Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Presiden Jokowi: Dies Natalis ke-40 Unika Sebagai Momen Mengingat Spirit dari Albertus Soegijapranoto

Puncak rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-40, Unversitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menggelar upacara yang dilaksanakan di gedung Fransiskus Assisi, kampus Unika di BSB City, Mijen, Kota Semarang, Sabtu (6/8/2022).

Dies Natalis ini mengusung  tema “Menemukan dan Menghidupkan Sukacita dalam Perutusan dan Pelayanan,” menjadi  berkomitmen Unika untuk mengembangkan inovasi, memupuk kreativitas, beradaptasi, dan peduli terhadap lingkungan.

Dalam upacara peringatan Dies Natalis tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara online memberikan ucapan selamat secara langsung kepada seluruh civitas akademika Universitas Katolik Sugio Pranoto Semarang.

Presiden Jokowi mengungkapkan momen Dies Natalis ini diharapkan sebagai pengingat semangat dari Albertus Soegijapranoto yang telah menjadikan Unika sebagai kampus yang unggul.

“Dies Natalis tahun ini adalah momen yang sangat baik untuk mengingat kembali spirit yang dibangun oleh Insinyur Albertus Soegijapranoto yang telah menjadikan Unika sebagai kampus unggul. Tidak hanya mendidik mahasiswa dalam keilmuan dan teknologi, namun terintegrasi dengan pengembangan bakat dan karakter yang dipersembahkan untuk negara dan kemanusiaan,” ungkap Presiden  Jokowi dalam sambutannya secara online.

Ditengah deskripsi teknologi dan persaingan antar negara yang hiperkompetitif saat ini, lanjut Jokowi, kampus punya peran strategis untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keahlian yang berguna untuk masa depan.

“Kampus memiliki peran strategis  dalam melahirkan SDM yang memiliki keahlian untuk masa depan. SDM yang menguasai emerging knowledge, emerging skills untuk menyongsong emerging Jobs. Terntunya dengan tetap memegang teguh integritas moral, kematangan karakter dan kedewasaan pribadi,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi menuturkan untuk menyiapkan SDM yang memiliki keahlian, kampus harus semakin adaptif dan responsif dalam mengembangkan diri sebagai tempat belajar yang menyenangkan dengan sukacita, Joyful learning.

“Kampus harus semakin adaptif dan responsif sebagai tempat yang menyenangkan untuk mengembangkan bakat dan keahlian, menjadikan pendidikan lebih berkualitas dapat menebar inspirasi dan sinar pewartaan dalam dunia pendidikan,” tegas Jokowi.

Selain itu, kampus juga harus menjadi pusat pengembangan berbagai pengetahuan dan keahlian-keahlian baru sebagai simpul bagi lahirnya Inovasi dan budaya pikir yang kritis.

“Kampus juga sebagai tempat terbuka untuk membangun sinergi, yang akan menjadi energi bagi lahirnya SDM Indonesia yang unggul dan berkarakter yang siap mewujudkan Indonesia  maju,” tutur Jokowi.

“Saya meyakini dengan integritas dan kerja nyata yang telah dilakukan oleh Unika Soegijapranoto akan semakin siap menghadapi tantangan kompetisi global, semakin berkembang maju sebagai kampus kebanggaan Indonesia,” imbuhnya.

Sementara, dalam acara Dies Natalis tersebut juga dilakukan seremonial dan penandatanganan prasasti peresmian kawasan kampus Unika Soegijapranata yang berada di BSB City. Kemudian dilanjutkan peletakan batu pertama pembangunan gedung untuk fakultas Kedokteran Unika yang dilakukan oleh  Uskup Agung Semarang, Mgr. Dr. Robertus Rubiyatmoko selaku Ketua Pembina Yayasan Sandjojo,Ketua Dewan Pengawas Yayasan Sanjojo, Profesor Prof dr Magdalena Sidhartani Zain MSc Sp A(K), Ketua Yayasan Sanjojo Dr Ir Paulus Wiryono Priyatamtama SJ dan Rektor Universitas Katolik Soegijapranata Dr Fedinandus Hidiarto MSi.

#https://rri.co.id/semarang/pendidikan/seputar-kampus/1569968/presiden-jokowi-dies-natalis-ke-40-unika-sebagai-momen-mengingat-spirit-dari-albertus-soegijapranoto

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message