Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.
Search...
Close this search box.

Perebutan Piala Rektor SCU Dalam Ajang Kejuaran Silat Perisai Diri Cup V 2023

Silat Nasional Perisai Diri Indonesia Cabang Semarang bekerja sama dengan Pra-UKM Perisai Diri unit Unika Soegijapranata mengadakan Kejuaraan Silat Perisai Diri Cup V 2023 di Gedung Sport Hall, Soegijapranata Catholic University (SCU). Kejuaraan Perisai Diri ini berlangsung pada 3-5 Februari 2023. Ajang Kejuaraan Silat Perisai Diri Cup V-2023 ini nantinya akan memperebutkan piala Rektor Unika Soegijapranata.

Soegijapranata Catholic University (SCU) atau dikenal dengan Unika Soegijapranata menyambut baik kejuaraan ini sekaligus untuk memperkenalkan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru yakni Pra UKM Pencak Silat.

Jumat (3/02) merupakan pembukaan kejuaraan yang juga dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Berta Bekti Retnawati, SE. M. Si; Kepala Pusat Kegiatan Mahasiswa & Alumni, YB. Dwi Setianto, ST., M.Cs; dan Pembina Pra UKM Silat Perisai Diri SCU, Rika Saraswati S.H., CN., M.Hum. PhD.

Dr. Berta Bekti Retnawati menuturkan, adanya Pra UKM Pencak Silat mendukung kegiatan Rektor Cup untuk pertama kalinya terkait Pencak Silat, sehingga menjadi kegiatan rutin kedepannya.

“Ada keinginan kuat dari beberapa dosen dan mahasiswa untuk membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Perisai Diri di SCU. Ibu Rika Saraswati (dosen Fakultas Hukum dan Komunikasi) kemudian menjadi pendamping UKM ini. Pihak universitas juga mendukung sepenuhnya proses pra-UKM ini untuk terus bertumbuh dan berkembang,”  tutur Berta saat diwawancarai di Gedung Sport Hall (3/2/2023).

Perlombaan pencak silat ini adalah event Kejuaraan Internal Silat Perisai Diri Se-Jawa Tengah. Pertandingan ini juga terdapat lima kategori yaitu: Laga, Solo Spel, Seni Tunggal Ipsi, Serang Hindar, dan Kerapian Teknik. Selain itu, perlombaan ini juga dapat diikuti oleh usia: Usia dini, Pra Remaja, Remaja, dan Dewasa.

“Kerja sama antara Unika Soegijapranata dengan Perisai Diri Jawa Tengah mengadakan Kejuaraan Silat Perisai Diri Cup V-2023. Selain itu, kami juga mendukung kegiatan pengembangan akademik maupun non akademik, salah satunya melalui kegiatan Pencak Silat ini. Kalau dilihat kegiatan ini dapat membentuk karakter. Bahkan saya melihat 4 hal seperti, bagaimana menjaga diri, Perisai Diri ini mengeksplor budaya untuk dijadikan gerakan, kemudian ini juga termasuk cabang olahraga yang sudah terkenal, dan terakhir mengenai mental,” terang Berta.

Bahkan, kegiatan perlombaan Pencak Silat ini juga memberikan semangat dan dukungan kepada setiap peserta kategori SMA. Pasalnya, SCU memberikan beasiswa kepada peserta bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mendapatkan juara 1 dalam setiap kategori.

“Unika Soegijapranata membuat keputusan. Salah satunya terkait anggota Perisai Diri yang sudah masuk SMA dan ingin mencari perguruan tinggi, dan kemudian di event ini juara 1 maka akan diberikan beasiswa untuk masuk ke Unika Soegijapranata,” tuturnya. [Humas SCU/Kris]

Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Kamis Putih 

#KamisPutih
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Nongsik #1

Acara yang Lain:

VIDEO