Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Dorong Diversifikasi Kuliner Legendaris Kota Semarang, SCU Gelar Festival Kuliner

Ketahanan pangan menjadi isu yang selalu hangat untuk diperbincangkan. Salah satu wujudnya adalah Urban Farming Bodies, gerakan menanam sumber pangan di rumah atau tempat tinggal. Selain mengatasi krisis ketahanan pangan, Mellia Harumi, S.SI., M.SC, selaku Kepala Program Studi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata menjelaskan gerakan ini dapat membantu diversifikasi pangan serta peningkatan pangan lokal.

Ia menjelaskan isu ketahanan pangan dapat merembet kepada tantangan bagaimana mewujudkan pangan sebagai identitas sebuah kota, “Pangan kan (sangat) identik dengan kota ya, karena itu ada namanya gastronomic city branding, bagaimana itu bisa terus menerus sustain,” tambahnya. Banyaknya inovasi dan pengembangan produk tanpa mengurangi nilai dari pangan tersebut tentunya diperlukan dalam membangun identitas yang kuat dalam gastronomic city branding.

“Kota Semarang sendiri memiliki berbagai makanan legendaris yang tersebar di banyak lokasi,” ujar Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos., selaku Walikota Semarang.

SCU sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Jateng lewat FTP memberikan kepeduliannya dalam isu ini dengan diselenggarakannya SCU Food Festival pada Sabtu, 1 Juli – Minggu, 2 Juli lalu di Uptown Mall, BSB City, Semarang.

Mellia yang juga merupakan Ketua Panitia SCU Food Festival menjelaskan kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi music and art event tahunan mahasiswa FTP SCU, Funtastic, dengan festival pangan yang diselenggarakan oleh FTP SCU.

Sesuai dengan tema “Semarang Legendary Food” yang diangkat, kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kuliner legendaris Kota Semarang kepada para civitas akademika serta masyarakat luas, khususnya para generasi muda, “kita melihat potensi makanan legendaris bisa masuk ke dalam komunitas anak muda, tantangan tersendiri bagaimana cara mengemasnya,” ujar Mellia.

Kegiatan ini menghadirkan berbagai produk pangan lokal dari 25 UMKM Kota Semarang serta hasil inovasi makanan para mahasiswa FTP SCU sebagai bentuk pemenuhan tugas akhirnya dalam mata kuliah Kelompok Bisnis.

Selain UMKM, industri pangan yang telah lama menjalin kerja sama dengan FTP SCU juga turut memeriahkan event ini, antara lain Indofood, Djarum, Virgin Bakery, Nissin, Toko Oen, Jamu Borobudur, dan HortiMart.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pentas seni para dosen dan mahasiswa SCU, talk show “Kuliner Legendaris Semarang,” serta kompetisi makan cepat.

Food Fest ini menjadi awalan ya, untuk kita annual kita lakukan tiap tahunnya,” jelas beliau terkait harapan kedepannya kegiatan ini. [Humas SCU/Hil]

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024#HariBuruh

Acara yang Lain:

VIDEO