Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Teliti Mitigasi Kebencanaan di Alor NTT, Mahasiswi Unika Ini Juara 1 Kompetisi Karya Tulis Tingkat Nasional

Mahasiswi Unika Soegijapranata Semarang, Velicha Elenagaretha Ami meraih juara I kompetisi karya tulis tingkat nasional.

Mahasiswi semester akhir Prodi Arsitektur Unika tersebut meneliti tentang mitigasi kebencanaan dalam tata ruang di Kabupaten Alor, NTT, khususnya di desa adat atau Kampung Takpala.

Risetnya diawali pada kisaran Oktober-Desember 2021 lalu. Penelitian itu sekaligus bagian dari bahasan atau kajian skripsinya yang baru saja ia rampungkan.

“Lomba digelar daring, pembukaan Juni 2022 sebetulnya, tetapi saya baru tahu infonya sekitar Agustus, setelah skripsi,” kata Velicha di kampus Unika, Kamis 29 September 2022.

Singkatnya, hasil dari kajian skripsi itu dia ringkas, dan dia sederhanakan untuk selanjutnya diikutkan dalam kompetisi karya tulis yang diikutinya.

Mahasiswi asal Kota Singkawang, Kalimantan Barat ini pun lantas terpilih juara I dalam kompetisi yang diadakan oleh Yayasan Profesor Gunawan Tjahjono.

“Untuk kriteria penilaian di antaranya konsep atau format penulisan, kelengkapan data, hingga kompleksitas persoalan yang diangkat,” sebutnya .

Menurutnya, bidang ilmu arsitektur tidak hanya sebatas pada rumpun keilmuan tentang desain, tetapi juga terkait dengan karya tulis.

Latar belakang risetnya dilandasi dari kondisi topografi di wilayah setempat yang sebetulnya termasuk daerah yang intens mengalami kebencanaan, salah satunya gempa.

“Menariknya meski sering dilanda bencana, tidak muncul rasa kepanikan di masyarakat. Bahkan, perkembangan pemukiman/perkampungan di sana malah justru tumbuh pesat,” jelasnya.

Berdasarkan data riset yang dia kaji, tata ruang Kampung Takpala terdiri atas beberapa komponen, salah satunya Misba.

Misba merupakan susunan bebatuan andesit yang disusun melingkar. Misba berfungsi sebagai area persembahan dan upacara adat.

Pada bagian tengah Misba terdapat beberapa batuan tegak (Menhir) yang melambangkan jumlah suku yang tedapat di wilayah tersebut.

Untuk diketahui, Kabupaten Alor merupakan sebuah kabupaten yang terletak di sebuah pulau yang dahulu bernama Malua. Nama terebut digunakan jauh sebelum daratan Alor terbentuk.

Alor memiliki keanekaragaman topografi berupa pegunungan dan keindahan alam bawah Lautnya. Secara Geografis Alor terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, terletak di arah utara pulau Flores.

#https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-044954610/teliti-mitigasi-kebencanaan-di-alor-ntt-mahasiswi-unika-ini-juara-1-kompetisi-karya-tulis-tingkat-nasional?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Kamis Putih 

#KamisPutih
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#joyfullearning
Nongsik #1
Kenapa SCU? Menurut kamu kenapa? 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message