Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Ikuti Kompetisi Pangan Internasional, Mahasiswa FTP Unika Soegijapranata Berangkat Ke Chicago, US

Ikuti Kompetisi Pangan Internasional, Mahasiswa FTP Unika Soegijapranata Berangkat Ke Chicago, US

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata Semarang berhasil menjadi finalis “IFTSA & Mars Product Development Competition 2022” dan mempresentasikan karyanya di Chicago, US pada 12 Juli 2022.

Mahasiswa tersebut terdiri dari tiga orang yaitu Alicia Brillia Sarwono (2020), Leoni Kristina (2018), dan Severus Ryan Wisastra (2020). Kompetisi Pangan Internasional ini diadakan oleh Institute of Food Technologist (IFT) setiap tahunnya.

Unika Soegijapranata Semarang berhasil menjadi salah satu dari enam finalis yang mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya di kancah internasional.

Kompetisi ini terbuka untuk umum. Pada kesempatan kali ini, Unika Soegijapranata berhadapan dengan 5 tim lainnya dengan tingkat pendidikan yang beragam, antara S1-S2-S3 seperti; 3 tim perwakilan dari University of Costa Rica, Poznan University of Life Sciences (Polandia), dan Institut Pertanian Bogor.

Tahun ini, Institute of Food Technologist (IFT) mengadakan kompetisi dengan tema “Create a shelf-stable yogurt beverage without a kill step in production that contains live and active cultures”.

Tim Unika Soegijapranata mengusung topik “Cryogurt: Instant Freeze-Died Yogurt as an Intervention Tool to Combat Malnutrition in East Nusa Tenggara – Indonesia”.

Cryogurt adalah temuan atau ide baru yang diusung oleh tim Unika Soegijapranata (Leony, Brilia, dan Ryan) dengan konsep yogurt bubuk instan rasa jambu yang kaya akan vitamin.

Cryogurt diolah dengan metode pengeringan Freeze Drying pada suhu dingin dengan tambahan komponen cryoprotectant untuk mempertahankan bakteri baik di dalam yogurt.

Metode ini diharapkan dapat memperpanjang umur simpan yogurt sehingga dapat dinikmati oleh seluruh kalangan di berbagai wilayah, khususnya dalam upaya penanggulangan gizi buruk di NTT-Indonesia.

Dalam proses pembuatan Cryogurt, penulisan makalah hingga persiapan presentasi yang dilakukan oleh Leony, Brilia dan Ryan ini tidak seluruhnya berjalan mulus.

Mereka juga kerap menemui berbagai hambatan, namun semangat pantang menyerah, terus berusaha dan berani mencoba menjadi semangat yang terus mereka kobarkan.

Dengan didukung oleh PT. Global Dairi Alami (Milk Life) sebagai sponsor sekaligus sebagai produk susu bahan utama pembuatan Cryogurt, Brilia dkk menjadi lebih bersemangat untuk memberikan yang terbaik dalam mengikuti kompetisi pangan internasional ini.

Ide ini telah dirancang sejak akhir Desember 2021 dan merupakan hasil brainstorming bersama dengan dibimbing oleh Cynthia Andriani STP MSc selaku dosen pembimbing sekaligus dosen FTP Unika Soegijapranata.

“Jelas bangga. Satu, mereka berani memutuskan untuk berangkat secara offline. Bahkan persiapannya lebih banyak dan visanya teman-teman sempat ditolak. Kedua, saingan mereka ini juga tidak berasal dari S1 saja, tetapi dari teman-teman S2-S3 dari kancah internasional. Semangat teman-teman untuk terus belajar dan membangun network ini menjadi satu persiapan untuk terus belajar dan menjadi mentoring adik kelasnya” ucap Cynthia Andriani.

Perjalanan yang membawa teman-teman sampai ke Chicago, United States membuahkan hasil. Mahasiswa Unika Soegijapranata berhasil membawa penghargaan “Honorable Mention”.

Penghargaan Honorable Mention merupakan penghargaan untuk para finalis. Penghargaan yang didapatkan oleh mahasiswa Unika Soegijapranata ini merupakan semangat yang luar biasa dan menjadi satu kebanggaan bagi dosen pembimbing sekaligus civitas akademika Unika Soegijapranata.

Semangat berkompetisi ini harapannya dapat mendorong mahasiswa Unika Soegijapranata lainnya untuk dapat berkompetisi di kancah internasional.

“Perasaannya bangga banget dan akhirnya bisa melakukan presentasi di depan scientist dan juga para orang-orang berpengalaman di dunia pangan. Kami juga berhasil membukakan pintu Universitas ke kancah Internasional. Kami juga berharap tahun depan adik-adik dan fakultas lain, mau dan berniat untuk mengikuti perlombaan di kancah Internasional.” Terang Alicia Brillia Sarwono.

Tim Unika Soegijapranata beserta dosen pembimbing telah mencurahkan segala tenaga dan upaya untuk melakukan brainstorming serta merancang dengan penuh konstentrasi sehingga memunculkan inovasi “Cryogurt”.

Disisi lain kompetisi yang diikuti teman-teman mahasiswa ini memicu pengetahuan-pengetahuan baru yang dihasilkan untuk menemukan yoghurt yang baik.

“Pengalaman yang paling berkesan dapat melakukan diskusi dan brainstorming bersama teman-teman dan dosen pembimbing untuk menciptakan Cryogurt. Sebagai angkatan 2020 ini adalah praktikum pertama dan praktikum pertama ini untuk mengikuti kompetisi Internasional.” Ucap Brillia.

Selama mengikuti kompetisi di Chicago teman-teman mahasiswa dapat berinteraksi dengan finalis lainnya, seperti dari tim Polandia yang kebetulan adalah anak Indonesia. Sehingga kita bisa berinteraksi bersama, berbagi pengalaman.

Penghargaan Honorable Mention ini adalah satu langkah sebagai api semangat yang harus dilanjutkan teman-teman sebagai civitas academica untuk terus belajar dan belajar, sehingga menciptakan pengalaman dan memicu keberanian.

“Teman-teman semua jangan berhenti mencari pengalaman-pengalaman baru dan kesempatan di luar sana yang bisa membuka pintu untuk mendapatkan hal-hal yang baru. Jangan pernah berhenti untuk belajar, jangan pernah berhenti untuk stay curious kepada hal-hal baru karena banyak sekali hal-hal baik yang menunggu teman-teman” tegas Brillia.

Selama mengikuti kompetisi IFTSA yang berada di Chicago, USA, teman-teman mahasiswa;Brilia, Ryan dan Leony difasilitasi oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago.

Meri Binsar Simorangkir, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Chicago, Amerika Serikat mengungkapkan rasa bangganya kepada teman-teman mahasiswa Indonesia yang telah memberanikan diri untuk ikut serta dalam kompetisi pangan internasional.

“Bagi mahasiswa ilmu pangan, kompetisi ini adalah salah satu rite of passage yang hanya bisa diikuti oleh mereka yang berkompetisi di level tertinggi. Bangga ya! Selamat juga kepada Tim Cryogurt yang sebagai mahasiswa S1 sudah lolos menjadi finalis & mendapatkan Honorable Mention!” mengutip akun instagram @indonesiainchicago.

#https://www.liputankendalterkini.com/jateng/pr-3613927841/ikuti-kompetisi-pangan-internasional-mahasiswa-ftp-unika-soegijapranata-berangkat-ke-chicago-us?page=all

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message