Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Teliti Ekoterapi Sebagai Pengobatan Kanker, Elisa Rinihapsari Raih Doktor di Unika

Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan (FITL) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berhasil meluluskan doktor baru Elisa Rinihapsari SSi MSiMed, Selasa (14/6/2022).

Di hadapan tim penguji yang dipimpin Rektor Unika Soegijapranata Dr Ferdinandus Hindiarto MSi, Elisa Rinihapsari dinyatakan lulus ujian. Adapun judul disertasi yang berhasil dipertahankannya “Ekoterapi untuk Pasien Kanker: Analisis Fenomenologi Interpretatif pada Anggota Komunitas Serikat Konfigurasi Kasih”.

Menurut Dr Elisa, Ekoterapi adalah istilah yang diberikan untuk berbagai program perawatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik melalui aktivitas luar ruangan di alam. Ekoterapi banyak digunakan sebagai pendekatan terapi berbasis alam pada berbagai gangguan kesehatan, baik kesehatan mental maupun fisik, termasuk pada pasien kanker.

“Serikat Konfigurasi Kasih (SKK) adalah suatu komunitas yang mengembangkan model hidup sehat atau yang disebut Bimbingan Hidup Sehat (BHS) menggunakan pendekatan berada di alam. Banyak pasien kanker yang menyatakan diri mengalami kesembuhan setelah menjalani BHS SKK. Penelitian ini mengeksplorasi fenomena kesembuhan tersebut, terutama dengan fokus pada pengalaman kesembuhan pasien” ujar Elisa.

Tujuan dari penelitian ini, tambah Elisa, untuk menganalisis kesesuaian antara BHS SKK dengan prinsip-prinsip ekoterapi, melakukan penggalian dan analisis mendalam terhadap proses kesembuhan yang dialami oleh partisipan setelah menjalani BHS SKK, memetakan faktor-faktor yang mempengaruhi proses kesembuhan berdasarkan pengalaman partisipan, dan mengusulkan sebuah model ekoterapi bagi pasien kanker untuk memperkaya jenis-jenis ekoterapi yang sudah ada sebelumnya” ujarnya.

Lebih lanjut menurut dosen Politeknik Katolik Mangunwijaya Semarang ini, ranah penelitiannya adalah bidang lingkungan dan kesehatan.
Penelitiannya berjenis kualitatif untuk mengeksplorasi pengalaman kesembuhan pasien dengan metode Analisis Fenomenologi Interpretatif. Penelitian dilakukan dengan wawancara semi terstruktur terhadap 5 orang partisipan yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi.

Hasil penelitian ini, ujarnya, dapat memberikan manfaat bagi praktik di masyarakat dengan menawarkan pengetahuan baru mengenai adanya intervensi berbasis ekoterapi sederhana untuk mengatasi kanker, serta mengusulkan suatu model ekoterapi untuk pasien kanker.

Dr Elisa merupakan doktor ilmu lingkungan kelima yang diluluskan Unika Soegijapranata Semarang. Tim penguji terdiri ketua Dr Ferdinandus Hindiarto MSi (Rektor), Dr Florentinus Budi Setiawan MT (sekretaris penguji,Kaprodi PDIL), Promotor Prof Dr Budi Widianarko Msc, Ko-promotor Dr Margaretha Sih Setija Utami MKes , penguji internal Dr Ir A Rudiyanto Soesilo MSA, dan penguji eksternal Dra Eunike Sri Tyas Suci PhD (Unika Atmajaya Jakarta). Dirinya lulusan S1 Fakultas Biologi UGM, S2 (magister) Biomedik Undip, dan S3 Ilmu Lingkungan Unika Soegijapranata.

#https://www.krjogja.com/berita-lokal/jateng/semarang/teliti-ekoterapi-sebagai-pengobatan-kanker-elisa-rinihapsari-raih-doktor-di-unika/

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Kabar baik buat kamu friends! Jalur Beasiswa masih dibuka sampai 30 Juni 2024. Daftarnya cuma pakai nilai rapor tanpa tes! Ayo dapatkan beasiswa masuk (Biaya Kuliah Semester) yang udah include semuanya! Buktikan sekarang juga! ✨

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh

Share:

More Posts

Send Us A Message