Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Dies Natalis ke-40 FEB: Adakan Serial Diskusi “Memacu Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan”

Dalam memperingati Dies Natalis ke-40 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata mengadakan serial diskusi dengan tema “Memacu Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan”. Alih-alih sebagai peringatan Dies Natalis, serial diskusi ini terbentuk sebagai wujud kontribusi civitas akademika FEB Unika Soegijapranata terhadap Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi.

Serial diskusi terbagi menjadi 4 sub-tema: ekonomi, keuangan dan investasi, akuntasi, dan manajemen. Setiap sub-tema diadakan pada tanggal dan waktu yang berbeda. Senin, 11 Juli 2022 membahas ekonomi. Rabu, 13 Juli 2022 membahas membahas keuangan dan investasi. Senin, 18 Juli 2022 membahas akuntasi. Dan hari terakhir, Rabu, 20 Juli 2022 membahas manajemen. Serial diskusi ini diadakan secara hybrid (daring maupun luring), acara luring berada di ruang Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, kampus Unika Soegijapranata.

Apelina Teresia S.Ak selaku koordinator serial diskusi mengatakan bahwa diskusi ini sebagai pemantik tumbuhnya ide-ide atau gagasan baru yang kelak dapat berguna bagi perekonomian Indonesia. Adapun sub-tema yang disuguhkan dalam diskusi itu juga berlandasan dari latar belakang fokus pembelajaran FEB Unika Soegijapranata.

“Sub-tema itu disesusaikan dengan program studi di FEB juga, karena di FEB itu ada Manajemen, Akuntasi, dan Perpajakan juga. Jadi diharapkan dari masing-masing progdi itu dapat mengkaitkan ilmunya ke tema besar ini yaitu memacu pemulihan ekonomi nasional menuju pertumbuhan berkelanjutan,” terang ketua koordinator.

Acara diskusi ini menjadi semakin menarik karena melibatkan dosen dan mahasiswa. Kali ini mahasiswa tidak hanya menjadi pendengar seperti ketika melakukan kegiatan kuliah, melainkan menjadi narasumber juga. Mahasiswa yang menjadi narasumber yakni Tim Capital Enterprise yang berisikan mahasiswa/i FEB yang telah meraih runner up Glow Mention 2022. Pada kesempatan ini. Capital Enterprise akan membagikan pengalamannya dalam mengikuti acara bergengsi itu.

Sementara itu, MG. Westri Kekalih S. S.E., M.E. selaku dosen manajemen FEB Unika dan narasumber acara hari pertama menyampaikan pesan bahwa sebaiknya dalam masa pemulihan ekonomi nasional ini tidak kemrungsu atau tergesa-gesa karena kita perlu memperhatikan kepentingan-kepentingan lainnya pula.

“Seiring sudah redanya Covid, dan pertumbuhan ekonomi yang sudah mulai positif. Namun kondisi kita saat ini, kan, inginya cepat untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Dalam tanda kutip, kondisi kita sekarang ini seperti kemrungsu, itu kadang-kadang kita akan mengabaikan yang sebenarnya penting. Diantaranya adalah ketika pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan mengeksploitasi SDA yang ada, pokoknya yang penting ini tumbuh,tumbuh, ndang sugih, kesejahteraan naik. Memang kesejahteraan naik, akan tetapi itu dilakukan dengan menggunakan sumber daya alam secara tidak bertanggung jawab demi kepentingan ekonomi ‘saja’ dan nanti itulah yang berbahaya. Jadi, artinya ekonomi itu penting, tetapi harapannya kepentingan ekonomini ini jangan kemudian meniadakan kepentingan sosial, kepentingan pelestarian lingkungan,” tutur dosen manajemen itu.

Apelina Teresia S.Ak juga mengundang dan mengajak para mahasiswa, dosen maupun masyarakat umum untuk ikut terlibat dalam serial diskusi yang akan datang pada 13, 18 dan 20 Juli yang akan datang. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link bit.ly/PendaftaranPesertaDS atau menghubungi 085643865523 (Apelina). (#dim)

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message