Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

FAD dan FITL SCU Bersama PUM Belanda Pantik Gagasan Revitalisasi Kali Semarang

Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) bersama Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan (FITL) Soegijapranata Catholic University (SCU) mengajak para praktisi dan akademisi dari berbagai lapisan masyarakat menggagas revitalisasi Kali Semarang. Bersama Programma Uitzending Managers (PUM) Netherlands, mereka berkumpul dalam Focus Group Discussion (FGD) di Gedung Thomas Aquinas, Kampus 1 SCU Bendan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin, 25 Maret 2024.

Ada sekitar 12 narasumber yang ikut berdiskusi dalam forum ini. Beberapa di antaranya yakni Ketua Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) SCU, Dr. Fl. Budi Setiawan dan Dekan FAD SCU, Dr. Robert Riyanto W.

Hasil diskusi mereka diharapkan dapat memantik berbagai ide kreatif dan inovatif guna mendukung proyek revitalisasi Kali Semarang. Sejalan dengan itu, FAD dan FITL SCU bersama PUM Netherlands akan menggelar Sayembara Revitalisasi Kali Semarang dalam waktu dekat. 

Sayembara Lanjutan

Sebelumnya, Program Studi Arsitektur SCU dalam Festival Kota Lama Semarang juga sempat menggelar sayembara sejenis. Kompetisi ini diselenggarakan pada 7-17 September 2023 lalu. 

Bukan hanya sebagai penyelenggara, Program Studi Arsitektur SCU patut berbangga karena keempat mahasiswanya berhasil menarik perhatian juri pada sayembara ini. Alhasil, tim tersebut berhasil membawa pulang piala pemenang. 

“Kami akan membuka sayembara ini kembali. Bukan untuk mahasiswa, melainkan untuk mereka yang lebih advance. Maka dari itu, kami membutuhkan desain guideline-nya,” ujar Dekan FITL SCU, Tyas Susanti, PhD. Maka dari itu, berbagai aspek terintegrasi yang mendukung revitalisasi Kali Semarang menjadi fokus pembahasan dalam forum diskusi ini. Beberapa contohnya seperti seperti budaya, perubahan alam, kondisi iklim, hingga kebijakan pemerintah. 

Kompleksitas Tinggi

Menurut Tyas, hal tersebut membuat revitalisasi Kali Semarang mempunyai kompleksitas yang tinggi. Bersamaan dengan itu, ia menilai pentingnya FGD ini guna mengerucutkan aspek tersebut.

“Banyak hal yang perlu kita perhatikan ketika berbicara tentang revitalisasi Kali Semarang. Perwakilan PUM Netherlands yang hadir, Jasper F. adalah ahli air yang akan memberikan saran terkait desain guideline sayembara,” jelas Tyas. 

Kolaborasi Bersama PUM Netherlands

Bukan pertama kalinya, sudah beberapa kali SCU berkesempatan berkolaborasi bersama PUM Netherlands. Sebelumnya, mereka banyak berkolaborasi dengan FAD SCU. Sebaliknya, kolaborasi bersama PUM Netherlands kali ini menjadi pertama kalinya bagi FITL SCU.

Berpusat di Belanda, sudah lebih dari 40 tahun para praktisi PUM Netherlands memberikan pendampingan di banyak bidang usaha di berbagai negara berkembang.  

Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO