Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Wisuda Periode II 2022, Ini Pesan Rektor Unika Soegijapranata untuk Wisudawan

Ada tiga hal yang harus diketahui oleh para wisudawan, dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin berat., yakni kemampuan dalam mengelola diri sendiri, mengelola tugas serta mengelola relasi.

Pesan tersebut disampaikan Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto MSi Psikolog, dalam wisuda periode II tahun 2022 Unika Soegijapranata, yang digelar di kampus Bendan Dhuwur, Sabtu, 18 Juni 2022.

““Saya pikir tiga hal tersebut menjadi kata kunci bagi para wisudawan untuk mengantisipasi ke depan,” lanjutnya.

Dari ketiga hal tersebut,  kemampuan untuk mengelola diri sendiri, menjadi yang terberat, sebab hal tersebut menyangkut kedisiplinan terhadap segala sesuatu, integritas, kejujuran, dan memiliki standar personal yang tinggi.

“Mengelola diri sendiri menjadi tantangan terberat, meski demikian jika kita mampu melakukannya, maka akan membentuk pribadi yang disiplin, berintegritas, jujur dan memiliki standar personal yang tinggi,” terang Ferdinand.

Sedangkan yang paling mudah adalah mengelola tugas, yaitu bagaimana para wisudawan menguasai bidang ilmunya masing-masing untuk diterapkan dalam dunia kerja.

Serta berikutnya lagi adalah mengelola relasi yang juga sama pentingnya untuk kemajuan masa depan kita.

“Dari tiga hal tersebut, sebenarnya sudah dipelajari di Unika Soegijapranata. Sehingga dengan bekal tersebut, kita berharap para wisudawan sudah siap menghadapi masa depan yang semakin tinggi standardnya,” terang Ferdinand.

Disisi lain, pelaksanaan wisuda periode II tahun 2022 ini, berbeda dengan periode sebelumnya yang digelar secara daring, pada kesempatan ini seluruhnya dilaksanakan secara luring atau tatap muka.

“Wisuda kali ini, kami selenggarakan secara offline dan dengan layout yang berbeda. Jadi setiap wisudawan diapit oleh orang tua masing-masing, ” ucapnya.

Ferdinand mengjelaskan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk ungkapan mewakili kebahagiaan orangtua wisudawan, yang bahagia dan bangga putra-putrinya sudah menuntaskan studi di kampus Unika Soegijapranata.

Dengan total jumlah wisudawan sebanyak 196 dari program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana Unika Soegijapranata, jumlah wisudawan kali ini memang tidak banyak seperti wisuda periode I dan periode III.

Hal tersebut dikarenakan periode II wisuda Unika Soegijapranata pada posisi di tengah semester, sedang pada periode III mendatang kemungkinan akan bertambah mengingat pelaksanaan wisuda tepat pada akhir semester.

Sementara, dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Unika Soegijapranata Dr Berta Bekti Retnawati MSi, dalam keterangannya juga menyinggung tentang aplikasi HANI (Halo Alumni) yang sudah direvitalisasi dan diperbarui.

“Dalam aplikasi HANI, pihak universitas mencoba menghubungkan dengan para alumni beserta seluruh fasilitas yang diperlukan oleh para alumni, seperti misalnya legalisir, lowongan pekerjaan serta reuni,” terang Dr Berta.

Disamping itu, dalam aplikasi HANI ini, para alumni akan dikelompokkan dalam masing-masing program studi (Prodi).

Dari sisi alumni, juga akan memberikan sumbangsihnya pada kegiatan kurikulum yang dibuat dalam bentuk Soegijapranata Learning Model (SLM). Artinya, para alumni diundang untuk terlibat ke dalam kampus dan kemudian bisa sharing tentang pengalaman mereka di dunia kerja sesuai bidang prodinya masing-masing.

Hal tersebut, dimaksudkan supaya para mahasiswa sebagai adik kelas, bisa mendapatkan gambaran  mengenai bidang ilmu yang kontektual, sehingga mereka bisa mendapatkan pengalaman yang riil.

“Mengenai aplikasi HANI ini bisa dibuka pada hani.unika.ac.id,” pungkasnya.

#https://wawasan.co/news/detail/19487/wisuda-periode-ii-2022-ini-pesan-rektor-unika-soegijapranata-untuk-wisudawan

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 🇮🇩

#KebangkitanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message