English Bahasa Indonesia

SEL Unika Hadirkan Fashion Show Bahan Daur Ulang

Car free day (CFD) di kota Semarang telah dilaksanakan cukup lama, dan biasanya dijadikan tempat berolahraga serta berjalan-jalan bagi seluruh warga kota semarang. Hiruk pikuk orang berolahraga sudah biasa terlihat, namun hari Minggu (25/9) lalu menjadi terlihat berbeda, pasalnya terdapat kegiatan Fashion Show dari barang-barang bekas yang digagas oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Soegijapranata Echo Life (SEL) di CFD Simpang Lima Semarang.

Kegiatan UKM SEL ini dalam bentuk Green Creativity Campus in Carnival dengan mengusung tema utama, yakni The Beauty of Recycling Carnival. Bekerja sama dengan pihak penyelenggara Semarang Night Carnival, panitia berusaha menampilkan busana dari bahan bekas. Menurut ketua Panitia Naila Nurina, kegiatan GCC di luar kampus ini baru pertama kali diselenggarakan oleh UKM tersebut,

Green Creativity Campus ini biasanya kami selenggarakan didalam kampus dan hanya untuk internal kampus saja, namun untuk tahun ini kami mencoba hal yang berbeda dengan menampilkan Fashion Show yang kostumnya terbuat dari barang-barang bekas. Hal tersebut dengan tujuan ingin menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya menjaga lingkungan dengan mendaur ulang limbah, khususnya limbah sampah yang bisa terurai menjadi barang yang memiliki nilai guna serta estetika kembali” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pembina UKM SEL, Hotmauli Sidabalok, SH., CN., M.Hum menuturkan bahwa kegiatan GCC ini telah berlangsung sejak 4 tahun yang lalu, dan pada tahun ke empat ini, diselenggarakan berbeda dari yang biasanya,

“GCC sudah dilaksanakan 4 tahun terakhir. Kami pernah menyelenggarakan kegiatan Gembes Day atau yang lebih dikenal Tumblr Day, hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan sampah air minum dalam kemasan sekaligus kita mempromosikan Go Green kepada civitas kampus. Kegiatan lain yang juga mendukung Go Green di kampus juga kami menyelenggarakn kegiatan Cabut Paku di Pohon.”

Lomba Mewarnai dan Fotografi

Tak hanya kegiatan Fashion show yang ada dalam kegiatan Green Creativity Campus, namun juga terdapat berbagai lomba yang juga melibatkan masyarakat umum, yaitu lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa TK, lomba fotografi yang diikuti oleh kalangan umum serta lomba kostum serta fashion show yang diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar SMP, SMA hingga Mahasiswa.

Dalam Lomba Fashion Show, peserta melenggang diatas karpet dan memamerkan busana hasil kreasi mereka dari barang-barang bekas. Beberapa indikator yang dinilai dalam lomba ini adalah kreativitas yang ditumpahkan dalam busana mereka serta bagaimana barang-barang yang digunakan oleh mereka benar-benar dari barang daur ulang.

Salah satu pemenang dari Lomba Fashion Show, Ilham Adipratama yang berasal dari SMA Negeri 10 Semarang menuturkan bahwa ia ingin mengikuti kegiatan ini karena memiliki kesan unik tersendiri,

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena ini adalah hal yang baru pertama saya coba untuk membuat kostum dari bahan daur ulang. Selain itu saya juga ingin mempromosikan kepada masyarakat agar lebih bijak dalam mengelola lingkungan alam, khususnya dalam mengelola limbah. Kita harus kreatif untuk menjadi berbeda dengan yang lain” tuturnya.

Facebook Comments