Logo Soegijapranata Catholic University (SCU) White
Search...
Close this search box.

Unika Soegijapranata Memberikan Ruang bagi Mahasiswa untuk Meningkatkan Skill bersama Tim PKWT

Kampus Universitas Katolik Soegijapranata Semarang sebagai lembaga pendidikan dalam menyebarkan ilmu pengetahuan. Unika Soegijapranata tidak hanya memberikan kesempatan kepada teman-teman mahasiswa mengenai pembelajaran secara akademis semata. Disisi lain Unika Soegijapranata memberikan ruang dan kesempatan non akademis kepada teman-teman mahasiswa untuk memperoleh dan mengaplikasikan skill mereka di Unika Soegijapranata.

Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang menekankan pada Visi yaitu, “Menjadi komunitas akademik yang unggul dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian dilandasi nilai-nilai Kristiani: cinta kasih, keadilan dan kejujuran.”  Dengan nilai ini, sebagai sebuah institusi Unika Soegijapranata memberikan kesempatan seperti Perjanjian Kerja Paruh Waktu Tertentu (PKWT). Perjanjian Kerja Paruh Waktu Tertentu (PKWT) ini merupakan sebuah program ajakan Unika Soegijapranata sebagai ruang belajar dan mengembangkan nilai akademis yang didapatkan di bangku kuliah dan mengaplikasikan pada ruang kerja.

Perjanjian Kerja Paruh Waktu Tertentu (PKWT) dapat diikuti oleh seluruh Civitas Akademika. Berikut beberapa persyaratan dan langkah-langkah untuk bergabung bersama tim (PKWT) yaitu;

  • teman-teman bisa langsung membuka website Student Career Centre (SSCC) Unika
  • Mahasiswa semester akhir
  • Mengikuti wawancara
  • Kontrak kerja minimal 6 bulan

Saat ini PKWT di Unika Soegijapranata berada di beberapa bidang seperti;

  1. Biro Administrasi Akademik (BAA)
  2. Certification Centre of Professional Accountant (CCPA)
  3. Soegijapranata Student Career Centre (SSCC)
  4. Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPSDM)
  5. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)
  6. Unit Kemahasiswaan dan Alumni (UKA)
  7. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan (LP3)
  8. Pusat Psikologi Terapan (PPT)
  9. Hubungan Masyarakat (HUMAS)
  10. International Office and Cooperation (IACO)

Mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata bahkan merasakan dampak baik mengikuti Perjanjian Kerja Paruh Waktu (PKWT) di Kampus. Bahkan, mahasiswa yang pernah mengikuti PKWT di kampus Unika Soegijapranata telah menjadi calon pegawai tetap atau staf.

“Selama bergabung PKWT seru banget dan menyenangkan. PKWT di Unika menjadi salah satu pilihan untuk Part time, karena di PKWT sendiri dapat mengupgrade soft skill administratif seperti saya yang bergabung di LP3. Awalnya gak paham sekarang jadi paham banget. Kemudian, disisi lain bisa membangun relasi yang luas.” Terang Novitasari, alumni Unika Soegijapranata sekaligus Staf LP3.

Disisi lain, mahasiswa juga dapat bergabung sesuai dengan peminatan ataupun dengan jurusan yang diambil selama berkuliah di Unika. Misalnya jika teman-teman mahasiswa merupakan mahasiswa Psikologi maka dapat bergabung bersama tim Pusat Psikologi Terapan (PPT).

Flaviantius Febriano Iko merupakan mahasiswa Psikologi angkatan 2018 yang sedang menjadi tim PKWT pada bagian Pusat Psikologi Terapan (PPT). “Selama di sini saya mendapatkan pengalaman, di PPT saya berkesempatan menjadi asisten anak. Kemudian, saya juga mendapat pengalaman bertemu secara langsung dengan klien yang membutuhkan psikolog klinis. Selain itu, saya juga mendapatkan pengalaman bagaimana menghadapi klien, bagaimana membangun bonding, lalu bagaimana menggunakan alat test, dan yang paling penting dan utama adalah bagaimana untuk mengontrol diri dan menyadari diri. Karena hal ini menjadi penting sebagai seseorang yang harus berhadapan dengan klien” ungkap Iko.

Unika Soegijapranata Memberikan Ruang bagi Mahasiswa untuk Meningkatkan Skill bersama Tim PKWT

Selain dapat mengembangkan softskill kesempatan yang didapatkan yaitu seperti pengetahuan dan mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan para dosen dan staf di lingkungan kampus. Pengetahuan yang didapatkan selama bergabung di PKWT dapat berupa mengikuti seminar-seminar dan workshop yang dapat diikuti oleh teman-teman mahasiswa.

“Menjadi bagian di tim PKWT Unika Soegijapranata memberikan kesempatan berelasi dengan para dosen. Bahkan kita mendapatkan kesempatan diberi pilihan untuk mengembangkan softskill. Saat ada pelatihan atau workshop kita bisa mendapatkan kesempatan dikirim oleh para dosen atau atasan dan hal ini membuat  kita menjadi semakin bertambah ilmunya. Hal ini juga karena adanya dorongan dari dosen/atasan yang menginginkan kita untuk semakin terupgrade dan semakin naik bukan menurun” tutur Novitasari selaku Staf LP3.

Kesempatan yang diberikan PKWT ini dapat dinikmati oleh teman-teman mahasiswa akhir. Sehingga teman-teman mahasiswa akhir tetap mempunyai motivasi dan tetap mendapatkan kesempatan untuk tetap produktif. Hal ini juga selaras seperti pada pengalaman Flaviantius Febriano Iko bahwa kesempatan yang diberikan ini menjadi satu bagian untuk menjadi produktif dan mengisi diri. “Kesempatan ini membantu saya menjadi produktif, mengembangkan diri dan mengisi diri, karena diri ini tidak boleh kosong. Kemudian orang-orang yang berada di kampus ini merupakan orang-orang yang sudah dikenal sehingga memudahkan untuk berinteraksi” tutur Iko. (Kristina)

Tag

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email
WhatsApp
Kategori
Nih jawaban buat kalian yang masih bingung benefit beasiswa masuk di SCU dan biaya kuliahnya yang affordable. Kalau udah paham langsung gassss yaa! 

Daftar online
pmb.unika.ac.id 

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H ✨

#IdulAdha
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Gak usah galau SNBT ah, goyangin aja bareng D”CEMESH yuk 🤭

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Mau punya dosen asik - asik + suasana kuliah yang joyful? Yuk, buktikan sekarang!

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Namanya proses ada aja lika likunya, tapi jangan sampai salah pilihan, karna hanya SCU yang nyenengin ☺️ 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Hola ✨ yuk manfaatkan kesempatan mendapatkan Beasiswa Christian Youth di SCU. 

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#BeasiswaKuliah
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
Kuliahnya seasik ini di @dkvscu, tempat yang tepat buat explore kreativitasmu 🫰

Daftar online
pmb.unika.ac.id

#DKV
#PTSTerbaikJawaTengah
#JoyfulCampus
#JoyfulLearning
This error message is only visible to WordPress admins
There has been a problem with your Instagram Feed.

Share:

More Posts

Send Us A Message