Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search
Close this search box.

Fakultas Teknologi Pertanian SCU Gandeng Beberapa Perusahaan Besar dalam Food Business Forum

Sebagai salah satu upaya yang dapat menjembatani dunia pendidikan dengan dunia industri, Fakultas Teknologi Pertanian SCU mengadakan Food Business Forum dengan tema “Role of Ink in Food Packaging: Product Safety and Circularity yang bertempat” di kampus BSB pada Jumat, 14 Juli 2023 sekitar pukul 17.00 hingga 20.30 WIB.

Dekan FTP, Dr. Dra. Laksmi Hartajanie, MP, menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini sebagai salah satu upaya membangun hubungan yang baik dengan perusahaan, “Acara ini diadakan untuk menjembatani dunia pendidikan dengan dunia industri supaya kita tahu apa yang dibutuhkan oleh industri dan dapat kita sesuaikan  dengan kurikulumnya, sehingga pada saat lulus mahasiswa bisa langsung kerja. Jadi nanti ada pengusaha datang, bisa lihat kurikulum kita seperti apa, kemudian nanti ada sesi diskusi yang bisa memberikan gambaran ke kita apa sih yang dibutuhkan penguasa”, jelasnya.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan FTP yang sempat terhenti akibat pandemi covid-19, namun mulai kembali dijalankan di tahun 2023 ini. Dalam sesi pemaparan materi, diisi oleh Inezia Aurelia S. Si, MM yang merupakan seorang Head of Product Safety and Responsibility, SEA di PT. Siegwerk Indonesia dan dipandu oleh moderator Inneke Hantoro, STP. M.Sc yang merupakan Food Safety & Integrity Research Group, FoodTech, SCU. Acara ini dihadiri sekitar 30 perusahaan besar, beberapa diantaranya seperti PT. Djarum, Bandeng Juwana, PT. Karya Ciptanyata Wisesa, Ketua Perkumpulan Penyelenggaraan Jasaboga Indonesia (PPJI), dan perusahan besar lainnya. Dihadiri pula jajaran rektorat, dekan, beberapa Kepala Program Studi yang topiknya sejalan dengan teman acara, dan perwakilan dari ormawa fakultas. Mereka yang hadir juga ikut berdiskusi membahas penggunaan tinta seperti apa yang aman dalam kemasan produk.

“Di Indonesia sendiri, BPOM masih mengijinkan penggunaan tinta kemasan yang mengandung zat adiktif, padahal tinta dengan kandungan tersebut bisa menyebabkan bau yang tidak sedap sehingga mudah terkontaminasi dengan produk. Nah hal ini nanti yang akan kita sampaikan dalam forum diskusi,” jelas Dekan FTP.

Mellia Harumi, S.Si., M.Sc., selaku ketua panitia acara berharap melalui penyelenggaraan Food Business Forum ini dapat terbentuk jejaring baru antar sesama pengusaha maupun pengusaha dengan institusi pendidikan, “FTP berusaha menjadi penghubung para industri pangan untuk bisa berkumpul, mendapatkan jejaring, dan memperoleh ilmu yang baru terkait dengan industri pangan. Dalam hal ini Fakultas Teknologi Pangan SCU juga berkesempatan untuk mengetahui isu terkini dalam industri pangan yang nantinya juga mengarah pada timbulnya hubungan kerjasama antara fakultas dengan industri pangan terkait dengan student mobility, magang dan kerja praktek”, tutur Mellia.

Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁Daftar onlinepmb.unika.ac.id#BeasiswaKuliah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?Daftar onlinepmb.unika.ac.id#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨#Paskah#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung #JumatAgung#PTSTerbaikJawaTengah#JoyfulCampus#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO