Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Tim Kedaireka Unika Lakukan Peletakan Batu Pertama dan Workshop Wisata Edukasi di Desa Jatirejo

Tim Kedaireka Unika Lakukan Peletakan Batu Pertama dan Workshop Wisata Edukasi di Desa Jatirejo

Tim Kedaireka Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata berjudul ‘Wisata Edukasi Green Fresh Farm Susu Sapi Jatirejo Kelompok Tani Ternak Sido Makmur Jatirejo’ telah melaksanakan Peletakan Batu Pertama dan Workshop Wisata Edukasi pada Senin (3/10/2022) Jatirejo, Gunungpati, Kota Semarang.

Nama ‘Green’ pada judul program Kedaireka ini ingin menghadirkan suasana wisata penuh kenyamanan dan keasrian lingkungan desa Jatirejo.

Sebelum memasuki lokasi, setiap masyarakat yang ingin berkunjung ke kandang sapi diwajibkan masuk ke dalam sebuah tempat yang disebut dengan Chamber.

Istilah Chamber sendiri merupakan usulan dari dokter hewan sebagai sebuah upaya untuk menghindari adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang masuk ke dalam kandang sapi.

Ketua Pelaksana Wisata Edukasi Green Fresh Farm, Dr. Elizabeth Lucky Maretha Sitinjak, S.E., M.Si., menyatakan peletakan batu pertama dan workshop Green Fresh Farm (GFF) karena pihaknya ingin warga yang hadir.

Tim Kedaireka Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata berjudul 'Wisata Edukasi Green Fresh Farm Susu Sapi Jatirejo Kelompok Tani Ternak Sido Makmur Jatirejo' telah melaksanakan Peletakan Batu Pertama dan Workshop Wisata Edukasi pada Senin (3/10/2022) Jatirejo, Gunungpati, Kota Semarang.
Tim Kedaireka Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata berjudul ‘Wisata Edukasi Green Fresh Farm Susu Sapi Jatirejo Kelompok Tani Ternak Sido Makmur Jatirejo’ telah melaksanakan Peletakan Batu Pertama dan Workshop Wisata Edukasi pada Senin (3/10/2022) Jatirejo, Gunungpati, Kota Semarang. (Dok. Humas Unika Soegijapranata)

“Selain ingin agar warga hadir, kami juga ingin agar wisatawan yang datang merasakan kenyamanan dan keasrian alam serta lingkungan,” ujarnya.

Dr. Elizabeth Lucky menambahkan, pihaknya tidak mengubah apapun di lingkungan sekitar tetapi kita hanya memfasilitasi tempat belajar bersama dan menikmati hasil olahan susu bersama, dan hal itu yang akan kita bangun bersama warga Jatirejo.

Selain itu, pihak Unika Soegijapranata telah membina warga Jatirejo sejak tahun 2018 dan telah mengelola sumber daya alam yang menjadi ciri khas desa Jatirejo yakni kolang-kaling dan jagung.

Selaras dengan ucapan Dr. Elizabeth Lucky bahwa mereka telah melakukan pembinaan dan telah menghasilkan hasil seperti kolang-kaling yang diolah menjadi selai kolang-kaling  dan permen kolang-kaling.

Sedangkan jagung yang sudah dipanen, diproses menggunakan Solar Tunnel Dryer (STD) sehingga dapat dilakukan pengeringan jagung dan palawija secara masal.

Cita-cita membangun wisata edukasi ini sebagai perwujudan ikon baru di Jatirejo.

Maka dari tim Kedaireka Unika Soegijapranata berkolaborasi dengan tiga fakultas seperti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan Fakultas Teknik (FT).

Selain itu beberapa industri juga diajak untuk bersama-sama bergandengan tangan dengan tim Kedaireka Unika Soegijapranata untuk untuk membangun Jatirejo.

“Selain membuat program Wisata Edukasi GGF Susu Jatirejo, kita juga lebih menyiapkan Sumber Daya Manusia-nya untuk bisa dan selalu membangun Wisata Edukasi ini, salah satunya workshop, kemudian mengenai pelatihan pengelolahan susu ke Laboratorium FTP (Di Unika Soegijapranata BSB) semuanya menggunakan alam,” terangnya Dr. Elizabeth Lucky.

Program yang dilaksanakan tidak hanya wisata edukasi semata, disisi lain tim Kedaireka Unika Soegijapranata ini juga menghasilkan output seperti biogas dan pupuk.

Selain menghadirkan susu sapi, tetapi kelompok tim Unika Soegijapranata ini juga menyiapkan kolaborasi dengan memetik buah jambu di kebun.

“Di arah jalan kiri itu ada kebun jambu Kristal, selain susu nanti akan ada kolaborasi pemetikan ke kebun buah jambu Kristal. Sehingga wisata merasakan nyaman, enak dan homie dalam wisata edukasi ini. Kemudian akan adanya board edukasi,” jelas Lucky.

Ia pun ini merasa senang dan bangga karena adanya sinergi dan kekompakkan pada setiap warga di Jatirejo sehingga mereka dapat menghasilkan variasi yang lebih menarik dalam pengelolahan hasil panen mereka.

Hal yang terlihat misalnya munculnya variasi seperti lumpia dengan isi kolang-kaling. Selain itu sinergi yang dikeluarkan oleh Lurah Jatirejo untuk merangkul segenap Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) serta perwakilan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang untuk datang dan peletakan batu pertama.

# https://jateng.tribunnews.com/2022/10/06/tim-kedaireka-unika-lakukan-peletakan-batu-pertama-dan-workshop-wisata-edukasi-di-desa-jatirejo?page=all.

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message