Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Dosen Unika Ini Campurkan Gula Dalam Komposisi Beton Agar Lebih Kuat

Dosen Unika Ini Campurkan Gula Dalam Komposisi Beton Agar Lebih Kuat. Dr Retno Susilorini, dua dari kananTRIBUNJATENG .COM, SEMARANG – Meracik beton seolah meracik makanan, itulah yang dilakukan oleh Dr Rt M I Retno Susilorini ST, MT. Melalu penelitiannya, ia berhasil menemukan komposisi beton yang lebih kuat dengan mencampurkan gula pasir.

Ditemui Tribun Jateng dalam Seminar Internasional Beton dan Infrastruktur (ICCI) 2015 di ruang Theater Thomas Aquinas Soegijapranata ia menerangkan kekuatan beton hasil olahan gula yang sudah dia patenkan.

"Kita memiliki berbagai bahan organik yang memang bisa dimanfaatkan, dalam jumlah banyak memang gula bisa melemahkan konstruksi beton, namun dalam jumlah sedikit ini justru bisa menguatkan," terang Retno.

Ia menjelaskan penelitiannya itu dilakukan sudah dilakukan sejak tahun 2010 dan telah mendapatkan sertifikat paten pada tahun 2012. Oleh karena itu racikan betonnya kini harus dibeli untuk bisa diaplikasikan. Dengan campuran gula pasir itu, daya tahan beton meningkat sekitar 60 persen dan cocok untuk konstruksi di pesisir pantai.

"Kenaikan kekuatan beton dengan campuran gula dalam penelitian lalu memang signifikan karena bisa mencapai 60 persen, dan ini bisa menjadi solusi untuk beton-beton di area pesisir," papar salah satu dosen Teknik Unika ini. (*)

sumber : jateng.tribunnews.com

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kata siapa abis kuliah nganggur? Buktinya lulusan SCU kurang dari 2 bulan aja buat dapetin kerja! Jadi, masih ragu kuliah di SCU?

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Merayakan Paskah, Penuh Sukacita ✨

#Paskah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Jumat Agung 

#JumatAgung
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message