English Bahasa Indonesia
Misa Harian setiap hari Senin-Jumat pukul 12.00 di Kapel Unika Soegijapranata

UKM Resimen Mahasiswa Batalyon 919 / Pamungkas

image

Pengertian UKM Resimen Mahasiswa

Resimen Mahasiswa (disingkat Menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa). Markas komando satuan Menwa bertempat di perguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Anggota Menwa (wira) di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung d ibawah rektorat.


Tujuan UKM Resimen Mahasiswa

  • Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, sikap disiplin, fisik dan mental serta berwawasan kebangsaan agar mampu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional.
  • Sebagai wadah penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam Bela Negara.
  • Mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam Sistem Pertahanan Rakyat Semesta (SISHANRATA).


Sejarah UKM Resimen Mahasiswa

MENWA merupakan organisasi pembelaan negara sebagai wujud cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pancasila dan UUD 45. Menwa berbeda dengan TNI maupun organisasi sipil lainnya. Menurut catatan sejarah Menwa, perjalanan MENWAselama ini dipenuhi dengan semangat heroisme dan patriotisme bela negara. Sejarah panjang MENWA dimulai dari 58 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1942, zaman pendudukan Jepang.

Cikal bakalnya bernama GAKUKOTAI, yang bersama-sama PETA, SEINENDAN, memulai titik balik sejarah bangsa Indonesia untuk lepas dari penjajah. Pada masa perang kemerdekaan, 1945-1952, bernama Tentara Pelajar (TP). Wajib Latih ini dibubarkan pada tahun 1960. Dan pada tahun 1963 atas inisiatif mahasiswa dan persetujuan pemerintah, kemudian diatur Wanpahankam No. M/A/20/1963, waktu itu dibentuklah salah satu wadah yang dinamakan Resimen Mahasiswa (MENWA) sampai sekarang ini. Jadi dari lahirnya dari tahun 1963 sampai sekarang kurang lebih sudah 38 tahun.

Kehidupan MENWA selama ini dipenuhi dengan berbagai macam gejolak dan perubahan. Sekitar tahun 1965, MENWA tugas MENWA adalah menghancurkan basis-basis PKI yang beraliansi dengan kelompok-kelompoknya di kampus. Saat ini, tugas Menwa sekarang ini adalah sebagai pasukan pembela Tanah air yang beranggotakan para mahasiswa. Menwa saat ini berlandaskan pada keputusan bersama tiga Menteri, yakni : Menteri Pertahan, Pendidikan Nasional, Menteri Dalam Negeri Nomor: Kep/39/Xi/1975,0246a/U/1975247 tahun 1975, serta otonomi daerah dengan nomor : KB/14/M/X/20006/KB/200039 A Tahun 2000 Tentang pembinaan dan pemberdayaaan resimen Mahasiswa dalam hal pembelaan Negara.


Sesanti

Widya Castrena Dharma Siddha

Yang mengandung arti filosofis:

Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan


Panca Dharma Satya

  • Kami adalah mahasiswa warga Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
  • Kami adalah mahasiswa yang sadar akan tanggung jawab serta kehormatan akan pembelaan negara dan tidak mengenal menyerah.
  • Kami Putra Indonesia yang berjiwa ksatria dan bertakwa kepada Tuhan Yang Mahaesa serta membela kejujuran, kebenaran dan keadilan.
  • Kami adalah mahasiswa yang menjunjung tinggi nama dan kehormatan Garba Ilmiah dan sadar akan hari depan Bangsa dan Negara.
  • Kami adalah mahasiswa yang memegang teguh disiplin lahir dan batin, percaya pada diri sendiri dan mengutamakan kepentingan Nasional di atas kepentingan pribadi maupun golongan.


Program Pelatihan

  • Program Pelatihan Berjenjang
    1) Latihan Dasar Resimen Mahasiswa (Latsar Menwa)
    2) Kursus Kader Pelaksana (Suskalak)
    3) Kursus Kader Pimpinan (Suskapin)
  • Pendidikan Khusus
    1) Kursus Dinas Staf (KDS)
    2) Kursus Pembinaan Mental (SUSBINTAL)
    3) Kursus Pelatih (SUSPELAT)
    4) Kursus Inteligen dan Pengamanan (SUSINTELPAM)
  • Pendidikan dan Latihan Kecabangan Khusus
    1) Latihan Pemantapan Siaga Operasi Penanggulangan Bencana & Pengungsi (LATTAPSIOPS PBP)
    2) Pendidikan Provoost (DIKPROV)
    3) Latihan Kepemimpinan Putri (LATPINTRI)
    4) Pendidikan Polisi Menwa (DIKPOLMEN)
    5) Pendidikan Koperasi Menwa (DIKKOPMEN)
    6) Latihan Jurnalistik dan Kehumasan (LATJURMAS)
  • Latihan Spesifikasi/Kemampuan Olah Keprajuritan
    1) Menembak
    2) Bela Diri
    3) Terjun Payung
    4) Scuba Diving
    5) Mounteneering
    6) Search and Rescue(SAR)
    7) Navigasi darat
    8) Survival, dll

image


Foto – Foto Kegiatan

clip_image008clip_image002

clip_image004clip_image006

clip_image002[4]image

 

Facebook Comments