Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Meraup Cuan melalui Bisnis Digital

Meraup Cuan melalui Bisnis Digital

Oleh : Widuri Kurniasari, Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Semarang

PANDEMI Covid-19 mau tidak mau sudah mengubah kebiasaan hampir seluruh masyarakat, mulai dari pola hidup sehat sampai dengan keterbatasan dalam melakukan aktivitas. Namun dengan segala keterbatasan tidak akan menutup peluang bagi individu-individu yang mempunyai jiwa entrepreneur. Peluang yang tersedia adalah bisnis digital. Apa itu bisnis digital? Bisnis digital adalah usaha yang dilakukan secara daring dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menciptakan dan memasarkan sebuah produk atau jasa.

Apa saja yang termasuk ke dalam bisnis-bisnis digital, dikutip dari More Than Digital, bisnis-bisnis digital antara lain adalah dalam bentuk marketplace, yang merupakan tempat atau media untuk melakukan transaksi jual beli di platform online. Kelebihan menggunakan marketplace adalah tidak diperlukan modal yang besar, mudah di akses, produk yang dijual tanpa batasan jenis dan jumlah. Namun kelemahannya adalah persaingan yang ketat sehingga diperlukan kekhasan supaya mudah dikenali oleh konsumen. Contoh marketplace yang ada di Indonesia adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya. Selain marketplace ada juga e-commerce, bedanya dengan marketplace adalah lebih kepada penjualan dilakukan melalui platform mereka sendiri tanpa ada campur tangan pihak ke tiga, misalnya Amazon.

Tren saat ini adalah bisnis digital on demnad, bisnis ini menawarkan penjualan produk virtual dengan periode waktu tertentu, misalnya Google Play Movies, Apple TV+, Netflix dan sebagainya. Digital Free, disini kita bisa menawarkan produk atau jasa untuk digunakan secara gratis, dan pendapatan yang kita peroleh bersumber dari iklan contohnya Google. Jenis yang kelima adalah Freemium, merupakan gabungan antara digital free dan premium, artinya aplikasi atau produk dapat digunakan secara gratis dengan jeda iklan, sehingga jika pelanggan ingin menghilangkan iklan maka harus membeli paket premium, contohnya spotify.

Persiapan apa saja yang diperlukan untuk memasuki bisnis digital, kenali dan pahami tentang bisnis digital. Kemudian kenali peluang bisnis yang ada, banyak peluang bisnis yang ada namun tidak semua peluang akan cocok dengan pasar yagn dituju. Oleh karena itu lakukan survei apa yang sedang tren dan diminati oleh konsumen. Dengan mengikuti tren yang ada akan menekan biaya untuk pengembangan produk, karena biaya juga merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan. Kemudian susun perencanaan bisnis, pilih dan atur strategi, dan lakukan upgrade strategi secara terus menerus. Dan yang tidak boleh tidak adalah manfaatkan teknologi secara optimal. Mengapa bisnis gigital menjadi pilihan yang tepat saat ini, beragam alasan yang mendasarinya, misalnya jangkauan pasar yang relatif luas dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, pilihan yang ditawarkan sangat beragam, konsumen mempunyai keluluasaan dalam melakukan pilihan, biaya relatif bersahabat, risiko bisa dikelola, user friendly dan bisnis digital memiliki potensi tanpa batas.

Bisnis digital apa saja yang bisa meraup cuan saat ini, afliasi digital. Afiliasi digital adalah bentuk kegiatan pemasaran produk atau jasa milik orang lain dengan imblan berupa komisi, misalnya di Shopee affiliated, tiktok. Menjadi content creator untuk youtube, tiktok, instagram, aktivitas ini menarik minat anak-anak muda, karena anak muda penuh dengan ide dan kreatifitas tanpa batas. Hal inilah yang diperlukan saat membuat video, content. Target pendapatan dari content creator adalah banyaknya jumlah viewers, semakin menarik content yang disajikan, semakin banyak jumlah viewer maka akan semakin banyak cuan yang mengalir.

Bisnis digital diprediksikan akan mempunyai potensi hingga beberapa tahun kedepan, hal ini di dorong juga dengan perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini. Kunci sukses bisnis digital ini adalah kreatifitas, aktivitas pemasaran, manajemen waktu serta strategis yang tepat dan sesuaikan dengan target konsumen yang di sasar.

# https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/opini/2022/07/21/meraup-cuan-melalui-bisnis-digital/

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message