempat tersebut belum lengkap untuk menunjang Fakultas Kedokteran lantaran adanya revisi konsep gedung dari Kementerian Kesehatan.

“Mahasiswa Fakultas Kedokteran sudah kuliah disini tapi selama setahun kedepan masih praktek di kampus Bendan Duwur. Mereka masih riwa riwi kuliah dan praktikum. Kita sudah sediakan shutle untuk wira wiri. Selain itu, di Kampus BSB akan ada IPC (Inovate Program Cluster) dan rumah sakit,” tandas dia

Salah seorang mahasiswi FTP 2021 Atali Ivana mengaku senang menempati kampus baru itu. “Saya akhir akhir ini sudah sering ke Kawasan BSB City. Tempatnya bagus, rapai dan bersih. Beberapa temen temen saya dari beda fakultas di kampus lama pada pengen di kampus dua ini,” jelas. perempuan asal Sintang, Kalimantan Barat ini

Mahasiswa FK 2021 Valentino mengatakan gedung tersebut sangat bagus. Bangunan nampak modern. “Keren banget gedung baru ini. Disini bisa lihat pemandangan bagus. Saya berharap nanti perawatan gedung ini selalu baik agar tetap bagus,” jelasnya.

#https://kuasakata.com/read/berita/50214-hari-ini-kampus-dua-unika-soegijapranata-di-bsb-city-semarang-mulai-beroperasi

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 🇮🇩#KebangkitanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message