Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Katolik Soegijapranata Launching 10 Game dan Aplikasi

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-10 Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata, pada hari Jumat lalu (12/11) telah diselenggarakan acara Launching Game dan Aplikasi.

Peluncuran game dan aplikasi karya mahasiswa  dilaksanakan secara online di ruang virtual Unika dan dibagikan melalui laman youtube.

Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi  atau HMPSSI ini diikuti secara antusias oleh para mahasiswa dan para kreator aplikasi digital, serta telah menarik perhatian ratusan peserta di laman youtube dan aplikasi zoom.

Ketua Program Studi Sistem Informasi Agus Cahyo Nugroho SKom MT dalam materi sambutannya memberi apresiasi yang tinggi kapa mahasiswa.

“Saya merasa bangga karena para mahasiswa telah menghasilkan output-output yang sangat luar biasa dari skripsi-skripsi yang dikerjakan,” ungkapnya seperti dikuti dari unika.ac.id..

Beberapa para mahasiswa yang telah menyelesaikan skripsinya tersebut sudah bekerja, sehingga untuk bisa hadir dalam acara Launching hari ini dan harus membagi waktunya.

Lebih lanjut Cahyo berharap  agar dengan pelaksanaan acara Launching ini, para mahasiswa yang masih berproses dalam mengerjakan skripsi bisa mendapatkan masukan dan motivasi serta tips maupun trik agar pengerjaan skripsi bisa berjalan dengan lancar.

Dalam acara ini juga telah di-launching sekitar 10 game dan aplikasi karya mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika.

Contoh di antaranya adalah perancangan dan implementasi sistem inventarisasi aset tetap pada pusat oleh-oleh “group 58” berbasis QR Code, aplikasi isi ulang galon air berbasis mobile, dashboard pemantauan kinerja dan transaksi berbasis website PT Emporia Digital Raya, smart internship Unika Soegijapranata, aplikasi tanda tangan elektronik berbasis blockchaingame mengenal kopi, game edukasi ’new normal’, game edukasi untuk pengenalan pengguna hak utama jalan lalu lintas, dcreatif Unika, aplikasi pencarian lokasi minimarket dan mall di Semarang,  dan aplikasi m-dashboard pemantauan Project Approval Request / PAR.

Dari semua karya mahasiswa tersebut merupakan output yang mengarah pada tema besar Dies Natalis yaitu ‘Teknologi untuk Kemanusiaan’.

Seperti yang dipaparkan oleh salah satu mahasiswa penggagas game edukasi ’new normal’ yaitu Felicia Kusuma.

Game ‘new normal’ merupakan media edukasi berupa game android mengenai penerapan 5 M yang dikemas dalam bentuk permainan yang seru dan menarik, sehingga pemainnya tidak merasa bosan dalam memainkannya,” terang Felicia.

Munculnya ide pembuatan game ‘new normal’ ini karena masih seringnya kita menjumpai orang masih lupa menggunakan masker, menurunkan masker dan tidak menerapkan protokol kesehatan dengan semestinya.

Banyak pula yang belum memahami bahaya penularan COVID-19 dan manfaat penerapan protokol kesehatan, sehingga saya merasa perlu merancang suatu bentuk media edukasi yang bisa diterima oleh semua kalangan, lanjutnya.

“Aplikasi game ‘new normal’ ini juga sudah masuk ke google play store namun review dari Play store belum selesai jadi belum terupdate”, pungkasnya.

►https://www.katolikku.com/news/pr-1611712616/mahasiswa-sistem-informasi-universitas-katolik-soegijapranata-launching-10-game-dan-aplikasi?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message