Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Icha, Mahasiswi Arsitektur Unika Juara 1 Karya Tulis yang Digelar Yayasan Profesor Gunawan Tjahjono

Mahasiswi Unika Soegijapranata Semarang menorehkan prestasi dalam bidang karya tulis. Mahasiwi tersebut yakni Velicha Elenagaretha Ami, asal program studi S1 Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain.

Ia juara satu dalam bidang karya tulis dalam ajang karya tulis Anugerah Profesor Gunawan Tjahjono. Ajang ini digelar oleh Yayasan Gunawan Tjahjono.

Icha menulis tentang “Mitigasi Kebencanaan dalam Tata Ruang di Kampung Takpala”. Karya tulisnya ini berhasil menyabet juara 1 dan mendapatkan uang pembinaan Rp 15 Juta.

Gadis yang akrab disapa Icha ini menjelaskan Takpala adalah sebuah perkampungan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Saya sempat berkunjung ke Alor. Saya tertarik dengan keadaan Alor yang sebenarnya pusat bencana. Tapi masyarakat disana sangat tenang ketika ada bencana alam termasuk gempa bumi,” kata Icha, kepada KUASAKATACOM, di Gedung Henricus Constant, Unika Soegijapranata Semarang, Kamis (29/9).

Ia menuturkan di wilayah itu, terjadi 13 bencana alam. 10 diantaranya terjadi tiap tahun, termasuk gempa bumi.

“Di sana, gempa bumi minimal terjadi tiga kali dalam setahun,” jelasnya yang merupakan mahasiswi Arsitektur Unika angkatan 2018 ini

Saat berada di Alor, ia mengaku heran mengapa warga Alor sangat tenang ketika menghadapi bencana alam berupa gempa bumi.

“Warga disana hanya keluar rumah dan berdiskusi kenapa terjadi gempa bumi. Bukan yang keluar rumah lalu berlarian dan panik,” terang gadis kelahiran Singkawang, Kalimantan Barat, 19 September 2022 ini.

Dia mengaku belum pernah merasakan gempa bumi sebab di Kalimantan Barat jarang terjadi gempa bumi. Tetapi ketika melihat warga Alor, ia merasa heran. Dia menyebut warga disana seperti sudah biasa menghadapi gempa bumi.

“Mereka ternyata sering mengikuti simulasi kebencanaan. Lalu saya bertanya-tanya kenapa mereka seperti itu begitu tenang. Lalu saya berkunjung ke salah satu desa adat bernama Kampung Takpala,” imbuhnya

Kampung ini kata dia, cukup terkenal. Pertama, karena desa adat. Kedua, desa ini ketika dihantam gempa bumi tidak hancur, namun malah bertumbuh.

“Jadi ada kampung-kampung baru di sekitar area Kampung Takpala Lama. Harusnya kan kalau gempa itu hancur, ini malah tumbuh. Meski saya kunjungan hanya sehari, saya wawancara dengan beberapa warga disana,” ucapnya

Dari hasil wawancara kata dia, letak kampung Takpala yakni memecah angin dari laut dan gunung. Kedua, masyarakat disana menggunakan misbah ketika ada bencana.

“Jadi misbah ini sebenarnya polanya untuk acara adat. Tapi ketika kita merepresentasikan dengan mitigasi bencana itu bisa kita gunakan. Ketika mitigasi bencana, misbah bisa jadi staging area, titik berkumpul dan berkomunikasi serta lain-lain,” beber dia

Dari wawancara dan kunjungan ini, dia menyimpulkan warga disana bisa tenang menghadapi bencana lantaran ada sejarahnya, mulai dari pola Arsitektur, pola kebudayaan dan lain lain.

Dia menuturkan penelitian di Kampung Takpala dilakukannya saat berstatus semester tujuh. Penelitiannya telah dilakukannya pada Oktober hingga Desember 2021. Sementara ajang karya tulis dibuka pada awal 2022. Ia pun meraih juara 1 saat pengumuman pada Agustus 2022. Adapun pesaingnya, kata dia, yakni dari kalangan professional

“Saya antusias ikut karya tulis ini karena sejak SMA memang suka karya tulis,” tandas dia

Sekretaris Program Studi Arsitektur Unika Soegijapranata Gustav Anandita mengapresiasi prestasi mahasiswinya ini.

“tentu kami bangga dengan prestasi Icha. Ini bisa menjadi nilai lebih bagi mahasiswa setelah lulus. Bisa mudah mendapatkan beasiswa untuk kuliah lanjut dan bisa juga jadi bahan pertimbangan mencari kerja,” kata Gustav.

Ia menegaskan Arsitektur Unika sendiri mendorong mahasiswanya untuk terus berprestasi, tak hanya di akademik.

#https://kuasakata.com/read/berita/60178-icha-mahasiswi-arsitektur-unika-juara-1-karya-tulis-yang-digelar-yayasan-profesor-gunawan-tjahjono

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message