Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

PTMB Unika Soegijapranata, Rektor Sambut Soegija Muda

Unika Soegijapranata Semarang resmi gelar PTMB (Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru) pada 30 Agustus – 3 September 2022. Dalam sambutannya, Rektor Unika Soegijapranta Dr Ferdinand H SPsi MSi mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru (Soegija Muda) dan memperkenalkan para wakil rektor serta dekan setiap fakultas.

Berangkat dari tulisan Stephen Covey yakni “mulailah dari akhir”. Dalam arti, mempunyai kebiasaan melakukan segala sesuatu yang dimulai dari akhir yang bermaksud untuk memiliki gambaran jelas kelak esok mau jadi apa. Hal ini dikemukakan oleh Ferdinand sebagai penyemangat dan meyakinkan para Soegija Muda bahwa kampus Unika Soegijapranata merupakan pilihan yang tepat.

“Untuk mencapai cita-cita mau jadi apa, maka perlu dilakukan dan dimulai dengan langkah kecil. Dan mulainya dari hari ini. Hari ini Anda (mahasiswa baru) akan memulai sebuah perjalanan menempa diri untuk menggapai cita-cita Anda semua, pilihan Anda, dan keputusan Anda memilih Unika Soegijapranata Semarang adalah keputusan terbaik dalam hidup Anda,” tegasnya.

Mengingat adanya cita – cita, nilai, dan prinsip yang tercantum dalam Konstitusi Apostolik Ex Corde Ecclesiae, tentang Universitas Katolik. Ex Corde Ecclesiae yang ditulis oleh Paus Yohanes Paulus II. Maka Semangat “Kesukacitaan dalam Belajar” ini berusaha diwujudkan dengan menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan bermakna, agar mahasiswa dapat mencapai kesukacitaan dalam belajar, yang dipopulerkan dengan istilah “Joyful Learning”.

Oleh karena itu, Ferdinand mengajak para civitas akademika Unika Soegijapranata dan para Soegija Muda untuk bersuka cita dengan menyanyikan lagu Manusia Kuat karya Tulus.

“Anda harus belajar banyak hal, tidak hanya ilmunya tetapi banyak hal karena situasi yang Anda hadapi nanti situasi yang tidak mudah, banyak ketidakpastian. Maka dengan Anda banyak belajar akan menjadi manusia-manusia kuat,” tuturnya.

Kegiatan PTMB hari pertama berlangsung dengan penuh tawa dan sukacita ketika Rektor Unika Soegijapranata bermain peran selayaknya Farel Prayoga yang bernyanyi di Istana Merdeka, di depan Joko Widodo. “Inilah kampus terbaik untuk Anda dan tidak perlu di banding-bandingke,” tutur Ferdinan yang kemudian dilanjutkan dengan lantunan lagu di depan para Soegija Muda.

“Wong Unika kok dibanding-bandingke, saing-saingke, yo mesthi menange, tak oyak’o aku yo mesthi aku mampu, mung sak kuatku mencintaimu, ku berharap engkau mengerti, di hati ini hanya ada mahasiswa baru,”  kata Rektor dengan lirik lagu Ojo Dibandingke.

Setelah sambutan dari Rektor Unika Soegijapranata, para alumni dan mahasiswa SOTY (Student Of The Year) juga turut memberikan sambutan kepada Soegija Muda serta menceritakan pengalamannya semasa berkuliah dan kisah suksesnya. Ada dua alumni yang didatangkan yakni Febrian Wicaksono (co-founder dan Vice President PT. Mitra Kasih Perkasa) dan Dea Rizkita (Puteri Indonesia Perdamaian 2017). Selain itu, juga mendatangkan mahasiswi pemenang SOTY 2021 yakni Evelyna Nissi.

Melalui berbagi kisah pengalamannya semasa kuliah, Dea Rizkita mengkutip dari buku Mindset karya Carol S. Dweck yang berisikan mengenai mengubah pola berpikir untuk perubahan besar pada diri setiap orang.

Menurut buku tersebut yang telah disampaikan Dea Rizkita, bahwa sesungguhnya ada yang lebih penting dari kecerdasan yaitu mindset. Dalam hal ini, Ia mengajak Soegija Muda untuk terus menumbuh-kembangkan pola pikirnya dalam berdinamika di dunia kuliah.

“Teman-teman yang mempunyai growth mindset, mereka percaya bahwa kecerdasan itu bisa berubah. Layaknya otot makin dilatih itu makin keker. Mau itu dipilih, mahir itu dilatih, manfaat itu dibagikan,” terangnya.

Sebagai pengingat akan nilai-nilai keteladanan Unika Soegijapranata pada hari pertama diadakan pula acara talkshow dengan membahas “Hymne dan Mars Unika Soegijapranata”. Dalam acara ini didatangkan langsung pengarang dan aransemen yakni Rudyanto Soesilo.

Kegiatan yang berlangsung lima hari secara luring ini akan dibagi menjadi dua pendekatan. Pada tanggal 30 & 31 Agustus adalah PTMB Universitas dan tanggal 1 – 2 September adalah PTMB Fakultas. Pada penghujung acara PTMB, tepatnya 3 September akan diadakan penutupan dengan berbagai rangkaian acara. Adapun materi yang dipaparkan ketika PTMB Universitas antara lain mengenai Unika Joyful SLM (Soegijapranata Learning Model), Unika Multi Kultur, dan Growth Mindset.

PTMB Unika Soegijapranata semakin meriah karena nantinya pada puncak acara, setiap Soegija Muda yang sudah tergabung dalam fakultas masing-masing dikumpulkan di lapangan Albertus Unika Soegijapranata untuk lomba yel-yel antar fakultas.

#https://rri.co.id/semarang/pendidikan/seputar-kampus/1607108/ptmb-unika-soegijapranata-rektor-sambut-soegija-muda

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message