Unika Soegijapranata Wujudkan Tradisi Unggul dengan Mendukung Mahasiswa Berprestasi

Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata mempunyai trade mark tradisi unggul. Salah satunya meuwujudkannya dengan mendukung mahasiswa untuk berprestasi.Sejumlah mahasiswa dari beberapa program studi Unika Soegijapranata ini pun mencatatkan prestasi di tingkat nasional dan Internasional.

Diantaranya Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang menjadi finalis IFTSA and Mars Product Development Competition 2022. Ajang ini merupakan sebuah kompetisi internasional yang diadakan oleh Institute of Food Technologist (IFT). Tentu hal ini bisa mendorong akreditasi agar menjadi unggul.

Rektor Unika Soegijapranata Ferdinandus Hindiarto mengatakan mahasiswa berprestasi ini  berpengaruh positif pada proses pengajuan akreditasi. Baik untuk akreditasi progam studi maupun perguruan tinggi.

“Kami fokus mencoba bertekun pada proses, dengan keyakinan hasil yang berkualitas. Tidak ingin terkesan memaksakan, karena bagi kami akreditasi adalah buah dari proses yang kita jalankan,” jelasnya saat ditemui di Gedung Michael Kampus Bendan Duwur.

Pihaknya mempunyai target tahun 2024 akan meraih akreditasi unggul untuk perguruan tinggi. Tentu dengan proses alamiah. Unika Seogijpranoto sendiri tidak ingin terburu-buru dan terkesan memaksakan memperoleh akreditasi unggul. Menurutnya akreditasi tidak selalu mencerminkan kualitas dari suatu perguruan tinggi.“

Biarlah secara alamiah akreditasi itu diciptakan. Kami fokus mencoba bertekun pada proses, dengan keyakinan hasil yang berkualitas. Tidak ingin terkesan memaksakan, karena bagi kami akreditasi adalah buah dari proses yang kita jalankan,” tambahnya.

Wakil Rektor Inovasi Riset dan Publikasi Unika, Robertus Setiawan Aji Nugroho mengatakan terus melakukan penataan untuk mewujudkan akreditasi unggul tersebut.  Pihaknya terus mendorong beberapa prodi  untuk melakukan reakreditasi menuju status unggul.

“Penataan sudah kamu lakukan. Secara administratif sebenarnya sudah bisa masuk. Tapi fokus kami adalah pada proses yang ada dilamnya,” ungkapnya.

Sementara mahasiswa berprestasi lainnya adalah Leony Kristina, Alicia Brillia Sarwono dan Severus Ryan Wisastra merupakan tiga mahasiswa FTP Unika Soegijapranata yang nantinya akan berangkat ke Chicago, USA. Topik yang diusung yakni Cryogurt,Instant Freeze-Dried Yogurt as an Intervention Tool to Combat Malnutrition in East Nusa Tenggara-Indonesia.

Selanjutnya Tim Gratia Choir Unika Soegijapranata yang mengikuti festival yang diselenggarakan oleh Bandung Choral Society. Kompetisi ini merupakan Festival Paduan Suara yaitu The 11th Bali International Choir Festival (BICF) yang diselenggarakan 25-28 Juli 2022 lalu secara on site di Bali.

Pada ajang itu, Tim Gratia Choir berhasil meraih peringkat pertama dan memperoleh Gold Medal di Category Mixed Youth Choir Championship. Berikutnya, salah satu mahasiswi Faculty of Language and Arts (FLA), jurusan Sastra Inggris, Unika Soegijapranata Semarang, Evelyna Nissi Adjikusuma merupakan salah satu mahasiswi yang mendapatkan beasiswa IISMA 2022. Program beasiswa yang diadakan Kemendikbudristek ini menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar.

# https://radarsemarang.jawapos.com/webtorial/2022/08/05/unika-soegijapranata-wujudkan-tradisi-unggul-dengan-mendukung-mahasiswa-berprestasi/

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message