Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Bentuk Pengabdian Pada Masyarakat, SCU Lepaskan 556 Mahasiswa Jalani KKU dan KKS

Sebagai bentuk semangat Talenta Pro Patria Et Humanitate (Bakat/Talenta untuk Negara dan Kemanusiaan), Selasa, 9 Mei 2023 pagi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata menggelar upacara dalam rangka pelepasan mahasiswa untuk menjalani Kuliah Kerja Usaha (KKU) dan Kuliah Kerja Sinergis (KKS) di Lapangan Futsal Gedung Albertus, Kampus 1 SCU Bendan.

Upacara ini diikuti oleh 556 mahasiswa dari seluruh fakultas di SCU beserta jajaran LPPM dan 18 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang terdiri dari dosen baru dan dosen senior. Para mahasiswa ini nantinya akan diterjunkan di 10 kecamatan yang terdiri dari 30 kelurahan di Kota Semarang. 10 kecamatan tersebut meliputi Kandri, Kemijen, Mangunharjo, Tegalsari, Bululor, Sampangan, PSE Krapyak, PSE Bongsari, PSE Karangpanas, PSE Sambiroto, serta wilayah Lembaga Pendamping Usaha Buruh Tani Nelayan (LPUBTN), dan wilayah Center for Student Entrepreneurship (CSE) SCU.

556 mahasiswa ini dibagi menjadi 78 kelompok KKU yang akan mendampingi 76 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan 16 kelompok KKS yang akan mendampingi 3 Rukun Warga (RW) dan 16 Rukun Tetangga (RT) beserta dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Sebelumnya, mahasiswa peserta KKU dan KKS telah menjalani pembekalan sebelum diterjunkan ke wilayah dampingan pada Senin, 10 April sampai Selasa, 18 April lalu. Selain itu, sebelum dilepaskan, mahasiswa juga diminta untuk melakukan observasi ke wilayah dan mitra dampingan untuk mencari permasalahan disana agar dapat menemukan titik temu lewat diskusi bersama.

Kegiatan KKU/KKS yang dilaksanakan kurang lebih selama 10 minggu terhitung mulai dari tanggal pelepasan sampai 7 Juli 2023 ini nantinya akan ditutup dengan kegiatan Pameran serta Workshop di masing-masing wilayah dampingan bersama dengan masing-masing mitra.

Tidak cukup sampai disitu, setelah melaksanakan kegiatan KKU/KKS mahasiswa juga akan melaksanakan Refleksi KKU/KKS selama kurang lebih seminggu pada tanggal 20 sampai 27 Juli 2023 mendatang untuk menggali dan merefleksikan pelajaran serta manfaat apa yang mereka dapatkan selama menjalankan KKU/KKS.

Sama seperti semester sebelumnya, Kepala Pusat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) SCU, Rudy Elyadi, S.E., M.M., menjelaskan tema kegiatan KKU/KKS periode ini adalah “Pendampingan Mitra dengan Sukacita,” “tetap semangat dan dampingi mitra dengan penuh sukacita, serta jaga nama baik Unika (SCU),” pesan beliau kepada para mahasiswa peserta KKU/KKS.

Wakil Rektor Bidang Inovasi, Riset dan Publikasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Robertus Setiawan Aji N, ST, MComIT., Ph.D, melihat KKU/KKS sebagai bentuk kontribusi mahasiswa dalam pengabdian di masyarakat, “karena ini sebuah aplikasi dari apa yang telah dipelajari selama ini, mari kita bawa ke masyarakat, mari kita praktekan,” lanjutnya.

Aji mengingatkan kepada mahasiswa untuk tidak menganggap kegiatan KKU/KKS sebagai kegiatan yang normatif, “pokoknya jalan, pokoknya selesai, lulus, saya kira ini menjadi medan bagi teman-teman (mahasiswa) semua untuk merasakan, kira-kira nanti kedepan tantangan saya seperti apa,” tambahnya.

Beliau juga berharap pada mahasiswa untuk bukan hanya menjaga nama baik SCU, tetapi juga membawa suasana unggul dan sukacita, “yang paling tidak selama satu tahun ini kami sungguh berharap sukacita itu dapat dirasakan,” lanjutnya.

Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO