Pages

SCU Dampingi SMA Pangudi Luhur Yogyakarta dalam Penguatan Branding Sekolah

SCU Dampingi SMA Pangudi Luhur Yogyakarta dalam Penguatan Branding Sekolah

Soegijapranata Catholic University (SCU) menyambut kedatangan perwakilan SMA Pangudi Luhur (PL) Yogyakarta di Gedung Mikael, Kampus 1 SCU Bendan pada Jumat, 3 Oktober 2025. Kedatangan Benediktus Banik Pribadi, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan) dan Theresia Widayanti, S.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Humas) disambut Dr. dr. Gregorius Yoga Panji Asmara (Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama),  Peter Ardhianto, PhD (Kepala Divisi Markom), serta Tim Gabungan Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Ilmu Komunikasi SCU.

Pertemuan ini dilakukan dalam rangka penjajakan pendampingan proses penguatan branding sekolah. Rencananya, tim yang beranggotakan Louis Cahyo Kumolo Buntaran, MM dan Agnes Indah S, MIkom (Dosen DKV) serta Samantha Claudia Luhukay, MIKom (Dosen Ilmu Komunikasi) akan memulai pendampingan dalam waktu dekat dengan fokus pada pengenalan identitas dan potensi sekolah untuk mendukung strategi komunikasi dan brand activation. Kegiatan ini bertujuan membantu pihak sekolah memperkuat strategi komunikasi dan citra lembaga pendidikan.

Pendampingan tahap awal bersifat pengenalan, di mana tim SCU bersama pihak sekolah melakukan pemetaan persoalan mendasar terkait identitas dan komunikasi sekolah. “Mereka sebenarnya tidak memiliki masalah serius dalam hal jumlah siswa, tetapi sudah menyadari pentingnya branding yang kuat agar lebih dikenal masyarakat,” ungkap Louis.

Tim pendamping memberikan arahan mengenai identifikasi nilai dan keunikan sekolah, strategi komunikasi, hingga pengenalan dasar tentang SEO dan brand activation. Proses pendampingan akan berlangsung selama satu semester, dimulai dari asesmen hingga pengisian formulir internal sebelum kunjungan resmi ke sekolah pada November 2025 mendatang.

Hasil pendampingan ini akan menjadi dasar bagi SMA PL dalam menentukan strategi branding yang tepat, termasuk kemungkinan melakukan rebranding atau kampanye komunikasi. “Rebranding bukan selalu solusi utama. Bisa jadi yang dibutuhkan adalah penguatan strategi komunikasi dan marketing channel yang tepat,” tambah Louis.

Selain sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat, kegiatan ini juga menjadi bentuk perhatian SCU dalam mendukung institusi pendidikan, khususnya dalam memperkuat citra dan daya saing sekolah agar tetap relevan dengan dinamika pendidikan saat ini.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp