Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Unika Soegijapranata Gelar Seminar Metodologi dengan Topik Cara Pandang Tentang Keutuhan Hidup

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata mengadakan Seminar Metodologi dengan topik Cara Pandang tentang Keutuhan Hidup: tentang Prespektif Monodisiplin, Multidisiplin, Interdisiplin, dan Transdisiplin.

Seminar diadakan pada Senin (22/8/2022) di Teater Gedung Thomas Aquinas Kampus Unika Soegijapranata Bendan Dhuwur Kota Semarang.

Seminar ini terselenggara guna meningkatkan kapasitas dosen dalam bidang penulisan penelitian terutama bidang metodologi.

Disampaikan oleh Rektor Unika, Dr. Ferdinandus Hindiarto, S.Psi., M.Si., seminar ini merupakan komitmen pihanya sebagai perguruan tinggi yang mencetak akademisi.

“Kami tidak ingin penelitian hanya dijalankan oleh dosen sebagai pemenuh kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, melainkan merupakan aktivitas yang bertanggung jawab dan mendatangkan kebahagiaan,” ungkapnya.

Ia pun menyatakan bila sesuai dengan visi-misi yang diusung agar unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Maka dari itu, untuk terus mendorong semangat penelitian dan pengembangan masyarakat pada dosen melalui seminar dan pelatihan.

Sementara itu, Kepala LPPM Unika Soegijapranata, Dr. Y Trihoni Nalesti Dewi, S.H., M.Hum., mengatakan, ada dua hal yang disoroti dan menjadi kajian pihaknya.

Hal pertama ialah menyangkut metodologi dalam sebuah penelitian sebagai kunci dalam melakukan suatu riset dan berkaitan dengan kuantitas penelitian

“Kami juga sekaligus ingin menerjemahkan perutusan Unika Soegijapranata dalam bidang penelitian karena diperlukan penajaman-penajaman dalam bidang penelitian, satu di antaranya menyangkut metodologi,” sebutnya.

Pada sisi lain, Trihoni menyebut, tahun ini Unika meloloskan sembilan judul proposal penelitian yang memperoleh pendanaan dari program Kedaireka.

Program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) merupakan platform kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri.

Tujuan Kedaireka ialah untuk meningkatkan kemandirian bangsa dalam hal reka cipta dengan menghasilkan inovasi yang bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkup masyarakat.

Dia juga menilai, animo dosen dalam merespon program Kedaireka cukup tinggi pasalnya dari 14 proposal penelitian yang diajukan dalam program ini.

Sedang proposal yang tidak lolos diakuinya hanya disebabkan karena persyaratan administratif yang tidak terpenuhi.

Selain perkara administrasi, ia pun melihat ada permasalahan lain yang dihadapi para peneliti ialah rasa percaya diri dengan gagasan yang dimiliki

“Maka kami bermaksud mengingatkan dengan mengadakan seminar ini,” ujarnya.

Seminar ini mengundang narasumber dari perwakilan akademisi Prof. Dr. Fransisco Budi Hardiman, S.S., M.Hum., dari Fakultas Liberal Arts, Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta dengan judul materi ‘Berbagai Pendekatan Holistis dalam Filsafat: Tinjauan Ontologis dan Epistemologis’.

Materi diperkuat dengan pandangan dari peneliti Dr. Dedi Supriadi Adhuri, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan judul materi ‘Perspektif Monodisiplin, Multidisiplin, Interdisiplin dan Transdisiplin dan Keutuhan Cara Pandang terhadap Kehidupan’.

Diskusi dipimpin oleh moderator P. Donny Danardono, SH., Maghum., dosen Unika Soegijapranata.

Dengan adanya dua pandangan dari akademisi dan Lembaga penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh untuk para peserta seminar yang terdiri dari dosen dalam dan luar Universitas Katolik Soegijapranata.

Topik ini dilatarbelakangi oleh perkembangan metodologi, sejak abad 19 di Eropa dan Amerika Serikat muncul berbagai pendekatan ilmiah yang makin terspesialisasi.

Tujuannya adalah untuk membentuk pengetahuan, keahlian, dan tindakan yang lebih khusus agar bisa menjawab berbagai persoalan sosial, politis, psikologis, biologis, alam, atau medis.

Munculah berbagai ilmu monodisiplin.

Spesialisasi ilmu ini memang berhasil mengembangkan pengetahuan ilmiah dan keahlian ilmiah yang mendalam demi memperbaiki mutu kehidupan.

Namun sejak akhir abad ke-20 berbagai pendekatan ilmiah dan teknologi yang dihasilkannya telah dianggap sebagai sumber berbagai krisis sosial seperti perang dunia, kemiskinan, dan diskriminasi dan krisis lingkungan seperti pemanasan global, perubahan iklim, dan munculnya berbagai penyakit baru bagi manusia.

Lebih dari itu spesialisasi ilmu dan keahlian ilmiah itu juga telah membuat orang dan terutama ilmuwan melihat kehidupan ini sebagai bidang-bidang yang terpisah.

Padahal kehidupan ini terbentuk oleh jejaringan biologis, ekologis, dan sosial.

Kehidupan ada dan akan bermutu bila disadari sebagai sebuah keutuhan.

Sejak itu muncul istilah yang peyoratif terhadap keilmiahan ini, yaitu ‘spesialisasi berlebihan’ atau over specialisation.

Maka akhir-akhir ini muncul kesadaran baru tentang perlunya riset-riset yang berperspektif multidisiplin, interdisiplin, dan transdisipliner demi terbentuknya wawasan ilmiah yang lebih integratif dalam melihat keutuhan hidup ini.

Namun masih banyak kesalahpahaman baik di Kemendikbud Ristek maupun perguruan tinggi tentang perspektif-perspektif riset tersebut.

Untuk itu diperlukan pembahasan tentang pengertian, cara kerja, dan tujuan dari perspektif monodisplin, multidisiplin, interdisiplin, dan transdisiplin.

# https://jateng.tribunnews.com/2022/08/28/unika-soegijapranata-gelar-seminar-metodologi-dengan-topik-cara-pandang-tentang-keutuhan-hidup?page=all.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message