Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Psychology For Humanity; Mahasiswa Fakultas Psikologi SCU Kunjungi Panti Asuhan dan Panti Wredha di Semarang

BEM Fakultas Psikologi Soegijapranata Catholic University (SCU) atau yang biasa dikenal dengan Unika Soegijapranata menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan nama Psychology For Humanity (Psyforty). Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan BEMF PSI Departmen Kesejahteraan Masyarakat di Fakultas Psikologi SCU. Acara ini diikuti oleh beberapa mahasiswa psikologi angkatan 2020 hingga 2022 dan sejumlah masyarakat umum dengan rentang usia 17- 25 tahun.

Dalam kegiatan ini,  BEMF PSI juga berkolaborasi bersama komunitas muslim sosial HoreHeroes dengan konsep Psyforty X HoreHeroes yang dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2022 di Panti Asuhan Darul Qur’An Al Mamun Semarang. Acara bersama HoreHeroes ini diisi dengan pembukaan dan pengenalan seputar gambaran besar tentang Art Therapy, fakta yang ada pada penelitian dan masyarakat, serta cara menghindari dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari fakta tersebut. Art Therapy pada pembahasan tersebut lebih difokuskan pada Self Love yang mampu memberikan pengetahuan  seputar pentingnya mencintai diri sendiri dengan merasa lebih percaya diri, bersyukur, tidak memandang bahwa semua itu harus sama, harus sempurna, dan pentingnya untuk menjadi diri sendiri.

Sesi katarsis yang disampaikan melalui Art Therapy dilakukan dengan membiarkan anak-anak panti menggambar pada kertas yang telah disediakan. Pada kegiatan ini anak-anak panti asuhan belajar mengekspresikan perasaan, angan-angan, dan memproyeksikan kemampuan visual melalui karya, serta menceritakannya melalui Forum Group Discussion (FGD). Pada sesi akhir Art Therapy, mengundang pembicara untuk memberikan afirmasi positif kepada anak-anak panti asuhan dan ditutup dengan games, serta awarding.

Acara lain dari Psyforty dilaksanakan di Bulan Ramadhan pada tanggal 15 April 2023. Dalam acara ini, mahasiswa psikologi mengunjungi lansia dengan mengadakan kegiatan menghias donat, karaoke, dan bincang seru bersama para lansia di Panti Wredha Rindang Asih II. Para lansia dengan antusias menceritakan bagaimana suasana di Panti Wredha, apa saja kebiasaan mereka, dan apa alasan mereka berada di Panti Wredha tersebut. Kunjungan ke Panti Wredha ini dilakukan agar  para lansia yang tinggal di sana tidak merasa kesepian dan  ada teman untuk bercerita.

Para lansia yang ikut dalam kegiatan tersebut merasa terhibur dan berantusias dalam setiap sesinya. Namun, kegiatan ini tidak bisa diikuti oleh semua lansia yang ada di panti tersebut karena alasan kesehatan yang dimiliki. Disamping itu, pengabdian masyarakat yang dilakukan BEMF PSI pada bulan puasa dilakukan dengan cara berbagi makanan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Semarang, khususnya pengemis, pengamen, tukang sapu, serta tukang parkir. Pada kegiatan ini melibatkan beberapa perwakilan dari Senat dan BEM Fakultas Psikologi SCU.

Dengan adanyan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan sisi kepedulian para mahasiswa psikologi terhadap sesama yang membutuhkan, baik moril maupun materil.

 

Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Acara yang Lain:

VIDEO