Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

KMTS Unika Gelar Diskusi Bahas Pembangunan Terowongan Bendungan

Kelompok Mahasiswa Teknik Sipil (KMTS) Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Unika Soegijapranata menggelar diskusi bulanan secara online di ruang virtual unika dengan tema “Pembangunan Terowongan di Bendungan Paselloreng Sulawesi Selatan dengan Metode NATM”.

Hadir sebagai narasumber dalam acara forum diskusi tersebut adalah alumni Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata tahun 2004 yaitu Arief Prehardiyanto ST MT, bersama moderator acara adalah Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Dr Ir Djoko Suwarno MSi IPM.

Dalam pengantarnya Koordinator Forum Diskusi Teknik Sipil sekaligus Kepala Program Profesi Insinyur Unika Soegijapranata Ir Widija Suseno Widjaja MT menyampaikan dukungan dan apresiasinya kepada para mahasiswa yang secara rutin menyelenggarakan forum diskusi bulanan di Unika.

“Maksud penyelenggaraan forum diskusi ini adalah untuk membekali para mahasiswa dan para hadirin, dengan ilmu dan pengetahuan mengenai perkembangan konstruksi,” kata Widija, Sabtu (6/11)

Ia berharap para mahasiwa yang mengikuti diskusi bulanan ini bisa menyerap ilmu secara baik. Sebab, menurutnya, pembicara dalam acara tersebut telah berkarya sebagai praktisi yang profesional dan jam terbang yang tinggi.

Arief Prehardiyanto selaku narasumber dalam acara forum bisnis ini membagikan pengalamannya sewaktu menangani pembangunan Bendungan Paselloreng Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan.

“Bendungan Paselloreng dibangun dari tahun 2015 hingga 2019, dan pada tanggal 9 September 2021 sudah digenangi  dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo,” terangnya.

Manfaat dari bendungan Paselloreng adalah untuk irigasi 8.500 hektare, penyediaan air baku, konservasi sumber daya air, pengendalian banjir sungai Gilireng, dan pariwisata. Dalam diskusi bulanan ini, pihaknya fokus pada area pengelak pada bendungan Paselloreng. Pengelak dalam bendungan ini menggunakan metode tunnel.

“jadi ada dua pengelak dengan tunnel yang berdiameter 4,3 meter, tebal tunnel 0,35 meter dengan lining beton dan panjang 212 meter. Pemilihan metode tunnel ini disesuaikan dengan kondisi bebatuan yang ada dan tipikal dari kondisi sekitarnya. Adapun metode tunnel ini menggunakan NATM (New Austrian Tunnelling Method),” ungkap dia.

Dalam proses pembangunan galian terowongan, kata dia, menggunakan dua metode yaitu metode mekanis dan metode blasting. Pengerjaan galian terowongan ini juga termasuk pekerjaan highrisk karena tingginya potensi-potensi bahaya di sekitarnya.

Selanjutnya adalah pengerjaan pemasangan steel ribs terowongan, pemasangan wire mesh, pengerjaan shotcrete, kemudian dilanjutkan pengerjaan rock bolt. Setelah terowong tembus dari inlet ke outlet maka pengerjaan berikutnya adalah breakthrough, linning concrete, dan pengelakan atau river closure.

Dalam pengerjaan pengecoran linning tunnel kita menggunakan metode yang dimodifikasi yaitu dengan menggunakan metode flow concrete.

Hal tersebut perlu diketahui, mengingat tujuan yang dicapai adalah mengetahui metode yang paling efektif dan efisien, dan bisa menjadi dasar pengetahuan metode di proyek yang lain.

“Sedangkan manfaatnya adalah bisa optimalisasi biaya dan waktu, kemudahan dalam bekerja, menjaga mutu pekerjaan, dan meminimalisir resiko saat pelaksanaan,” pungkasnya.

►https://kuasakata.com/read/berita/41568-kmts-unika-gelar-diskusi-bahas-pembangunan-terowongan-bendungan

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message