Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

FIKOM SCU Persiapkan Mahasiswa Terjun ke Dunia Kerja

Prof. Ridwan Sanjaya, Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) Soegijapranata Catholic University (SCU) menilai pentingnya mahasiswa dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja. 

Institutisinya menjembatani mahasiswanya dengan dunia kerja lewat program magang. Program magang sendiri merupakan mata kuliah wajib di FIKOM SCU sejak pertama kali didirikan. Mereka akan mengambil program ini setelah beranjak ke semester 5 masa studinya. “Bahkan sebelum adanya program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM), kami sudah menerapkannya. Jadi ya bagi kami itu sesuatu hal yang biasa di fakultas kami,” ujarnya.

Prof Ridwan melihat magang sebagai media bagi mahasiswa untuk merasakan dunia kerja terlebih dulu sebelum lulus. “Dalam prosesnya mahasiswa bisa menemukan inti dan nikmatnya bekerja seperti apa, pola bekerja yang enak yang bagaimana,” tambahnya.

Lebih lanjut, menurutnya magang dapat mendorong mahasiswa untuk lebih beradaptasi dengan lingkungan kerja. “Melatih mahasiswa untuk tahan banting dan tahan uji, karena sudah terbiasa dengan situasi kerja seperti apa,” tambah Prof Ridwan.

Sejalan dengan itu, Stephanie Inggrit Swastini Dewi, MBA, dosen FIKOM SCU menilai mahasiswa harus dilatih untuk membangun pengalaman kerja sebelum lulus. “Jadi tidak abstrak. Agar mereka punya bayangan seperti apa proyek-proyek yang bakal diberikan, agar mereka punya gambaran. Sehingga teori saya tidak cukup,” ujarnya.

Lewat program magang juga, mahasiswa bisa mendapatkan penawaran bekerja di perusahaan yang bersangkutan. 

Dalam mempersiapkan program ini, FIKOM SCU menghadirkan berbagai pilihan perusahaan yang nantinya bisa dipilih mahasiswa sebagai tempatnya magang. Perusahaan tersebut hadir di tengah mahasiswa FIKOM SCU dalam acara Internship Fair. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis (30/11) di Theater Thomas Aquinas, Kampus 1 SCU Bendan. 

Internship Fair rutin diselenggarakan FIKOM SCU sebagai media dalam menjembatani mahasiswa dengan perusahaan. Bersamaan dengan itu, adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat mempermudah proses rekrutmen yang dilakukan. 

Selain mahasiswa, kegiatan ini juga mengundang antusiasme para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Semarang, salah satunya SMK 1 Nusaputera.

Ada 9 perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beberapa di antaranya PT Mitra Kasih Perkasa, PT Buana Online Sejahtera, PT Sinergi Merah Putih, Pura Group, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah.

FIKOM SCU juga mendatangkan International Association of Students in Economic and Commercial Sciences (AIESEC). Hal ini merupakan upaya FIKOM SCU dalam memperkenalkan kesempatan magang di luar negeri yang sedang terbuka lebar.

Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Kamis Putih #KamisPutih#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat dan Sukses atas Kelulusan Ujian Doktor Ilmu Manajemen Dr. Bhimo Widyo Andoko. S.H., M.H di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. #PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO