Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

DKV Unika Bersama BDI dan SeCCon Gelar Pelatihan SDM Sektor Industri Kreatif

Pelatihan pembuatan aset animasi 3 dimensi telah diselenggarakan di Kampus Unika Soegijapranata. Pelatihan ini sebagai realisasi program kerjasama antara Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata dengan Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar serta Semarang Creative Content (SeCCon).

Hal tersebut disamapaikan oleh Ketua Program Studi DKV Unika Bayu Widiantoro ST MSn.

“Pelatihan ini bersifat nasional dan diselenggarakan oleh BDI Denpasar yang dibawah naungan Departemen Ketenagakerjaan. Harapannya setelah para peserta mendapatkan pelatihan akan mendapatkan sertifikasi uji kompetensi dan dilanjutkan pada penempatan kerja,” terang Bayu, Jumat (18/3/2022)

Ia menyebut Prodi DKV Unika diizinkan untuk menyelenggarakan pelatihan ini di kampus Unika, termasuk mahasiswanya juga diperbolehkan untuk ikut andil di dalamnya, walau secara tidak langsung. Sedangkan BDI Denpasar juga menjalin kerjasama dengan SeCCon yang didalamnya berisi para kreator bidang animasi di Kota Semarang. Prodi DKV Unika sebagai penyedia fasilitas bagi terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut.

“Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh umum dan beberapa mahasiswa DKV Unika. Jumlah pesertanya adalah sekitar 24 orang, yang sebelumnya telah diseleksi dari pendaftar yang berjumlah kurang lebih 60 orang,” terangnya.

Perwakilan BDI Denpasar Harjo Apkuanbo SKom mengemukakan tentang pelaksanaan pelatihan yang diselenggarakan selama satu bulan dari tanggal 10 Maret hingga 12 April 2022.

“Salah satu visi dalam kegiatan ini sesuai yang disampaikan Pak Menteri adalah mencetak SDM kreatif khususnya di bidang animasi, untuk itu kami bekerja sama dengan SeCCon dengan harapan para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius karena peserta ini adalah yang terbaik yang dipilih dari seluruh pendaftar berdasarkan versi kita dan kriteria yang sudah ditentukan,” ucap Harjo.

Hal tersebut disampaikannya, mengingat jika peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini di tempat lain akan dibutuhkan biaya yang cukup besar, sedangkan dalam pelatihan ini peserta seperti mendapatkan beasiswa.

Disamping itu, peserta juga dilatih oleh instruktur yang berpengalaman di industri animasi, yang selanjutnya akan mengikuti uji kompetensi dan apabila mereka dinyatakan kompeten oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi mereka akan mendapatkan dua sertifikat, yaitu sertifikat mengikuti diklat dan sertifikat kompetensi dari  Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Sementara Sekretaris SeCCon Fandhi Nugroho Lufti S ST menjelaskan bahwa SeCCon memiliki target tujuan yang diharapkan oleh Pemerintah dapat memajukan industri digital di Kota Semarang.

“Dan SeCCon dalam hal ini mewakili dari sektor animasi, film, game, konten dan ilusterasi. Namun karena di sektor-sektor tersebut Semarang masih belum muncul signifikan, SeCCon membentuk suatu forum yang didalamnya ada pelaku-pelaku industri seperti para pemilik atau founder studio–studio ilusterasi konten, animasi serta game,” tuturnya.

Selain itu, SeCCon juga menggandeng sekolah-sekolah SMK dan perguruan tinggi, untuk bisa mengembangkan SDM-SDM di bidang industri, serta bisa cepat meningkatkan akselerasi SDMnya. Untuk itu, maka SeCCon bermitra dengan BDI untuk memberikan pengetahuan yang spesifik, pungkasnya.

# https://kuasakata.com/read/berita/49259-dkv-unika-bersama-bdi-dan-seccon-gelar-pelatihan-sdm-sektor-industri-kreatif

 

 

 

 

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Selamat Memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus 

#KenaikanYesusKristus
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Segenap Sivitas Akademika Soegijapranata Catholic University (SCU), turut berduka cita atas meninggalnya Ir. Daniel Hartanto, S.T., M.T (Dosen Program Studi Teknik Sipil)

#RIP
Selamat Hari jadi ke-477 Kota Semarang ✨

#HUTSemarang
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional ✨

#HariPendidikanNasional
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat Hari Buruh 2024

#HariBuruh
Stop Galau! Masih ada Beasiswa Masuk di SCU, buruan! Gak pake tes cuma pakai nilai rapor ajah 😁

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning

Share:

More Posts

Send Us A Message