Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Bersama Universitas Filipina, FAD SCU Kembangkan Riset Pemberdayaan Perempuan dalam Desain dan Arsitektur lewat Collaborative Workshop

Sudah lama menjalin kerjasama, Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata bersama dengan Universitas Filipina, De La Salle University kembali menyelenggarakan Collaborative Workshop SCU x De La Salle University Das Marinas bertajuk “Empowering Woman,” yang berlangsung pada 22 Juni – 3 Juli 2023.

Dalam kegiatan ini, SCU kedatangan 13 mahasiswa Program Studi Arsitektur dan 4 mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) De La Salle University, didampingi dengan salah dua dosen mereka.

Bekerja sama dalam kelompok dengan masing-masing 10 mahasiswa Program Studi Arsitektur dan DKV SCU, nantinya mereka akan melakukan Field Study di Candi Prambanan serta Pasar Johar didampingi oleh masing-masing 10 mahasiswa dan dosen FAD SCU setelah sebelumnya mendapatkan materi dari Class Session.

Mengangkat tentang bagaimana pemberdayaan perempuan dalam bidang arsitektur dan desain bangunan, Field Study sendiri akan dilanjutkan sebagai project Understanding Women Needs in Johar Market Semarang” dan “Creating Women Friendly Design Space (Design Guideline) for Johar Market Semarang,” yang nantinya akan dipresentasikan oleh para mahasiswa dalam sesi Culture Night di hari terakhir sebagai penutup kegiatan ini.

Cindy Fiolita Graciela, S.Ds., M.Ars., selaku Ketua Panitia Collaborative Workshop sekaligus dosen Program Studi Arsitektur SCU menjelaskan isu tentang banyaknya para perempuan yang kehilangan pekerjaan dan anggapan bahwa perempuan yang tidak setara dengan laki-laki di Filipina menjadi latar belakang pemilihan tema workshop ini.

“Kita ingin mengusahakan bagaimana perempuan bisa berusaha kembali, lewat (pemberdayaan) UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan arsitektur,” tambahnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Alfons Christian Hardjana, S.Ds., M.A., selaku pemateri Class Session, sekaligus dosen DKV SCU mengungkap bahwa dalam sejarah desain grafis literasi tentang perempuan baru muncul sekitar tahun 1930-1960-an.

“Secara literasi baru, dari situ sampai sekarang ternyata pengaruh perempuan di DKV (bidang desain) itu banyak sekali, bukan hanya dalam masyarakat tapi juga sampai kerjasama luar negeri,” jelasnya terkait pengaruh perempuan serta karyanya dalam bidang desain.

Selain FAD, Rektor SCU, Dr. Ferdinandus Hindiarto, S.Psi., M.Si., menambahkan SCU juga bekerjasama dengan De La Salle University lewat Fakultas Psikologi, Teknologi Pertanian (FTP), Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Ilmu Komputer (FIKOM).

Beliau berharap workshop ini kedepannya dapat menguatkan serta mengembangkan hubungan kerja sama SCU dengan De La Salle University, “(karena) kolaborasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO