Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Gandeng UMBY dan Atma Jaya, Psikologi SCU Kembangkan Alat Tes Neuropsikologi

Fakultas Psikologi dari Soegijapranata Catholic University (SCU), Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dan Unika Atma Jaya Jakarta sedang dalam proses mengembangkan alat tes neuropskologi.

Ketiga perguruan tinggi tersebut berkolaborasi untuk mengadaptasi sekaligus memvalidasi alat tes fungsi pengukuran neuropsikologi, Rey Auditory Verbal Learning Test (RAVLT). Tim tersebut dipimpin oleh dosen Fakultas Psikologi SCU, Margaretha Sih Setija Utami, MKes.

Sekilas Tentang Neuropsikologi

Neuropsikologi sendiri merupakan cabang ilmu psikologi klinis yang mempelajari hubungan antara struktur dan fungsi otak dengan proses dan perilaku psikologi.

“Bagaimana rasa sakit diolah di otak, bagaimana mengukur rasa sakit, dan bagaimana neuropsikologi dapat membantu merubah pengalaman terhadap rasa sakit,” jelas dosen Fakultas Psikologi SCU, Daniswara A. Wijaya, MPsi, Psikolog.

Latar Belakang

Awalnya, penelitian tersebut diinisasi oleh SCU, Unika Atma Jaya Jakarta, dan Radboud University Nijmegen Belanda pada 2016. Selama 2 tahun, pengembangan alat tes tersebut didanai oleh Erasmus Grant+.

Pengembangannya pun meluas ke seluruh Indonesia dan berkesempatan mendapatkan Dana Hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) selama 2 tahun. DIKTI pun kembali memberikan dana hibah untuk automasi scoring dan sistem komputerisasi alat tes tersebut selama 2 tahun berikutnya, yaitu 2021-2023.

“Tujuan spesifiknya adalah menghasilkan tes yang sensitif dengan budaya. Jadi hasil scoring bisa adil untuk konteks Indonesia yang sangat beragam dari sisi budaya,” jelas Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kerja Sama Fakultas Psikologi SCU, Dr. Augustina Sulastri.

Tidak seperti sebelumnya, Dr. Augustina menuturkan tahap pengembangan alat tes tersebut bakal didanai secara mandi oleh ketiga perguruan tinggi. Lebih lanjut, ia menuturkan kerja sama terkait hal tersebut akan berlangsung hingga 2025 mendatang.

Kolaborasi Kembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Hal tersebut tertuang dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reny Yuniasanti, PhD, Psikolog dan Dekan Fakultas Psikologi SCU, Dr. Kristiana Haryanti. Bersamaan dengan itu, kedua dekan dari masing-masing perguruan tinggi juga ikut menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 2 Mei 2024 di Kampus UMBY.

Melalui nota kesepahaman tersebut, kedua fakultas dari kedua universitas sama-sama sepakat untuk meningkatkan kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beberapa yang telah terealisasi di antaranya pertukaran dosen serta riset bersama.

“Sudah ada kerja sama, tetapi dilakukan secara informal atau personal atau sporadis. Agenda unggulannya adalah peningkatan kuantitas dan kualitas kerja sama nasional untuk Fakultas Psikologinya SCU,” tambah Dr. Augustina.

Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨#IdulAdha#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰Daftar onlinepmb.unika.ac.id#DKV#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Ini dia alasan kenapa mahasiswa SCU gak perlu nunggu lama buat dapetin pekerjaan setelah lulus kuliah. Yuk, banyak perusahaan yang siap bekerja sama denganmu. Sampai tanggal 8 Juni 2024 di Gedung Mikael lt 1.Daftar onlinepmb.unika.ac.id#JobFair#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO