Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Fakultas Ilmu Komputer Adakan Internship Fair 2022

Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata mengadakan “Internship Fair FIKOM 2022” pada 2-3 Juni 2022 di Gedung Henricus Constant.

Acara ini diselenggarakan untuk mewadahi sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja, khususnya melalui program magang. Harapannya mahasiswa dapat mempunyai gambaran bagaimana dunia industri yang nantinya akan Ia hadapi.

Acara ini berlangsung 2 hari, pada hari pertama perusahaan melakukan presentasi kepada mahasiswa kemudian di hari kedua, perusahaan akan mengadakan proses rekruitmen. Model rekruitmen disesuaikan seperti model rekrutimen tenaga kerja. Sehingga mahasiswa dipersiapkan untuk betul-betul memposisikan diri terjun di dunia kerja.

Pada Intership Fair 2022 kali ini diikuti 7 perusahaan ternama di Jawa Tengah dan Jakarta yaitu, PURA BARUTAMA, CBN, SemIs, Rect Media, Buana Online, Bina Busana, dan Mitra Kasih Perkasa (MKP mobile). Yang mempunyai fokus ke bidang ilmu Teknologi Informasi.

Mahasiswa yang mengikuti acara ini merupakan mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika angkatan 2019 dan 2020, pada semester 4 dan 6 yang nantinya pada semester yang akan datang mereka sudah siap untuk memasuki masa magang.

Bernardinus Harnadi, ST., MT., Ph.D., Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata menyebutkan bahwa Program Magang sebetulnya telah menjadi budaya di FIKOM Unika Soegijapranata bahkan sebelum berlakunya Kurikulum Merdeka Belajar. Sejak awal berdirinya, FIKOM menerapkan program magang sebagai bagian dari mata kuliah dan mempunyai bobot SKS.

Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata menetapkan bahwa program magang dilakukan selama 6 bulan atau bahkan bisa diperpanjang sampai 1 tahun. “Harapannya mahasiswa dapat memperoleh pengalaman, bukan hanya teori melalui perkuliahan, namun juga bagaimana praktek dan realita di dunia kerja.” ujar Hironimus Leong, S.Kom., M.Kom, Koordinator Acara.

“Rata-rata mahasiswa yang magang di perusahaan itu juga mengambil skripsi juga dari perusahaan itu, bahkan juga ada yang bekerja di perusahaan tersebut.” tambah Leong.

“Bahkan magang ini juga bisa dijadikan bahan untuk skripsi.” ucap Erdhi Widyarto Nugroho, ST., MT. Selaku Koordinator Acara.

“Internship ini sebagai jembatan antara dunia kerja dengan lulusan mahasiswa.” ujar Burhan, Manager Rekruitmen PT. Pura Barutama. Sebagai salah satu perusahaan yang terlibat dalam Internship Fair FIKOM 2022 ini, PT. Pura Barutama mendukung penuh adanya program magang. Dan sebagai bagian dari industri, Pura juga membutuhkan bibit unggul untuk dapat berkarya bersama kedepannya terkhusus dalam bidang Teknologi Informatika “IT menjadi background produksi kami, sehingga kedepannya yang berhubungan dengan IT itulah yang kami butuhkan.” tutup Burhan.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata, Kenny Gavriel Susanto menyambut baik adanya Internship Fair ini.

“Lumayan ini ada Internship Fair jadi kita gak kaget ketika masuk dunia kerja. Kita juga merasa terfasilitasi oleh kampus untuk mencari tempat kerja,” kata Kenny. (Cis)

 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus #KenaikanYesusKristus#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨#HUTSemarang#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨#HariPendidikanNasional#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message