Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

FTP SCU Jalin Kerja Sama dengan PT. Beana Kurnia Jaya

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Soegijapranata Catholic University (SCU) menjalin kerja sama dengan PT. Beana Kurnia Jaya. Kerja sama tersebut ditegaskan kembali dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU), penandatanganan MoU dilakukan di Gedung Fransiskus Asisi, Kampus 2 SCU BSB, pada Rabu 31 Januari 2024. MoU ini ditandatangani oleh Dr. Dra. Laksmi Hartajanke, M.P selaku Dekan Fakultas Teknologi Pertanian bersama dengan Rudy Kurniawan Pranoto, S.TP. selaku Direktur PT. Beana Kurnia Jaya yang merupakan alumnus Program Studi Teknologi Pangan SCU.

PT. Beana Kurnia Jaya sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kopi dan sudah berdiri sejak tahun 2018, kantornya berada di Kota Semarang.

Mata Kuliah Pilihan, Teknologi Kopi

Salah satu bentuk kerja sama yang akan dilakukan FTP SCU dan PT. Beana adalah menambahkan Mata Kuliah Pilihan (MKP) baru yaitu Teknologi Kopi. MKP ini akan dilaksanakan di semester gasal tahun akademik 2024. Dekan FTP menjelaskan bahwa tujuan dari MKP baru ini untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang dunia kopi. “Nantinya mahasiswa bisa belajar tentang kopi lebih dalam , karena dilihat kopi kan lagi hype ya sekarang dikalangan anak muda jadi dirasa program ini akan bermanfaat, ” ujar Dekan Fakultas Teknologi Pertanian tersebut. MKP Teknologi Kopi ini akan diampu oleh dosen dari SCU dan juga praktisi dari PT. Beana Kurnia Jaya yang siap membagikan pengalamannya dalam dunia kopi.

Melalui MKP ini nantinya mahasiswa akan mempelajari tentang kopi dari proses pasca panen, dari hulu ke hilir lalu membedakan kopi arabika, robusta dan excelsa. Mahasiswa juga akan mendapat bagaimana cara melakukan roasting dan brewing, harapannya adalah mahasiswa bisa mengerti kopi yang baik itu seperti apa, hal apa saja yang harus diperhatikan agar nantinya bisa menjadi kopi yang siap dinikmati. “Kita memberi edukasi ini agar nantinya kalau ada yang mau terjun ke industri kopi, ke cafe, owner restaurant itu mereka bisa mengerti tentang kopi yang baik dan bisa menghasilkan kopi yang bagus juga” ujar Rudy.

Tak hanya berhenti dengan mengadakan mata kuliah Teknologi Kopi, kerja sama antara FTP dan PT. Beana Kurnia Jaya ini juga nantinya akan mengembangkan beberapa penelitian di bidang kopi seperti pembuatan wine kopi yang proses pembuatannya tergolong cukup rumit. Nantinya kedua belah pihak juga akan mengadakan program magang dan Kuliah Praktik (KP) di PT. Beana Kurnia Jaya untuk mahasiswa dari program studi Teknologi Pangan.

Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Kamis Putih #KamisPutih#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. #PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO