Pementasan Unika Soegijazz Jadi Penutup Pergelaran Festival Kota Lama

Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Semarang, Dr Ferdinandus Hindiarto MSi mengatakan, pihaknya merasa bangga bisa kembali menggelar Soegijazz 2022, setelah sebelumnya vakum beberapa lama.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat menggelar jumpa pers ‘Soegijazz 2022 at Festival Kota Lama’ di kampus Bendan Duwur, Semarang, Kamis (22/9/2022). Didampingi Ketua Panitia Soegijazz 2022, Benny Danang Setianto PhD, Rektor menyambut gembira pelaksanaan pentas musik jazz ini, yang berbarengan dengan penutupan Festival Kota Lama.

”Semoga pementasan ini bisa dinikmati komunitas akademik Unika, dan para penggemar musik jazz di Kota Semarang. Kini kampus bukan hanya penelitian saja, tetapi juga ada unsur seninya,” kata Ferdinand dalam keterangannya.

Foto: unika

Disampaikan juga, pergelaran ini diharapkan bisa menjadi sebuah arena untuk mengekspresikan diri, dari sebuah perpaduan seni dan budaya yang menyatu.

Sementara itu, Benny Danang Setianto menyebutkan, Soegijazz ini telah menjadi acara rutin yang digelar sejak 2015, dan konsisten hingga 2019. Namun karena adanya pandemi, Soegijazz sempat vakum selama dua tahun.

Dan tahun ini, even itu kembali digelar pada Minggu (25/9/2022) di Laroka Theater, kawasan Kota Lama Semarang, mulai pukul 18.00 WIB. Selain penampilan Unika Jazz Soegiband, juga hadir bintang tamu, Deredia Band.

”Genre jazz dipilih, karena setiap pemain bisa memiliki improvisasi sebebas-bebasnya, namun bisa membentuk sebuah improvisasi dan harmonisasi yang indah,” jelas Benny.

Ditambahkan dia, ide adanya Soegijazz ini, awalnya hanya sebuah pementasan musik biasa, untuk menyambut mahasiswa baru, dan mengundang beberapa artis Ibukota untuk memeriahkan pementasan.

Deredia sendiri merupakan band asal Jakarta, yang digawangi Louise Monique Sitanggang (vokal), Yosua Simanjuntak (gitar), Raynhard Lewis Pasaribu (piano), Papa Ical (bass), dan Aryo Wicaksono (drum).

Diungkapkan Benny, Soegijazz merupakan sebuah gagasan, bagaimana mengangkat legenda jazz, untuk diperkenalkan kepada anak-anak muda. ”Maka bintang tamu yang dihadirkan pun, memang punya kemampuan yang tidak diragukan lagi,” papar dia.

#https://suarabaru.id/2022/09/22/pementasan-unika-soegijazz-jadi-penutup-pergelaran-festival-kota-lama

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori

Share:

More Posts

Send Us A Message