Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Tahun Akademik Baru, Ini Konsep Pembelajaran yang Diusung Unika Soegijapranata

Unika Soegijapranata mengusung konsep pembelajaran baru pada tahun akademik 2022/2023. Foto Rektor Unika Soegijparanta Dr Ferdinandus Hindiarto didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Berta Bekti Retnawati dan Ketua Panitia PTMB Dr Siswanto.

Unika Soegijapranata Semarang resmi menutup masa Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) 2022, Sabtu 3 September 2022.

Dengan demikian, proses perkuliahan Unika Soegijapranata resmi akan dimulai pada Senin 5 September 2022 secara tatap muka penuh.

Rektor Unika Soegijapranata, Dr Ferdinandus Hindiarto menyatakan, kampus ini akan mengusung konsep pembelajaran baru yang dikenal dengan Joyfull Learning.

Konsep pembelajaran tersebut memungkinkan para mahasiswa bisa menikmati proses belajarnya secara menyenangkan.

“Salah satu tema yang kami usung membangun budaya Joyfull Learning. Secara sederhana maksudnya proses pembelajaran yang dilakukan secara sukacita,” kata rektor di kampus tersebut, Sabtu 3 September 2022.

Rektor menyampaikan keterangan itu disela-sela kegiatan penutupan PTMB didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Berta Bekti Retnawati dan Ketua Panitia PTMB Dr Siswanto.

Secara teknis, pada tahun akademik ini pihaknya mencoba menerapkan sebuah model pembelajaran baru yang disebut dengan Soegijapranata Learning Model (SLM).

Implementasi dari model ini memperbesar ruang bagi mahasiswa dengan berbagai aktivitas di kelas maupun lapangan.

“Ciri khas yang kami coba dengan model ini adalah menerapkan pembelajaran kontekstual dengan menghadirkan alumni, membangun suasana sukacita dalam proses belajar,” ujarnya.

Rektor juga mendorong kepada masing-masing program studi agar mampu menyelesaikan masa studi mahasiswa secara tepat waktu.

Upaya itu dilakukan untuk meminimalkan angka putus kuliah yang berdasarkan data Kemendikbudristek mencapai lebih dari 60 persen secara nasional.

“Langkah konkrit kami dengan mendata mahasiswa yang belum rampung. Kami mendata dan menganalisa beberapa problem yang dialami mereka,” imbuhnya.

Rektor mengungkapkan, problem yang dialami mahasiswa, khususnya tingkat akhir diakuinya beragam.

Mulai dari tingkat kesibukan, kejenuhan, komunikasi, problem dalam menyusun tugas akhir, hingga persoaoan lain yang cenderung mengarah ke personal.

“Hampir semua kampus sebetulnya mengalami kendala serupa. Maka kaitannya dengan masa studi mahasiswa, kami benar-benar serius menguraikan satu per satu problem yang ada,” jelasnya.

#https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-044386483/tahun-akademik-baru-ini-konsep-pembelajaran-yang-diusung-unika-soegijapranata?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message