Penutupan Festival Kota Lama Bakal Dimeriahkan Soegijazz

Penutupan Festival Kota Lama Semarang tahun ini bakal dimeriahkan dengan pertunjukan Soegijazz 2022.

Pertunjukan musik jazz tersebut diselenggarakan oleh Unika Soegijapranata di Laroka Theater Semarang, kawasan Kota Lama, Minggu 25 September 2022.

Wakil Rektor Kerjasama dan Pengembangan Bisnis Unika, Dr R Probo Yulianto Nugrahedi mengatakan, event rutin tahunan ini digelar sejak 2015 lalu.

Soegijazz hanya absen ketika masa pandemi Covid-19. Tahun ini akan terasa istimewa, karena menjadi agenda penutupan Festival Kota Lama.

“Jenis kegiatannya memang tidak semasif tahun sebelumnya. Meski demikian, kami tetap berharap bisa memberikan hiburan kepada masyarakat, terkhusus mengenalkan musik jazz kepada khalayak umum,” kata Probo di kampus Unika, Kamis 22 September 2022.

Menurut Rektor Unika, Dr Ferdinandus Hindiarto, melalui pertunjukan Soegijazz 2022 ini, pihaknya ingin menjadi bagian dari Kota Semarang dengan menyatu bersama event Festival Kota Lama.

“Kami ingin ada harmonisasi dengan tampil di luar kampus, sekaligus bagian dari Kota Semarang. Sisi lain, bagi kampus memang harus selalu ada seni, salah satunya melalui event seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Soegijazz 2022, Benny Danang Setianto PhD menyampaikan pemilihan genre jaz menggambarkan bagaimana karakter sebuah universitas.

“Genre jaz dipilih karena melihat bagaimana setiap pemain bisa memiliki improvisasi sebebas-bebasnya dalam artian tertentu, tetapi juga saat bermain bersama dengan anggota lainnya bisa membentuk improvisasi sebuah harmonisasi yang indah,” jelasnya.

Benny menambahkan, ide awalnya Soegijazz menjadi sebuah kebiasaan Unika Soegijapranata sebagai sebuah institusi pendidikan dalam menyambut mahasiswa baru dan mengundang beberapa artis untuk melantunkan melodi.

“Berawal dari kebiasaan kami dalam merayakan welcome party atau penyambutan mahasiswa baru, dengan mengundang artis. Awalnya tanpa ada batasan genre, namun kemudian kita memilih perform musik dengan genre jaz,” imbuhnya.

Adapun artis yang dilibatkan yakni Deredia yang akan melantunkan musik yang bernuansa jazz.

Deredia merupakan band yang berasal dari Kota Jakarta yang digawangi oleh Louise Monique Sitanggang (vokal), Yosua Simanjuntak (gitar), Raynhard Lewis Pasaribu (piano), Papa Ical (bass), dan Aryo Wicaksono (drum).

#https://www.suaramerdeka.com/hiburan/pr-044885717/penutupan-festival-kota-lama-bakal-dimeriahkan-soegijazz?page=all

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message