Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Tak Sekadar Aksesori Jalan

image

PENGAMAT transportasi Unika Soegijapranata, Djoko Setijowarno menekankan aspek utama trotoar adalah fungsional. Sebagus apapun trotoar, bila mengabaikan fungsi utama, hanya akan menjadi aksesori jalan dan menyengsarakan warga. ”Dulu trotoar bagus-bagus di Surabaya dan di Bandung. Tapi licin, sehingga pejalan kaki terpeleset. Dilihat memang tekturnya bagus, tetapi kan bahaya kalau pejalan kaki jatuh. Setelah itu dibuat lebih kasat. Tapi daerah lain yang meniru belum berpikir soal tingkat kekasatan. Hal itu dijumpai juga di Kota Semarang, tetapi sekarang sudah tidak,” ungkap dia.

Dia melihat semula tren trotoar itu estetis. Bertumpu pada keindahan. Tapi sekarang bergeser ke fungsional, karena trotoar diperuntukkan untuk semua warga. Fasilitas untuk disabilitas juga perlu diperhatikan. ”Jangan sampai trotoar itu kaya estetika tapi miskin fungsi. Ini pekerjaan rumah bersama menjadikan trotoar milik semua,” kata dia.

Beberapa fungsi trotoar yang telah ada di luar negeri seperti di Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok, layak untuk diadaptasikan di Kota Semarang. Di antaranya dari aspek alas trotoar yang menggunakan bahan sederhana dan menyerap air, fasilitas sepeda, pagar pembatas jalan, kursi, pohon peneduh dan lampu penerangan.

http://www.suaramerdeka.com, Suara Merdeka 6 April 2018 hal. 28

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 🇮🇩

#KebangkitanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message